Cara Merawat Burung Tledekan Agar Rajin Berkicau

cara merawat burung tledekan

Burung tledekan atau biasa di sebut juga dengan burung sulingan merupakan jenis burung Fighter seperti burung kacer dan juga murai batu, yang memiliki sifat teritorial yang tinggi terhadap daerah kekuasaannya tersebut ada jenis burung tledekan lain mendekatinya.

Untuk mendapatkan kualitas kicauan terbaik dari burung teledekan tersebut tentunya lebih baik, burung tersebut mampu memiliki mental Fighet yang baik, sehingga dengan  begitu dapat membuat burung menjadi rajin berkicau atau gacor.

Karakterisitik Burung Tledekan

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang cara merawat burung tledekan, maka sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tentang karaktersitik burung itu sendiri, karena setiap burung memiliki sifat dan karakter masing-masing.

  1. Mudah beradaptasi

Sifat Fighter dan territorial menjadi karakter kuat dari burung itu sendiri, akan tetapi ada beberapa hal yang menjadi seseorang tertarik untuk memelihara burung trledekan ini, seperti mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan, sehingga mudah untuk di pelihara.

  1. Gampang di Pancing

Burung tledekan memiliki sifat gampangan, dimana burung tersebut gampang terpancing emosinya, sehingga ketika di dekatkan dengan burung sejenis,maka akan membuatnya menjadi naik darah dan rajin untuk berkicau, terlebih tempat tersebut merupakan daerah teritorialnya.

  1. Birahi Mudah Naik

Birahi yang stabil memliki peranan agar burung menjadi memiliki mental yang baik dan rajin berkicau. Dan terkadang burung tledekan mudah naik birahinya, dan tentunya itu berpengaruh pada kualitas kicauannya. Dan untuk mengatasi bisa pengaturan pakan Ekstrafooding yang akan kita bahas pada penjelasan di bawah ini.

  1. Mudah Jinak

Mudah jinak dari burung tledekan di dorong dengan mudahnya beradaptasi dengan lingkungan baru sekalipun. Dan hal tersebut tentunya sangat baik untuk di rawat, karena burung yang sulit jinak, maka akan sulit untuk perawatannya.

Cara Memilih Burung Tledekan Yang Baik

Jika kalian belum memiliki burung tledekan dan berencana akan membelinya, maka sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tentang ciri-ciri burung tledekan memiliki kualitas yang baik.

  1. Burung Tledekan jantan

Untuk memilih burung tledekan, maka pastikan terlebih dahulu jenis kelaminnya jantan, karena kicauan dari jantan lebih baik dair betina, terlebih burung tersebut dipelihara untuk di ikut lomba kicauan.

Untuk membedakan kelamin burung tledekan, bisa dilihat dari warnanya, dimana bulu dari jantan akan terlihat kontras warnanya dan mengkilap dibandingkan dengan betina yang terlihat pudar.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Tledekan Mabung

  1. Paruh,Kepala dan Mata Burung Tledekan

Untuk memilih burung tledekan, maka bisa dengan meilihat dari paruhnya. Maka jika sobat kicaumania ingin memilihnya, maka bisa dengan memilihnya dengan melihat dari bentuk paruhnya yang terlihat tebal, kuat,besar dan panjang. Dan paruh bagian bawahnya lurus dan jangan pilih yang memiliki paruh yang bengkok bagian bawahnya.

Selain itu untuk melihat mental dari burung tledekan, bisa dilihat dengan bentuk mata yang terlihat melotot dan memiliki kepala yang besar.

  1. Fostur Tubuh

Fostur yang baik dan ideal bisa menjadikan toal ukur bahwa burung tersebut memiliki bentuk tubuh ideal dan juga memiliki prosfek yang baik kualitas kicauannya.

Pilihlah burung tledekan yang memiliki bentuk leher yang panjang padat dan berisi serta memiliki ekor, kaki dan badannya terlihat serasi atau ideal. Dan hindari memilih burung tledekan yang memiliki bentuk yang pendek dan memiliki leher yang pendek pula.

  1. Sayap dan kaki

Kaki yang mencengkram kuat dan memiliki sayap yang rapat menandakan burung tersebut memiliki kesehatan yang baik, dan tentunya hal tersebut merupakan hal penting untuk di perhatikan sebelum membelinya.

  1. Aktif dan Nafsu Makan yang baik

Memiliki nafsu makan yang besar dan juga aktif merupakan sebuah tanda burung tersebut dalam keadaan sehat, sehingga ketika memilihnya untuk di beli, maka hal tersebut merupakan hal penting lainnya untuk di perhatikan.

Cara Merawat Burung Tledekan Agar Rajin Berkicau

Dalam perawatannya, burung tledekan tentunya di sesuaikan dengan kondisi burung itu sendiri, misalkan burung dalam kekurangan birahi, Over birahi, persiapan untuk lomba dan lain sebagainya yang akan duniakicau.net jelaskan di bawah ini.

  1. Perawatan Harian Burung Tledekan

 

  • Perawatan Pagi hari

Untuk melakukan perawatan burung tledekan bisa dimulai pada pagi hari sebelum matahari terbit di embun-embunkan pada jam 07.00 untuk menyesuaikan suhu tubuhnya terhadap lingkungan sekitar yang akan dijadikan tempatnya untuk mandi dan berjemur, sambil memberikan pada dari kroto sebanyak 1 sendok teh.

Setelah di angin-anginkan selama 30 menit, maka burung tledekan dimandikan pada pukul 07.30 dan setelahnya dijemur selama 1 sampai 2jam lamanya, sambil memberikan pakan jangkrik sebanyak 3 ekor yang di simpan di dalam cepuk pakan. Pada saat dijemur, burung tledekan sebaiknya jauhkan dari jenis burung lainnya.

Setelah penjemuran selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah dengan cara mengangin-anginkan selama 10 sampai 20 menit dan mengkrodong sangkarnya.

  • Perawatan Siang dan Sore hari

Ketika waktu menunjukan jam 10.00 sampai jam 15.00 burung tersebut bisa dilakukan pemasteran, bisa dengan menggunakan burung langsung atau menggunakan Audo Mp3 yang di putar melalui handphone. Jika belum memiliki suara masterannya, maka bisa mendownloadnnya di halaman ini Lihat : Download Suara burung Tledekan Mp3 Masteran.

Namun , pada saat melakukan pemasteran berlangsung burung dalam berisitrahat atau bersantai dalam sangkar, karena jika burung dalam keadaan aktif, maka burung tidak bisa mendengarkannya dengan baik dan cenderung akan membalas kicauan dari masterannya tersebut. Jadi untuk waktunya di sesuaikan saja dengan kondisi burung anda tersebut.

Ketika waktu menunjukan jam 15.30, maka krodong tersebut di buka dan simpan burung di depan rumah atau simpan di tempat sejuk dan angin-anginkan kembali, dan bila perlu burung tledekan tersebut bisa dimandikan kembali, dan berikan pakan jangkrik 2 ekor hingga jam 18.00 burung di krodong kembali hingga pagi hari.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Tledekan Untuk Lomba & Cara Merawat Burung Tledekan Mabung

  1. Pakan Burung Tledekan

Agar burung tidak over birahi dan kekurangan birahi, maka bisa di setting dalam pemberian pakan yang diberikan setiap harinya, seperti :

  • 1 sendok teh kroto setiap hari
  • 2 sampai 3 ekor ulat hongkong setiap hari
  • 4 sampai 5 ekor jangkrik setiap hari
  1. Cara Menurunkan Birahi Burung Tledekan

Dalam pemberian pakan pada burung tledekan dari Ekstrafooding, bertujuan untuk membuatnya menjadi rajin gacor, akan tetapi terkandang dapat membuatnya menjadi over birahi jika diberika dalam jumlah besar. Dan jika hal demikian membuatnya menjadi OB ( Over Birahi ), maka dapat mengurangi porsi pakan dari jangkrik sebanyak :

  • 2 ekor setiap hari
  • 1 ekor ulat bambu setiap hari
  • berikan cacing sebanyak 4 ekor yang diberikan 2 kali dalam seminggu.

Selain pemberian pakan yang di ubah, cara menurunkan birahi burung tledekan bisa dengan melakukan perawatan lainnya, seperti :

  • mengurangi jumlah penjemuran menjadi 30 menit setiap hari
  • memandikannya lebih sering dari sebelumnya, 2 kali dalam sehari
  • pengembunan dilakukan pada jam 05.30 -06.00. melakukan pengumbaran lebih sering.
  1. Cara Mengatasi Burung Tledekan Drop

Bukan hanya over birahi yang dapat menurunkan kualitas kicauan dari burung tledekan, akan tetapi ada kondisi lainnya yang dapat membuat burung menjadi drop. Agar burung menjadi drop, maka bisa dengan mengatasinya, seperti :

  • Pemberian pakan jangkrik menjadi lebih banyak dari sebelumnya 5 sampai 10 ekor
  • Berikan pakan kroto setiap harinya
  • Tambahkan pakan dari kelabang sebanyak 2 ekor seminggu sekali
  • Kurangi mandi menjadi 2 hari sekali
  • Jauhkan burung dari burung teldekan lain atau jauhkan dari suara burung tledekan ( di Isolasi )
  • Jemur burung ledekan selama 2 sampai 3 jam setiap harinya
Cara Merawat Burung Tledekan Agar Rajin Berkicau | duniakicau | 4.5