6 Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Yang Benar Agar Cepat Selesai

 

Dalam melakukan perawatan lovebird tentunya memiliki perbedaan yang di sesuaikan denagn kondisi dari burung itu sendiri, seperti Lovebird dalam masa mabung, maka tidak boleh di samakan dalam perawatannya ketika burung dalam kondisi tidak mabung. Karena jika perawatannya sama, maka proses mabung itu sendiri bisa terhambat, dan dapat memakan waktu yang lebih lama dari yang seharusnya. 

Pada saat mabung, burung biasanya akan llebih memilih banyak berdiam diri dan menjadi jarang berkicau, namun bagi pemilik burung lovebird, jangan khawatir, karena memang seharunya seperti itu. Karena ketika burung dalam keadaan mabung, maka tidak bagus juga untuk proses mabung dan juga pertumbuhan bulunya.

Biasanya, burung ketika mabung , namun masih tetap berkicau, bisa menandakan burung tersebut dalam birahi, birahi pada saat mabung dapat menghambat burung menjadi lancar dan menghambat. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga birahinya menjadi stabil, agar burung bisa focus pada proses rontok bulu dan juga saat bulu mulai tumbuh kembali.

Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Agar Cepat Selesai

Seperti yang telah di sampaikan di atas, bahwa perawatan lovebird ketika mabung berbeda dengan burung ketika dalam keadaan tidak mabung. Akan tetapi, sebaiknya di fokuskan untuk membantu dalam proses mabung tersebut berjalan dengan baik, dan biasanya lovebird akan mabung ketika berumur 4 sampai 6 bulan.

  1. Berikan kenyamanan

Sebanarnya kenyamanan sebaiknya di berikan ketika burung tidak mabung juga, akan tetapi ketika mabung terkadang memiliki perawatan khusus dan membutuhkan ruangan yang tenang, agar burung bisa dengan nyaman, untuk menghindari stress yang dapat membuat burung menjadi terganggu proses mabungnya.

  1. Full krodong

Ketika proses mabung berlangsung dan terus bulu lovebird berkurang, secara langsung kehangatan dari tubuh burung itu sendiri menjadi berkurang. Agar suhu tubuhnya tetap terjaga hangat, maka bisa dengan mengkorongnya setiap hari, terutama pada malam hari, akan tetapi sekali-kali bukan krodongnya , untuk di angin-anginkan.

  1. Jangan Mandikan

Berbeda halnya ketika burung pada saat tidak mabung, maka membutuhkan mandi. Namu, ketika lovebird sedang mabung, maka hindari untuk memandikannya, karena dapat membuat bulunya menjadi alot. Namun , untuk memandikannya, maka bisa dilakukan ketika burung sudah terlihat bulu jarum mulai tumbuh lebat.

  1. Jangan menjemur

Seperti memandikannya, sebaiknya pemilik burung untuk menghindari menjemurnya, namun ketika bulu jarum mulai tumbuh lebat, maka proses memandikan bisa mulai dilakukan.

  1. Pakan

Untuk pemberian pakan, bisa dilakukan seperti biasanya, akan tetapi perlu untuk di ingat, dalam pemberiannya kangan berlebihan, untuk menghindari terjadinya over birahi dan berikan pakan dengan Vareatif, agar nutrisi dari pakan yang di berikan mampu membantu proses mabung menjadi lebih baik.

  1. Masteran

Setiap burung mabung, sering dimanfaatkan oleh pemilik burung, karena ketika lovebird mabung, maka akan membuatnya menjadi banyak berdiam diri dan tidak aktif, maka bisa lakukan masteran karena burung bisa mendengarkan focus ketika di master.

Demikianlah tips cara merawat burung lovebird mabung agar cepat selesai dan tumbuh kembali burungnya dengan semestinya yang bisa kicaumania terapkan setelah membaca penjelasan di atas.

Namun  perlu untuk di ingatkan, pada saat mabung kandang burung sebaiknya jaga kebersihannya, karena untuk menghindari kutu, tungau, kuman atau hal-hal lainnya yang dapat menggangu kesehatan burung itu sendiri.

Bersihkan kandang sekali rutin, setiap kandang mulai kotor dari sisa pakan yang berjatuhan di bawah kandang dan juga dari kotoran burung itu sendiri.

Cara merawat burung lovebird agar cepat selesai dan cepat tumbuh kembali bulunyda dengan cepat dan mudah untuk di lakukan agar ngekek kembali.

Leave a Comment