Cara Merawat Burung Ciblek Mabung Agar Cepat Tumbuh Kembali

 

Burung ciblek moulting proses pergantian bulu lama digantikan dengan bulu baru, banyak hal yang akan terjadi proses mabung berlangsung hingga bulu barunya mulai tumbuh kembali.

Merawat ciblek yang sedang mabung dan ciblek yang akan di gacorkan membutuhkan perawatan yang berbeda-beda, jika salah perawatan maka akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, seperti kualitas bulu barunya tidak rapih, keriting, mudah rapuh , mabung terlalu lama dari yang seharunya, dan bahkan bisa membuat burung menjadi macet bunyi.

Sayang sekali jika pada awal sebelum mabung terjadi, burung ciblek memiliki kicuan yang baik gacornya, tiba-tiba setelah mabung malah menurun kualitasnya, udah dalam perawatannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, setelah mendapatkan hasil yang baik, malah burung ciblek menjadi macet bunyi atau kualitas kicauannya menurun secara tiba-tiba.

Cara Merawat Burung Ciblek Mabung

Dengan hal-hal negettif yang berkemungkinan muncul pada burung ciblek, maka hal yang harus dilakukan bagi pemilik burung antara lain adalah dengan cara perawatan khusus mabung yang sebentar lagi akan kita bahas di bawah ini.

Dalam melancarkan mabung burung ciblek akan memiliki berdiam diri dan tidak melakukan banyak akfititas, akan tetapi selain akan membuat burung memfokuskan pada perontokan bulu dan pertumbuhan bulunya dengan menghemat energy dengan berdiam diri, burung ciblek juga akan kehilangan banyak energy , maka dari itu pemberian pakan dan memperhatikannya merupakan hal awal untuk di tindak lanjuti, sehingga meskipun burung butuh energy besar maka bisa tercukupi.

Baca Juga : 

  1. Pakan dan Multivitamin

Pakan yang baik memberikan manfaat untuk membuat burung tercukupi Gizinya, selain untuk memberikan energy pada burung itu sendiri, akan tetapi pakan yang berkualitas memberikan manfaat untuk membuat pertumbuhan bulunya menjadi terbantu, karena asupan protein dan keratin sebagai pembentuk sel-sel baru untuk pertumbuhan bulu burung. Jadi dalam setiap pakan yang di berikan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi seperti pemberian ulat hongkong dan juga kroto dan untuk melengkapi Gizinya, maka berikan juga pakan lainnya yang biasa di berikan.

Mutivimtain memberikan asupan vitamin, karena mengingat energy burung akan banyak terkuras pada proses mabung berlangsung. Dengan memberikannya Multivitamin, guna untuk membuat burung merasa sehat dan segar.

  1. Krodong sangkar Ciblek

Penggunaan krodong pada sangkar untuk membuat suhu badan dari ciblek menjadi terjaga, tidak kedinginan dan juga tidak kepanasan. Karena bulu yang selama ini melindungi tubuhnya rontok atau sedang proses pertumbuhan, selain itu dengan menggunakan krodong untuk melindungi dari hewan lainnya dan menggigitnya, seperti dari nyamuk, semut dan lain sebagainya.

  1. Jangan mandikan dan Jangan dijemur

Sedang berlangsungnya mabung, maka hindari untuk memandikan dan menjemurnya, karena dapat menghambat proses perontokan bulu dan juga pertumbuhan bulu barunya. Mandikan dan jemur ketika bulunya sudah mulai tumbuh banyak lagi.

  1. Mastering

Master burung ciblek ketika masa mabung berlangsung, karena dengan memasternya dapat membuat burung bisa focus mendengarkan irama kicauan dari masterannya tersebut, karena banyak berdiam diri dan tidak melakukan banyak aktifitas, dan pendengarannya bisa focus dalam mendengar.

Leave a Comment