Cara Merawat Burung Decu Bakalan Agar Rajin Berkicau dan Aktif

Burung decu yang sering di sebut juga burung kacer mini ini memiliki kemiripan dari sisi fisik, namun untuk panjang tubuhnya burung decu lebih kecil dari burung kacer.

Meskipun memiliki tubuh yang kecil, burung decu memiliki kemampuan berkicau yang bervareatif, dimana kicaunnya tidak monoton, tapi memiliki banyak irama kicauan yang memanjakan yang mendengarkan kicauannya.

Selain itu, kemampuan berkicau burung decu ini memiliki suara yang yang nyaring.

Namun, bagi rekan-rekan kicaumania yang ingin membuat burung decu peliharaannya tersebut menjadi rajin berkicau, maka membutuhkan perawatan yang khusus , terutama yang masih bakalan yang rawan sakit atau mati jika di pelihara dengan cara yang tepat.

Cara Merawat Burung Decu Bakalan

Jika yang ingin berencana untuk membeli burung decu bakalan sebaiknya membeli yang hasil penangkaran, namun jika sudah terlanjur membeli yang hasil tangkapan hutan, ya, tidak apa-apa juga, karena biasanya harganya akan berbeda-yang hasil tangkapan hutan dan hasil penangkaran.

Selain itu, jika burung decu yang di beli dari penangkaran sudah terbiasa dengan manusia, sehingga mudah di jinakan dan dalam perawatannya akan lebih mudah, karena mudah atau sudah jinak.

Lihat Juga : Harga Burung Decu

  1. Beradaptasi

Untuk beberapa hari burung decu di beli, sebaiknya di simpan di tempat yang sepi dan nyaman terlebih dahulu, karena jika di simpan di tempat yang ramai, takutnya burung menjadi stress, karena belum menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya tersebut.

  1. Jangan dimandikan

Burung decu muda, sebaiknya jangan dimandikan terlebih dahulu , apalagi dimandikan sampai basah kuyup.

Mandikan burung decu ketika kondisinya benar-benar dalam kondisi terbaiknya, seperti ketika burung sangat aktif atau dalam keadaan sehat. Dan itupun jangan dimandikan dulu hingga basah kuyup, tapi cukup mandikan sekedarnya saja untuk perkenalan.

  1. Full Ekstrafooding

Hingga kondisi burung decu bakalan membaik, berikan pakan ekrafooding setiap harinya . dan ketika kondisinya membaik, berikan pakan voer. Dan jika belum terbiasa makan voer, bisa di ajarkan terlebih dahulu.

  1. Berikan Multivitamin

Agar kondisi sepanjang hari terjaga baik, setiap harinya berikan multivitamin yang dicampur pada pakan yang di berikan.

  1. Perawatan Harian

Ketika burung decu muda sudah kembali kondisi terbaiknya dengan terlihat sangat aktif dan lincah, maka untuk perawatan memandikan, menjemur dan proses penjinakan bisa dilakukan.

Setelah perawatan yang dilakukan di atas, maka lambat laun burung decu akan belajar berkicau, meskipun masih terlihat malu-malu ketika berkicau.

Selain itu, rekan-rekan kicaumania bisa melakukan pemasteran secara rutin dengan menggunakan burung decu yang sudah gacor atau bisa menggunakan suara burung decu dari Mp3.

Lihat Juga : Suara Burung Decu

Leave a Comment

error: Content is protected !!