Tips Cara Memilih Lovebird Ombyokan yang Prospek

Di kios-kios burung kicauan, sering dijumpai lovebird bakalan yang disatukan dalam kandang ombyokan. Agar kicaumania tidak salah pilih, maka pemilihannya harus dilakukan dengan pengamatan yang sangat teliti. Berikut beberapa cara memilih lovebird ombyokan yang prospek.

Meskipun bukan termasuk jenis burung asli Indonesia, namun lovebird kini menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang paling popular dan banyak penggemarnya. Spesies burung paruh bengkok ini kerap dipelihara sebagai masteran maupun untuk dilombakan.

Lovebird juga dikenal gampang diternak, bahkan sudah banyak peternak yang sukses memasarkan hasil produksinya itu ke pasaran. Sebagian besar lovebird hasil tangkaran dijual dalam kondisi masih muda dan dicampurkan bersama-sama dalam satu kandang ombyokan.

Burung yang dijual dalam kandang ombyokan memang selalu menarik perhatian banyak kicaumania. Selain harga jual yang ditawarkan jauh lebih terjangkau, jika pandai memilihnya pun kita bisa mendapatkan burung yang benar-benar prospek.

Lihat Juga : Kelebihan dan Kekurangan Lovebird Konslet dan Fighter

Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan dan juga pengamatan yang teliti pada waktu hendak membeli lovebird ombyokan.

Daftar Isi

Cara Memilih Lovebird Ombyokan

Sebagai panduan, berikut beberapa cara memilih lovebird ombyokan yang prospek

  • Pilih burung yang terlihat lebih aktif dan paling agresif dibandingkan yang lainnya. Jangan pilih lovebird yang selalu malas-malasan, apalagi kerap tertidur di dasar sangkarnya.
  • Pilih burung yang paling mendominasi ketika makan, karena besar kemungkinan lovebird tersebut mempunyai mental yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird Konslet

  • Burung yang akan dipilih memiliki bulu-bulu yang rapih, sayap terapit rapat, bulu ekor dan kloaka bersih dari kotoran, serta tatapan mata yang jernih dan tidak sayu apalagi berair.
  • Ketika bertengger, kedua kaki mencengkeram tenggeran dengan kuat dan tidak mudah goyah.
  • Lovebird tersebut memiliki bentuk leher yang panjang.
  • Pilih burung yang selalu mengeluarkan suara ngekek / sedang belajar ngekek.
  • Jika terlihat ada burung yang selalu berpasangan, Anda bisa memilih keduanya untuk dilatih agar cepat konslet.
  • Untuk mencari burung yang gampang dilatih, Anda bisa memutarkan suara masteran lalu pilih lovebird yang memiliki suara paling keras.

Perawatan Lovebird Ombyokan Agar Cepat Ngekek 

Setelah mendapatkan burung yang kita inginkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan rutin dan teratur agar lovebird bakalan tersebut memiliki kualitas setara dengan burung lomba.

Lihat Juga : Suara Lovebird Fighter dan Konslet

Perawatan harian yang rutin tersebut antara lain pemberian mandi dan jemur, serta membiasakan melatih burung dalam kandang umbaran. Adapun salah satu faktor terpenting yang harus menjadi perhatian dalam perawatannya adalah pemilihan pakan.

Pakan yang tepat memang dapat mempengaruhi penampilan lovebird sehari-hari. Selain mengenyangkan, pakan yang dikonsumsinya harus bisa membuatnya lebih rajin bunyi tanpa perlu khawatir burung akan over birahi (ob).

Semoga bermanfaat

Leave a Comment