Cara Mempercepat Proses Ngurak/Mabung Cucak Ijo Agar Sempurna

Ketika burung cucak ijo berganti bulu lama ke bulu baru membutuhkan waktu sekitar 3 bulan, 1 bulan untuk perontokan bulu, 1 bulan untuk pertumbuhan bulu hingga tumbuh semua dan 1 bulan lagi untuk menyempurnakan pertumbuhan bulu tersebut.

Namun terkadang dalam proses mabung, kerkadang proses perontokan bulu halus dan bulu kasar seperti bulu sayap terdapat kendala, dimana burung membutuhkan waktu lebih satu bulan untuk merontokan semua bulunya.

Jika dalam perontokan bulu halus dan bulu kasar melebihi waktu dari 1 bulan, tentunya hal tersebut kondisi yang tidak optimal, dimana ada beberapa gangguan yang mdisebabkan oleh  perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya.

Untuk itu, untuk menghindari proses ngurak tersebut terlalu lama dan menghambat pertumbuhan bulu baru, dan hal-hal yang tidak di inginkan lainnya, maka berikut adalah rawatan yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Cara mempercepat Proses Ngurak Cucak Ijo

Cucak ijo secara alami akan mengalami pergantian bulu setiap tahun, dan ketika memasuki masa pergantian bulu tersebut bulu burung akan terlihat tidak rapih atau nyerit dan terlihat kusam.

Lihat Juga : Download Suara Cucak Ijo Mp3

  1. Full krodong

Krodong sangkar cucak ijo agar bisa beristirahat dengan cukup dan nyaman dan bebas dari gangguan penglihatan dan pendengaran.

Buka krodong setiap pagi hari ketika ganti air minum, memberikan makanan utama dan pakan buah-buahan.

Seminggu sekali bersihkan kandang dari sisa pakan yang bercampur dengan kotoran.

Dengan mengkrodong full sangar cucak ijo akan membuat suhu di dalam sangkar menjadi lembab dan bagus untuk proses perontokan bulu cucak ijo sempurna.

Lihat Juga : Perawatan Cucak Ijo Agar Gacor

  1. Isolasi Cucak Ijo

Ketika cucak ijo mabung, burung harus istirahat total, istirahat fisik dan mentalnya, dan jika burung melakukan atifitas seperti berkicau, maka energy yang seharusnya digunakan untuk mabung menjadi terkuras.

Ketika mabung, cucak ijo akan drop fisik dan mental, untuk itu jauhkan burung gacor lainnya, karena bisa memancing burung cucak ijo yang sedang mabung terpancing bunyi yang bisa mengakibatkan burung menjadi macet bunyi setelahnya.

  1. Setting Ekstrafooding Cucak ijo

Berikan ulat hongkong sebanyaknya, sediakan selalu pakan tersebut di cepuk pakannya, dan berikan juga larwo tawon.

Pemberikan ulat hongkong bertujuan agar bulunya cepat rontok, karena ulat hongkong memiliki sifat panas, sehingga bulu tubuhnya akan cepat rontok karenanya.

Nah, setelah tunas bulu barunya sudah tumbuh, maka berikan jangkrik yang di olesi minyak ikan, agar bulu barunya tumbuh mengkilap, lebih kuat dan tumbuh sehat.

  1. Mandikan cucak ijo Mabung

Untuk memandikan cucak ijo yang sedang mabung cukup dilakukan seminggu sekali pada saat sangkar burung di bersihkan, dan itupun cukup di mandikan dengan air sedikit dan jangan dimandikan hingga basah kuyup.

  1. Jangan di Jemur

Cucak ijo yang mabung jangan di jemur terlebih dahulu, karena pori-pori yang sudah terbuka akan tertutup kembali, sehingga bulu burung sulit untuk rontok.

Jemur kembali ketika bulu barunya sudah tumbuh semua dan kuat, dan itupun di jemur jangan terlalu terik atau terlalu panas sinar mataharinya, karena bisa merusak bulunya menjadi kering.

Untuk pertama kali menjemur cucak ijo setelah mabung dan sudah tumbuh kembali bulunya dan lebat, bisa di mulai pada jam 07.00 pagi dengan durasi lama penjemuran selama 15 – 20 menit hingga penjemurannya normal kembali.

Leave a Comment