Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong/Ngebalon/Mbesi Agar Normal Kembali

Perilaku burung kacer Mbagong menjadi salah satu permasalahan yang cukup membuat khawatir pemilik burung terjadi pada kacer kesayangannya, terutama pada saat lomba, dimana yang awalnya burung dapat berkicau dengan gaya khasnya mendadak bulunya mengembang dan berdiam diri tidak berkicau.

Bukan hanya terjadi di arena lomba saja, akan tetapi burung Mbagong bisa terjadi pada burung kacer rumahan yang terjadi secara tiba-tiba yang di sebabkan oleh beberapa hal, misalkan burung stres dan lain sebagainya.

Jika hal tersebut sudah terjadi pada burung kacer kesayangan rekan-rekan, maka sebaiknya untuk perawatannya di lakukan untuk mengembalikan ke kondisi terbaiknya dengan melakukan tips yang sebentar lagi akan di ketahui dengan membaca penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong/Ngebalon/Mbesi

Mbagong pada burung kacer bisa terjadi yang disebabkan oleh beberapa hal, entah itu terkait dengan kesehatan fisik dan mentalnya, maka dari itu kedua hal tersebut perlu untuk di perhatikan agar nantinya bukan hanya fisiknya saja yang sehat akan tetapi mentalnya juga sehat dan burung menjadi rajin berkicau seperti sediakala

  1. Terapi Umbaran

Terapi umbaran dengan memasukan burug kacer yang mbagong di kandang umbaran dari pagi hingga sore hari, karena memiliki manfaat untuk mengembalikan kondisi burung menjadi normal.

Untuk melakukan terapi ini, dalam penyimpanan tenggeran satu ke yang lainnya di simpan berjauhan jaraknya, agar ketika burung mau pindah burung banyak bergerak, begitu juga dalam penyimpanan cepuk pakan dan air minum di simpan dengan jarak yang berjauhan pula, agar burung sering bergerak ketika ingin minum setelah makan.

  1. Berikan Untulan

Selain itu, ketika burung di simpan di kandang umbaran, sebaiknya jika memiliki betina kacer, simpan di kandang umbaran tersebut untuk meningkatkan birahinya dan juga untuk menyalurkan birahi burung kacer jantan yang Mbagong.

Sesekali jika memiliki burung kecil, masukan burung kecil tersebut di kandang umbaran yang terdapat burung kacer yang sedang Mbagong, agar emosi liar burung kacer muncul kembali sehingga mental fighternya muncul kembali, karena sering mengejar-ngejar burung kecil tersebut dan membuat burung kacer menjadi lebih percaya diri.

  1. Terapi Mandi Malam

Untuk mengatasi kacer Mbagong pada setiap hari atau beberapa hari sekali burung dimandikan pada malam hari, namun tetap sambil memperhatikan kondisi cuaca.

Setelah dimandikan, selanjutnya putar suara burung sejenis dengan pengaturan volume yang tidak terlalu kencang, yang penting burung nyaman dan bisa denga jelas ketika mendengarkannya.

Lakukan cara tersebut secara rutin, hingga kondisi burung kembali menjadi lebih baik lagi.

Lihat Juga : Download Suara Burung Kacer Jantan dan Betina

  1. Karantina burung kacer

Pada masa karantina yang bisa berjalan hingga beberapa minggu, dan pada saat di isolasi , jauhkan burung dari burung lainnya, terutama jenis burung fighter yang memiliki suara kicauan burung yang gacor.

Selain itu, jika burung kacer rekan-rekan terbiasa di menggunakan krodong, maka bisa menggunakan krodong pada saat isolasi, namun jika tidak terbiasa, maka jangan gunakan krodong. Dengan penggunaan krodong guna untuk membuat burung bisa beristirahat dengan tenang dan cukup.

  1. Setting Ekstafooding

Dalam setting pakan ekstrafooding yang diberikan pada kacer yang Mbagong, memang bervareatif, itu tergantung dengan kondisi burung, jika burung  tersebut menjadi Mbagong disebabkan karena burung memiliki birahi yang tinggi, maka di kurangi saja, namun jika penyebabnya hal lainnya, seperti kurang birahi, kurang energy atau hal lainnya, maka tinggal tambahkan saja jumlah pakan ekstrafoodingnya.

  • Kurangi Ekstafooding

Pakan dari ekstrafooding bisa di kurangi saja dari jumlah pakan yang biasa diberikan, dan bahkan ada beberapa kicaumania yang tidak memberikan pakan dari ekstrafooding pada saat burung tersebut Mbagong, dan hanya memberikan pakan Voer saja.

Setelah masa isolasi berjalan hingga beberapa minggu, maka setiap 1 sampai 2 minggu sekali burung bisa dimandikan dan memberikan pakan jangkrik sebanyak 3 sampai 5 ekor dan 1 sendok teh kroto .

  • Ekstrafooding tambahan

Ekstrafooding tambahan bisa di berikan jika penyebab burung menjadi Mbagong tersebut di sebabkan oleh beberapa hal yang telah di sampaikan di atas.

Namun, itu kembali lagi pada kondisi burung, sebagai pemilik burung kacer sebaiknya mengemati terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menambah atau mengurangi pakan ekstrafooding tersebut.

Nah, demikianlah tips untuk mengatasi burung kacer Mbagong agar burung fighter kembali dan rajin berkicau.

Leave a Comment