Racikan Jamu untuk Burung Derkuku Agar Rajin Manggung

Burung tekukur atau derkuku merupakan salah satu jenis burung anggungan, dari jaman dulu hingga saat ini, burung derkuku masih banyak peminatnya.

Ketika bersantai di rumah, dan mendengar suara anggungan burung derkuku memang terasa membuat suasana menjadi adem dan nyaman. Untuk itu, banyak pecinta dekuku sebagai burung peliharaan rumahan.

Perawatan Burung Derkuku

Untuk membuat burung derkuku agar rajin manggung tentunya perawatan harian yang rutin perlu untuk dilakukan dan memberikan makanan yang berkualitas, dengan racikan jamu yang sebentar lagi anda ketahui rahasianya.

  1. Pakan Burung Derkuku

Pakan yang berkualitas, terutama pakan yang kumplit tentunya akan membantu memenuhi gizi burung dan nantinya burung akan menjadi rajin manggung.

Untuk pakannya bisa memberikan pakan berupa kacang hijau, ketan hitam, milet merah, milet putih, gabah bangkok, jewawut dan beras merah.

LIhat Juga : Download Suara Dekukur Mp3

  1. Mandikan Burung Derkuku

Mandikan burung derkuku setiap pagi, bisa dengan menggukanan semprotan atau merendam burung derkuku dengan air hangat,dan setelah itu burung di angin-anginkan dan setelah itu di jemur.

  1. Jemur Burung Derkuku

Burung di jemur setelah di mandikan, sekitar jam 07.00 hingga jam 10 pagi, jangan menjemurnya di atas jam 10, karena panas mataharinya terlelu terik.

Sebagai recomendasi setiap 2 hari sekali, jemur burung derkuku menggunakan kerekan.

  1. Jamu Burung Derkuku

Untuk membuat jamu burung derkuku bisa menggunakan bahan-bahan herbal, seperti temu lawak, kencur, kunyit, sedikit jahe dan 1 kuning telur ayam kampung/bebek.

Tumuk atau blender bahan-bahan herbal tersebut hingga halus, dan nantinya herbal tersebut bisa di buat kapsul atau mencampurkannya dengan pakan biji-bijian.

  • Kapsul Jamu

Untuk membuat kapsul dari jamu-jamu, terlebih dahulu herbal yang sudah di haluskan tersebut di bulat-bulat kecil, seukuran mulut burung, lalu di jemur hingga kering, dan setelah kering bisa di berikan pada burung derkuku.

  • Racikan Biji-bijian dan Herbal

Jika anda lebih suka mencapurkan herbal bersama pakan biji-bijan, maka pakan dari biji-bijian tersebut di keringkan terlebih dahulu dengan menjemurnya, lalu campurkan herbal seperti dan 1 kuning telur ayam kampung/bebek, kunyit, kencur, temu lawak dan sedikit jahe yang sudah dihaluskan.

Setelah di campurkan pakan biji-bijian dan jamu-jamuan tersebut, biarkan meresap terlebih dahulu dan simpan hingga beberapa jam, setelah itu jemur hingga kering.

Lakukan perawatan yang rutin dan memberikan racikan jamu untuk burung derkuku yang telah Duniakicau.net sampaikan di atas, dan lihat perbedaannya, burung menjadi rajin bunyi dan manggung.

Tinggalkan komentar