Setting Makanan Burung Kacer Agar Rajin Berkicau dirumah dan Saat Lomba

Kacer merupakan jenis burung yang menyukai makanan dari serangga, selain itu burung kacer juga butuh jumlah asupan yang tepat, sehingga burung mendapatkan gizi yang cukup, tidak kekurangan dan juga tidak kelebihan.

Dan tentunya agar burung kacer tersebut memiliki gizi yang cukup, maka di biasanya kacer diberikan juga pakan dari voer untuk memenuhi gizi lainnya yang di butuhkan oleh burung.

Namun, persoalannya, dalam hal memberikan pakan, tidak semua orang mengetahui tentang jumlah yang tepat untuk di berikan pada kacer peliharannya, yang membuat burung menjadi memiliki kondisi yang kurang baik, seperti :

  • burung menjadi kegemukan karena banyak asupan pakan yang berlebihan
  • burung over birahi, karena pemberian pakan serangga di berikan dengan jumlah yang telalu banyak
  • burung kurang birahi karena kurang asupan protein dari serangga
  • burung kurang gizi

selain beberapa kondisi dari pemberian pakan yang tidak tepat, maka untuk kondisi burung itu sendiri perlu di perhatikan, seperti pemberian pakan ketika kacer sedang mabung, maka porisnya perlu di sesuaikan, burung menjelang lomba, dan setting pakan lainnya yang sebentar lagi kita bahas penjelasannya di bawah ini.

Makanan Burung Kacer

Pakan burung kacer sebagian besar dari serangga, maka dalam hal pemberian pakan juga perlu di berikan asupan tambahan lainnya, seperti multivitamin, voer dan bisa perlu ajarkan burung kacer untuk mau mengkonsumsi pakan dari buah.

Adapun, makanan kacer yang bisa diberikan antara lain :

  • jangkrik
  • kroto
  • ulat hongkong
  • cacing tanah
  • voer
  1. Pakan Harian Kacer

Kunci utama dalam pemberian pakan agar burung rajin berkicau adalah dengan menstabilkan birahinya, oleh karena itu jika burung tersebut merupakan jenis burung rumahan, maka cukup berikan 3 sampai 5 ekor jangkrik dan untuk kroto cukup di berikan sebanyak 1 sendok teh selama 1 minggu sekali untuk mendongkrak staminanya.

Berikan pakan tersebut setiap hari dengan jumlah seperti itu, jika burung menjadi rajin gacor maka pertahankan pemberiannya, namun jika burung masih kurang gacor dari jumlah yang diberikan, maka bisa menambahkan pakan jangkrik untuk mendrongkak birahinya.

  1. Persiapan Lomba

Setiap harinya burung tetap berikan pakan dengan jumlah yang biasa di berikan, akan tetapi menjelang lomba H-1 , cukup berikan 2 ekor saja pada pagi hari hingga sore hari, agar burung tidak mengeluarkan aktifitas seperti berkicau pada siang hari.

Pengurangan pakan pada menjelang H-1, guna untuk menghemat energy burung sehingga tidak mengeluarkan kicauan dan aktifitas yang bisa menguras energynya.

Setelah menjelang sore hari dan malam hari berikan pakan jangkrik sebanayk 10 ekor, atau bahkan bisa memberikan hingga 30 ekor, agar keesokan harinya burung memiliki energy yang besar ketika bertanding arena lomba.

Karena, pada malam hari burung diberikan pakan dalam jumlah lebih banyak dari sebelumnya, maka pantau keadaan burung tersebut, jika over birahi, maka mandikan burung dan gunakan krodong sangkarnya agar bisa beristirahat dengan full pada malam hari.

Untuk mempersipkan hal lainnya sebelum kacer ikut lomba, rekan-rekan bisa membaca penjelasan langkapnya di halaman lainnya, Lihat Juga : Tips Mempersiapkan Burung Kacer Sebelum Lomba .

  1. Saat mabung

Pada saat mabung pakan jangkrik di batasi pemberiannya, dengan menguranginya yang hanya memberikan 2 sampai 3 ekor setiap harinya, dan berikan voer di dalam sangkarnya.

Karena jika memberikan pakan lebih banyak dari itu, di khawatirkan burung menjadi birahi dan membuatnya menjadi rajin berkicau yang bisa menggangu proses mabungnya.

Liha juga : Cara Merawat Burung Kacer Mabung Yang Tepat

Untuk asupan pakan kacer lainnya, seperti ketika untuk diternakan agar cepat kawin hingga menghasilan kualitas telur terbaik, maka bisa memberikan pakan seperti biasanya, yang terpenting adalah menjaga kondisi birahinya. Jika 4 ekor belum bisa membuat burung birahinya cukup untuk mau kawin, maka tinggal tambahkan menjadi 6 ekor, begitu juga sebaliknya.

Begitu juga ketika burung dalam keadaan macet bunyi, agar stamina dan mentalnya muncul lagi, maka bisa meningkatkan pemberian pakan Ekstrafoodingnya.

Nah, demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan pada penjelasan di atas yang bisa lakukan untuk kacermania dalam memberikan pakan terbaiknya dalam berbagai macam kondisi kacer.

Leave a Comment