Cara Mencegah dan Mengatasi Burung Kacer Yang Gemuk Sebelum Macet Bunyi dan Mbagong

Masalah kegemukan pada burung kacer menjadi suatu permasalahan yang bisa membuat pemilik burung resah karenanya, karena efek yang dapat terjadi pada burung yang sedang mengalami kegemukan bisa membuat burung menjadi malas bunyi, malas gerak,Mbagong dan bahkan mudah terkena berbagai penyakit.

Biasanya kerap sekali ditemukan, banyak burung kacer yang mengalami kegemukan setelah masa mabung selesai yang di sebabkan pemberian makanan yang tidak lengkap gizinya. Namun , kegemukan bisa saja terjadi pada burung yang tidak mabung juga yang bisa di sebabkan oleh pemberian pakan yang tidak lenkap gizinya dan juga perawatan yang kurang tepat pula.

Cara Mengatasi Burung Kacer Yang kegemukan

Dalam merawat kacer dengan cara yang benar, tentunya akan terhindar dari kegemukan itu sendiri, namun jika burung kacer sudah terlanjur mengalami kegemukan, maka rubahlah pola perawatannya, agar secara bertahap burung memiliki tubuh yang ideal dan menjadi lebih aktif dan rajin untuk berkicau.

  1. Menggunakan kandang Yang lebih luas

Jika anda memiliki kandang yang lebih luas, seperti kandang umbaran, kandang yang lebih luas dari sangkar harian burung kacer, maka sesekali gunakan kandang tersebut untuk melatih fisiknya, sehingga burung tersebut melakukan banyak aktifitas.

Anda bisa melatih secara terus menerus ketika burung di simpan di kandang yang luas tersebut hingga burung cukup lelah, atau bisa membiarkan burung banyak melakukan aktifitas di kandang tersebut. Jika, anda tidak memiliki waktu yang lama untuk mengwasinya, maka bisa dengan mengakalinya, dimana pakan burung kacer yang di simpan di kandang tersebut di simpan di bawah kandang, sehingga secara langsung, burung akan sering naik turun untuk diam di tangkringan dan turun ketika ingin makan.

  1. Durasi penjemuran dan memandikan di tambah

Penjemuran dan memandikan burung sebaiknya di tambah untuk kacer yang memiliki berat badan yang belebih. Misalkan, biasanya menjemur burung kacer selama 1 jam setiap harinya, maka tambah durasinya menjadi 2 jam sehari, begitu juga perawatan memandikannya, dan ditambah 1 sampai 2 kali dalam seminggu, burung kacer mandi malam.

Dan sambil menjemur dan memandikan burung, sebaiknya gunakan kandang yang lebih luas, agar burung banyak bergerak, yang bagus untuk menguras energy burung itu sendiri.

  1. Tambah suplemen dan kurangi Voer

Salah satu penyebab burung gemuk adalah pemberian pakan voer dalam jumlah banyak ketika burung mabung dan kurang asupan pakan lainnya, sehingga gizinya tidak lengkap hingga terjadinya kegemukan, dan ketika mabung selesai burung menjadi gemuk.

Pada saat burung di mandikan, maka jangan berikan terlebih dahulu pakan dari voer, dan ketika burung sedang di jemur, maka masukan pakan tersebut, dan biasanya ketika burung kacer sedang di jemur, burung tidak akan banyak makan, akan tetapi akan banyak minum, karena suhu badannya hangat.

Selain itu, pakan dari serangga seperti jangkrik dan yang lainnya, tetap di berikan untuk membantu proses pemulihannya tersebut, dan jika perlu berikan juga suplemen khusus burung untuk menurunkan berat badannya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

  1. Berikan sayuran dan buah

Untuk kelengkapan gizi yang di butuhkan oleh burung kacer, maka coba latih burung tersebut untnuk terbiasa mengkonsumsi pakan dari sayur dan buah. Namun, perhatikan juga, jenis buah atau sayur yang akan di berikan, karena ada beberapa buah-buahan yang bisa membuat bobot tubuh burung bisa bertambah.

Berikan pakan berupa papaya,kacang panjang, brokoli,mentimun dan sayuran lainnya yang di potong-potong hingga kecil atau bisa juga di parut dan di simpan bersama Voer.

Leave a Comment