Cara Merawat Burung Perkutut Mabung Agar Cepat Selesai

Merawat burung perkutut memanglah tidak sesulit jenis burung lainnya, dan hal tersebut menjadi salah satu daya tarik seseorang untuk tetap memelihara, karena kemudahan yang di dapat dalam perawatan yang dilakukan setiap harinya.

Dari dulu hingga sekarang, burung perkutut tetap memiliki peminatnya tersendiri, meskipun tidak sepopuler dengan burung lainnya, seperti lovebird, murai batu, kacer dan burung lainnya.

Dalam setiap perawatan burung perkutut, meskipun mudah untuk dilakukan, akan tetapi tips perawatannya perlu penyesuaian tersendiri, agar burung mampu memberikan kondisi terbaiknya, seperti kondisi ketika burung perkutut sedang mabung, dimana proses mabung tersebut mampu lancar, sehingga pertumbuhan bulu barunya memiliki kualitas terbaik dan dilakukan dengan waktu pada semestinya.

Cara Merawat Burung Perkutut Mabung

Mabung akan terjadi pada setiap hewan unggas termasuk burung perkutut, dan biasanya untuk proses mabung itu sendiri pada perkutut akan memakan waktu selama 20 hari. Namun untuk memaksimalkan proses mabung tersebut butuh perawatan yang tepat untuk membantu prosesnya menjadi sempurna, meskipun tidak terlalu khusus dalam perawatannya, akan tetapi berikut adalah tips perawatan mabung pada burung perkutut yang bisa di coba.

Untuk perawatan harian tetap boleh dilakukan, namun ada beberapa hal yang perlu untuk di terapkan, seperti durasi lama penjemuran yang hanya dilakukan selama 30 menit saja, dan itupun dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Lihat Juga :

Pakan tambahan seperti ketan hitam bisa di berikan pada burung perkutut yang sedang mengalami proses mabung yang di tandai dengan mulai rontok bulunya. Agar proses perontokan bulu dapat berjalan dengan baik, maka berikan pakan ketan hitam dengan cukup untuk membantu perontokan bulunya. Dalam pemberian pakan ketan hitam jangan terlalu sering dan juga banyak, karena di khawatirkan justru dapat membuat burung perkutut menjadi lebih sering mabung.

Selain ketan hitam, beras merah diberikan selama proses mabung berlangsung dengan bertujuan agar menjaga kondisi suhu tubuh burung perktutu menjadi tetap hangat, karena bulu burung perkutut yang selama ini melindungi tubuhnya sedang menjalani perontokan dan pertumbuhan bulunya. Hal ini baik di berikan dalam kondisi lingkungan yang dingin.

Leave a Comment