Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Macet bunyi merupakan salah satu persoalan yang cukup di takuti oleh para pemiliknya, dimana suara gacor yang sering di keluarkan oleh burung tersebut mendadak burung menjadi berdiam seribu bahasa atau macet bunyi.

Dengan melihat hal tersebut, tentunya dapat membuat pemilik burung menjadi kecewa karenanya, daripada hal tersebut terjadi pada kacer kesayangan anda, maka hal-hal yang membuat burung kacer membuat macet bunyi sebaiknya di hindari.

Penyebab burung kacer macet bunyi

Sebelum mengatasi burung kacer macet bunyi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu, apa aja sih yang membuat kacer menjadi macet bunyi ? , karena dalam kondisi macet bunyi ciri-cirinya tidak terlalu berbeda dengan kondisi burung pada saat mabung.

Pada saat mabung memang di haruskan burung banyak berdiam diri, tidak berkicaun dan tidak melakukan banyak aktifitas yang dapat menguras energynya.

Burung menjadi drop merupakan kondisi terbaik ketika burung sedang mabung, karena energy yang di miliki oleh burung tersebut akan digunakan untuk perontokan bulu dan untuk pertumbuhan bulu barunya. Jadi ketika burung sedang mabung masih rajin aktif bergerak, maka bisa menghambat proses mabungnya, dan bisa memakan waktu lebih lama karena energynya habis di pakai burung untuk berkicau dan aktif bergerak.

Jadi jika mabung membuat burung menjadi macet bunyi, maka rubahlah pola perawatannya, khusus untuk burung mabung.

Baca Juga :

Adapun penyebab yang dapat membuat burung menjadi macet bunyi, antara lain :

  • Kandang burung kacer jatuh
  • Burung stress
  • Mental burung drop sehabis lomba ( kalah tanding )
  • Burung sedang trauma akibat ketakutan oleh hewan predator
  • Terkena infeksi atau ada gangguan saluran pernafasan
  • Over birahi atau kekurangan birahi

Selain pada penjelasan di atas penyebab burung kacer macet bunyi, dengan perawatan yang kurang tepat juga dapat membuatnya menjadi macet bunyi, seperti kurangnya asupan vitamin dan juga kurang memberikan pakan yang berkualitas pada burung, sehingga burung tidak mendapatkan kondisi terbaik sehingga tidak memiliki energy untuk membuatnya berkicau.

Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Jika salah satu penyebab burung menjadi macet bunyi sudah di ketahui seperti dari beberapa yang telah di sampaikan di atas, maka tinggal di sesuaikan saja penangannya, seperti burung jadi macet bunyi di sebabkan karena adanya gangguan saluran pernafasan, maka segera obati dengan produk khusus untuk mengatasi hal tersebut. Namun , jika di sebakan hal lainnya, bisa dengan melakukan tips seperti yang telah disampaikan di atas.

  1. Tenangkan Burung

Memberikan ketenangan pada burung kacer yang macet bunyi untuk membuat burung dapat beristirahat dengan nyaman untuk membantu pemulihan mentalnya menjadi lebih baik lagi dengan menyimpannya di tempat yang sunyi dan nyaman untuk burung.

  1. Pakan dan Multivitamin

Pakan dari Ekstrafooding memberikan energy pada burung agar burung memiliki stamina yang baik, seperti pemberian pakan dari kroto, jangkrik. Berikan pakan jangkrik sebanyak 4 sampai 5 ekor setiap hari dan kroto berikan cukup 1 minggu sekali.

  1. Terapi dan pengembunan

Lakukan pengembuanan pada kacer yang sedang macet bunyi pada pagi hari dengan menyimpannya di tempat yang teduh dan tidak terkena matahari secara langsung.

Untuk membuat burung mau berkicau kembali maka bisa dengan memutar suara terapi untuk burung, atau menggunakan suara burung kacer betina agar membuatnya terpancing untuk mau berkicau membalas sahutan dari betinanya.

Leave a Comment