Cara Merawat Burung Ciblek Agar Rajin Berkicau Ngebren/Nembak

 

Lomba kicauan burung ciblek akhir-akhir ini menjadi salah satu sorotan, karena cukup banyak mengadakan kelas lomba burung ciblek, meskipun burung ini tidak sepopuler dengan jenis burung lainnya, seperti kacer , murai batu dan jenis burung kicauan lainnya. 

Pada dasarnya burung kacer merupakan jenis burung yang rajin berkicau, dan hal inilah yang membuat burung ini tidak sepi peminatnya dan tentunya dengan hal tersebut di iringi dengan adanya lomba-lomba kicauan untuk ciblek itu sendiri.

Dengan memiliki dasar yang rajin berkicau, burung ciblek di pelihara oleh pemiliknya agar burung tersebut mampu berkicau dengan khas yang dimilikinya dengan kualitas terbaik, seperti suara ngebren atau suara tembakan, sehingga ketika di ikut lombakan tidak malu-maluin pemiliknya ! .

Dan memang untuk mendapatkan kualitas kicauan dari burung tersebut bisa keluar dengan maksimal, membutuhkan perawatan yang ruitn, agar burung mampu berkicau dengan maksimal, terlebih burung tersebut di pelihara dari anakan atau masih belum berkicau dengan maksimal.

Baca juga : Cara merawat burung ciblek mabung

Penyebab Burung Ciblek Jarang Berkicau

Sebelum membahas tentang perawatan burung ciblek, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu hal-hal yang dapat membuat burung ciblek jarang untuk berkicau. Karena memang ketika sudah melakukan perawatan yang rutin, burung belum tentu mau bekicau dengan semestinya, maka penting untuk mengetahui penyebab burung jarang berkicau.

  1. Kelamin Ciblek

Suara burung ciblek betina memang hampir mirip dengan ciblek jantan, akan tetapi kicauan dari ciblek jantan mampu mengeluarkan suara ngebren atau nembak. Maka dari itu pilihlah jenis kelamin jantan untuk di pelihara guna untuk di ikut lombakan

  1. Ciblek Kurang Fit dan Mabung

Ciblek yang kurang fit atau pada saat mabung, maka akan jarang berbunyi.

  1. Ciblek Bakalan dan baru dibeli

Burung yang baru beli atau masih bakalan akan membuatnya jarang berkicau, karena burung ciblek belum terbiasa dengan lingkungan sekitar, sangkar dan pakan.

Jadi ketika ketiga kondisi burung itu sendiri menjadi salah satu penyebab burung ciblek jarang berbunyi, maka bisa menyesuaikan saja, misalkan jenis kelamin dari ciblek yang anda miliki memiliki kelamin betina, maka bisa dengan menggantinya dengan pejantan, mengembalikan kesehatannya dan juga menunggu proses mabung selesai.

Perawatan Harian Burung Ciblek

Untuk memaksimalkan kemampuan burung ciblek, maka selanjutnya adalah dengan cara merawat burung ciblek secara rutin. Agar burung tersebut mendapatkan kondisi terbaiknya, sehingga ketika memasternya burung bisa dengan menyimpan di memori otaknya dan membuatnya mampu menirukan kicauan terbaik seperti yang di inginkan oleh pemiliknya.

  1. Pemberian Pakan

Burung yang masih jarang berkicau padahal umurnya sudah dewasa, bisa jadi burung tersebut di sebabkan oleh kurangnya asupan makanan Ekstrafooding. Ekstrafooding pada umumnya memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik untuk menambah stamina dan membuat burung rajin untuk berkicau., dan sangat bagus di berikan pada burung ciblek yang masih bakalan untuk pertumbuhannya.

Akan tetapi dalam pemberian Ekstrafooding tersebut diberikan dalam jumlah yang cukup dan tidak membuatnya Over birahi. Jika pemberian Ekstrafooding sudah mau membuatnya gacor, maka perlahan pemberian Ekstrafooding di kurangi  untuk menghindari terjadinya Over birahi pada burung.

Adapun pakan dari Ekstrafooding ini bisa di berikan berupa ulat hongkong, kroto, jangkrik, belalang dan juga pakan sejenis lainnya.

Adapun pakan hariannya tetap di berikan seperti Voer yang di sediakan pada tempat pakan yang berada di dalam kandang.

  1. Memancing dengan Suara Burung betina

Ketika dalam pemberian pakan dari Ekstrafooding sudah membuat birahi burung kacer sudah stabil, maka bisa dengan memperdengarkan suara ciblek betina yang rajin berkicau, agar memancing burung ciblek anda menyahutnya dan mau untuk rajin berkicau.

Jika sudah mulai rajin berkicau, maka bisa dengan mengehentikan memancingnya. Anda bisa memancing suara dengan menggunakan burung langsung atau menggunakan Mp3 yang bisa di download. Jika ingin memutar suara betina ciblek, maka bisa dengan membuka halaman lainnya terkai,t suara ciblek, Lihat : Download Suara Burung Ciblek Mp3 .

  1. Memaster burung Ciblek

Apapun jenis burung kicauan, memaster burung merupakan hal penting untuk dilakukan agar burung bisa berkicau seperti yang pemilik burung harapkan, dengan memperdengarkan suara masteran burung yang di pilih untuk di putar.

Untuk melakukan masteran burung ciblek bisa menggunakan Audio atau juga menggunakan burung ciblek langsung yang sudah gacor. Dan untuk melakukannya, maka bisa membaca di HALAMAN INI .

  1. Menjaga Kesehatan Burung

Dengan menjaga kesehatan burung itu banyak cara yang bisa dilakukan, seperti memandikan, menjemurnya hingga membersihkan kandang secara rutin.

Memandikan burung dapat membuat kesehatan burung terjaga, karena bulunya bisa menjadi bersih dan bisa terhindar dari kutu atau tungau dan membuatnya menjadi segar kembali dan membuat aktifitas harian menjadi aktif dan rajin untuk berkicau.

Memandikan burung ciblek bisa dilakukan pada pagi hari pada jam 07.00 hingga jam 10.00 dan sore hari pada jam 05.00 . dan setelah dimandikan maka burung di jemur selama 1 jam.

Kandang yang kotor juga bisa menjadi penyebab burung ciblek menjadi rentan sakit karena banyak kuman yang bersarang di dalam kandang. Maka dari itu bersihkan kandang secara rutin, sehingga burung bisa nyaman tinggal di dalam kandang.

Leave a Comment