Cara Menjodohkan Burung Kacer Agar Cepat kawin dan Bertelur Untuk pemula

Dalam menjodohkan burung burung kacer biasanya dilakukan guna untuk di ternakan untuk memperbanyak keturunan dari burung itu sendiri, terutama bagi burung kacer yang sering menjuarai lomba kicauan, harga darri anakannya dapat memiliki harga yang lebih mahal di bandingkan dengan burung kacer dari trah biasa saja.

Dalam menjodohkan burung pada umumnya,seperti murai batu, lovebird dan juga burung kacer bisa dilakukan begitu saja, dan biasanya pada kacermania pemula sering terburu-buru menjodohkan murai batu dengan menyimpannya di dalam satu kandang, meskipun  belum berjodoh.

Menyimpan burung kacer yang belum berjodoh dalam satu kandang secara langsung tentunya sangat beresiko, dimana resiko kemungkinan besar yang akan terjadi adalah, dimana burung yang belum berjodoh tersebut berkelahi di kandang, dan bisa salah satu menjadi terluka dan bahkan bisa menimbulkan kematian.

Penyebab Burung kacer Gagal Berjodoh

Gagal berjodoh menjadi salah satu hal yang menjadi salah satu hal yang perlu untuk di perhatikan sebelum memulai perjodohan tersebut, dimana gagal berjodoh, bukan hanya bisa gagal bertelur, akan tetapi bisa membuat pemilik burung harus mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi karena burung yang sedang di jodohkan tersebut di haruskan mengganti salah satu, karena salah satu kacer tidak mau berjodoh dengan burung kacer yang anda jodohkan.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina

Adapun beberapa penyebab burung kacer berjodoh antara lain :

  • Salah satu burung kacer terlalu Agresif, biasanya di dominasi pejantan, meskipun ada kemungkinan betina juga menjadi Agresif dan menyerang calon pasangannya
  • Over birahi menjadi salah satu penyebab burung kacer menjadi Agresif dan menimbulkan hal lainnya yang merugikan burung, dan biasanya cara untuk mengatasinya adalah dengan cara mengurangi pakan dari Ekstrafooding
  • Permasalahan umur menjadi salah satu penyebab burung kacer gagal berjodoh, dimana usia salah satu kacer belum cukup umur, sehingga burung belum siap birahi dan belum siap di jodohkan. Salah satunya adalah dengan menunggu keduanya menjadi berjodoh atau bisa menganti salah satu pasangan yang sudah dewasa. Sebisa mungkin kacer jantan dan betina sudah berumur matang minimal 1 tahun keatas, untuk kacer jantan dan betina
  • Burung agresif juga bisa di sebabkan oleh umur jantan yang masih muda atau over birahi, untuk mengatasinya adalah dengan cara menurunkan birahi yang agresif atau mengganti betina yang lebih tua dari jantan

Cara Menjodohkan Burung Kacer

Untuk melakukan penjodohan pada burung kacer bisa dengan menggunakan berbagai macam cara, tergantung kandang seperti yang dimiliki oleh kacermania.

Misalkan menjodohkan kacer dengan tempel sangkar, dimana masing-masing kacer, entah itu jantan dan betina di simpan di sangkar yang berbeda, namun berdekatan, atau menggunakan kandang lainnya, seperti :

  • Kandang ternak dan sangkar
  • Kandang sekat
  • Sangkar gantung

Dalam hal ini, misalkan anda ingin menjodohakn burung dengan menggunakan kandang ternaK dengan sangkar, karena kandang ternak lebih luas untuk beternak burung kacer.

  1. Pendekatan Suara

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyimpan burung betina di kandang ternak yang besar hinga beberapa hari, sedangkan untuk jantan di simpan di sangkarnya. Simpan calon pasangan tersebut di simpan di tempat yang berbeda, dan hindari burung saling melihat dan biarkan hanya suaranya saja yang terdengar oleh masing-masing burung kacer.

Ciri-ciri burung kacer betina yang tertarik terhadap kacer jantan adalah, dimana burung kacer betina tersebut akan terlihat gelisah  dan akan sering berkicau dengan suara irama panggilan, dan saling bersautan satu sama lain jika keduanya ada ketertarikan.

  1. Pendekatan Fisik

Setelah melihat tanda-tanda kacer betina dan jantan terlihat saling membalas kicauan, hal yang harus dilakukan selanjutnya memindahkan sangkar jantan dan kandang ternak betina, sehingga satu sama lain bisa saling melihat, akan tetapi jangan di satu kandangkan terlebih dahulu, untuk menghindari burung tidak berjodoh dan berkelahi.

Amati terlebih dahulu hingga Betina kacer sudah siap di kawini antara lain, burung kacer betina tersebut akan sering merapihkan sangkarnya dan memunguti bahan yang akan dibuat sangkar .

Jika burung sudah terlihat tanda-tanda seperti itu, maka lepaskan burung kacer dari sangkarnya dan memindahkan di kandang ternak yang dihuni oleh kacer betina pada sore hari menjelang maghrib, karena di waktu itu, burung kacer akan berisitirahat

Terus pantau hingga burung sudah kawin, jika burung tersebut tidak berjodoh dan sering bertengkar di kandang, maka angkat jantan kacer , dan lakukan penjodohan ulang seperti sebelumnya.

Leave a Comment