Cara Merawat Burung Cendet Harian dan Menjelang Lomba

 

Perawatan burung cendet secara rutin, tentunya memiliki peluang yang besar sehingga burung peliharaanya tersebut mampu berkicau dan mengeluarkan kicauan terbaiknya, terlebih lagi bukan hanya di rumah burung rajin gacor, ketika di ikut lombakan burung mampu tampil maksimal seperti yang harapkan oleh pemiliknya.

Dalam perawatan yang dilakukan dari setiap pemilik burung memang berbeda-bebda detailnya namun memiliki tujuan yang sama, yaitu burung rajin menjadi gacor dengan kualitas terbaiknya.

Berikut di bawah ini yang akan Duniakicau.net berikan adalah beberapa cara merawat burung cendet yang bisa diterapkan oleh anda, seperti layaknya para kicaumania liannya yang sukses membuat burung cendetnya rajin untuk berkicau.

Cara Merawat Burung Cendet

Keitka merawat burung kicauan memang harus disesuaikan dengan keadan burung itu sendiri, misalkan di rawat ketika mau ikut lomba, saat mabung dan perawatan harian.

  1. Perawatan harian Burung Cendet

Perawatan harian yang dilakukan bisa mulai dari pagi hari dengan membuka krodong dan mengangin-anginkan burung di depan rumah hingga menunggu matahari terbit. Setelah matahari terbit, maka bisa dengan memandikan burung sekitar jam 07.00. namun dalam memandikan burung cendet bisa dilakukan seminggu 2 kali, misalkan memandikannya pada hari senin dan hari kami dengan cara menymprotkannya.

Setelah dimandikan, maka sangkar burung di Krodong dan simpan di tempat yang terkena sinar matahari dan menyediakan pakan Voer sebagai pakan utamannya, agar ketika burung merasa lapar bisa langsung memakannya.

Selain itu, berikan pakan sebanyak 8 ekor pada pagi hari dan juga sore hari 8 ekor.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cendet Mabung

  1. Perawatan Burung Cendet Menjelang Lomba

Sebelum di ikut lombakan, H-1 burung cendet seperti biasa melakukan perawatan harian, namun tidak di jemur dan menambahkan porsi makanan menjadi 10 ekor pada pagi hari dan 10 ekor pada siang hari dan menambahkan pakan dari kroto sebanyak 1 sendok teh.

Pada saat menjelang lomba kicauan H , untuk perawatan dan jumlah pakan dan perawatannya tetap sama seperti H-1 . dan ketika lomba sudah selesai, maka bisa dengan memandikannya dengan cara menyemprotkannya, agar burung merasa segar kembali.

Leave a Comment