Cara Merawat Burung Prenjak Agar Rajin Gacor

cara merawat burung prenjak

Dari kalangan kicaumania, burung prenjak cukup banyak penggemarnya, karena suara kicauan yang dapat di keluarkan oleh burung penjak memiliki khas tersendiri.

Dalam perawatan burung prenjak memang sering kita ketemui , dimana burung yang sudah di rawat masih belum mendatangkan hasil yang di inginkan oleh pemiliknya, dan tentunya hal tersebut dapat membuat pemilik burung menjadi merasa sia-sia dalam melakukannya.

Namun , dari sekian banyaknya orang gagal membuat burung prenjak menjadi gacor, akan tetapi banyak orang juga yang sudah berhasil dalam membuat burungnya tersebut menjadi gacor. Dan sebentar lagi dengan membaca tips cara merawat burung penjak di bawah ini akan membantu anda untuk membuat burung menjadi rajin gacor.

Jenis-jenis Burung Prenjak

Sebelum melakukan perawatan burung prenjak, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis prenjak yang ada, karena setiap jenis yang ada memiliki keunikan masing-masing yang harus diketahui.

  1. Prenjak Kepala Merah

prenjak kepala merah

Prenjak merah biasa ditemukan di daerah jawa dan biasa hidup di pepohonan yang rindang menjadi tempat tinggal kesukaanya.

Ciri-ciri burung prenjak kepala merah bisa dilihat dari warna merahnya di bagian atas kepalanya, sedang untuk warna di bagian tubuhnya memiliki warna abu-abu tua dan abu-abu muda

  1. Prenjak Sawah

prenjak sawah

Tempat tinggal yang biasa di tempati oleh burung prenjak sawah adalah di sekitar pesawahan , karena salah satu tempat favorit tersebut karena banyaknya tanaman padi, yang dimana padi merupakan makanan yang biasa dikonsumsinya.

  1. Prenjak Lumut

prenjak lumut

Sekilas antara prenjak lumut dan prenjak kepala merah tidak terlalu beda, seperti memiliki corak warna merah di bagian atas kepalanya, akan tetapi fostur tubuh prenjak lumut lebih kecil dibandingkan dengan prenjak kepala merah.

Prenjak lumut untuk sekarang ini cukup sulit untuk ditemukan, karena populasinya mulai berkurang seiring dengan habibitat asli di alam liar mulai menurun.

Cara Merawat Burung Prenjak Agar Rajin Gacor

Apapun jenis prenjak yang di pelihara, tentunya untuk mendapatkan kualitas terbaik dari burung tersebut membutuhkan perawatan yang rutin dan tepat, sehingga burung bisa tampil maksimal.

Kesehatan menjadi awal yang penting untuk diperhatikan, karena ketika burung prenjak sehat, maka akan menjadi aktif dan rajin untuk berkicau, terlebih ketika melakukan masteran, burung mampu masuk ke memori otaknya untuk di tirukan nantinya.

Karena kesehatan burung prenjak sangatlah penting, maka membutuhkan perawatan yang dapat membuat burung menjadi sehat, seperti pemberian pakan yang baik agar gizinya tercukupi, menjaga kebersihan kandang, memandikan hingga menjemur burung.

  1. Makanan Burung prenjak

 Makanan memberikan peranan penting dalam membuat burung menjadi aktif dan rajin berkicau, dan salah satu pakan yang biasa diberikan untuk membuatnya gacor adalah dengan memberikan pakan yang mengandung protein yang cukup tinggi, pakan dengan kandungan protein yang tinggi akan meningkatkan stamina burung meningkat dan juga membuat birahi burung menjadi stabil. Saat birahi naik menjadi stabil, maka burung akan rajin untuk berkicau. Namun , jika jumlah pakan di berikan berlebihan, maka akan membuatnya menjadi over birahi yang dapat membuat kualitas kicauan burung prenjak terganggu pula.

Pakan yang mengandung protein bisa berupa Ekstrafooding jangkrik, ulat hongkong dan serangga lainnya.

Dalam pemberian pakan Ekstrafooding itu sendiri di sesuaikan saja dengan kondisi burung. Misalkan burung kurang bergairah dan terlihat malas untuk membuatnya berkicau, maka porsi pakan dari Ekstrafoodingnya di tambah, dan jika burung tersebut over birahi, maka dengan bisa dengan mengurangi porsinya.

Sebagai referensi pemberian pakan dari Ekstrafooding tersebut, bisa di berikan 3 buah jangkrik pada pagi dan 3 ekor sore hari. Atau bisa memberikan pakan dari Ekstrafooding lainnya secara bergantian setiap harinya.

Selain itu anda juga bisa memberikan pakan dari voer yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Namun , jika burung anda tidak terbiasa mengkonsumsi Voer, maka bisa mengekalinya dengan mencampurkannya pada pakan Ekstrafooding, seperti mencampurkannya dengan kroto atau pakan Ekstrafooding lainnya.

  1. Memandikan dan menjemur burung prenjak

Dalam memandikan burung prenjak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan burung itu sendiri, terlebih lagi dalam memandikannya bulu kotornya sudah benar-benar bersih dari kotoran atau kutu yang menempel pada bulunya.

Dengan memandikan burung prenjak, maka burung akan menjadi segar kembali dan dapat membuatnya menjadi aktif untuk bergerak dan juga aktif untuk berkicau yang secara langsung dapat melatih kualitas kicauannya menjadi meningkat.

Jemur burung prenjak setelah dimandikan, agar bulu burung prenjak menjadi kering kembali , terlebih dijemur pada pagi hari yang memiliki manfaat untuk kesehatannya. Untuk waktu memandikannya, maka bisa pada pagi hari, jam 07.00 – 10.00 atau untuk sore hari dilakukan pada jam 15.00 – 17.00.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Prenjak Mabung

  1. Memaster Burung Prenjak

Prenjak yang masih anakan atau yang masih belajar berkicau memiliki peluang yang bagus untuk dimansterkan, sehingga burung tersebut dapat berkicau seperti suara masteran yang di perdengarkan.

Memaster burung prenjak bisa menggunakan burung langsung atau juga dengan menggunakan media MP3. Bagi yang belum memiliki suara burung prenjak, maka bisa mendownloadnya di sini , Lihat :Download Suara Burung Prenjak Mp3.

Namun , perlu untuk di perhatikan ketka sedang memasternya, maka pilihlah waktu burung dalam keadaan berisitirahat, agar membuatnya bisa menikmati irama kicauan dari masterannya tersebut.

Cara Merawat Burung Prenjak Agar Rajin Gacor | duniakicau | 4.5