Mencetak dan Merawat Lovebird Konslet Agar Ngekek Panjang

Lovebird konslet memiliki banyak peminat dari kalangan ngekekmania, karena kelebihan dari lovebird konslet adalah mampu ngekek dengan durasi yang panjang.

Durasi ngekek yang panjang pada burung lovebird merupakan nilai lebih dari lovebird, semakin lama durasi yang mampu di keluarkan oleh lovebird tersebut, maka harganya akan mahal, contohnya lovebird kusumo yang mampu menjuarai lomba hingga ratusan kali.

Ada 2 karakter lovebird yang disukai dari kalangan ngekekmania, lovebird fighter dan lovebird konslet.

Dan bagi kamu yang yang ingin mencetak lovebird konslet dan cara perawatannya, maka bisa membaca panduannya di bawah ini hingga selesai.

Cara Merawat dan Mencetak Lovebird Konslet

Memilih anakan dari indukan lovebird konslet memiliki peluang untuk membuat lovebird anakan tersebut mampu konslet juga, namun hal itu juga tidak cukup, perlu latihan yang rutin dari perawatan yang tepat.

Tidak selalu harus memilih dari indukan yang konslet juga, jika rekan-rekan yang ingin memelihara lovebird konslet dan membelinya dari kandang ombyokan, lovebird tersebut juga memiliki prosfek yang baik, sehingga ngekek konsletnya bisa bertahan dengan lama.

Jadi, apapun sumber lovebird yang anda miliki saat ini, perawatan yang tepat lebih baik menjadi patokan utama untuk membuat lovebird bisa ngekek konslet dengan durasi yang lama.

  1. Memilih Lovebird

Memilih anakan lovebird dari indukan yang memiliki karakter konslet memiliki besar peluang untuk anakannya. Karena satu dari sekian anakannya tersebut memiliki peluang akan ngekek konslet suatu saat.

Baca Juga : Perbedaan Lovebird Konslet dan Lovebird Fighter

Namun, dengan memilih anakan yang berkualitas juga perlu perawatan yang tepat dan rutin, karena untuk mencetak lovebird konslet, tidak cukup dari keturuan saja, karena kuncinya, bagaimanapun tergantung perawatan yang dilakukan.

  1. Pakan Lovebird Konslet

Untuk makanan lovebird konslet, seperti biasanya di berikan terhadap lovebird pada umumnya.

Untuk setingan pakan lovebird konslet diantaranya :

  • 3 butir jagung muda
  • 2 – 3 tetes Multivitamin setiap hari
  • Buah dan sayuran
  • Voer lovebird
  • Berikan kangkung yang cukup, agar birahinya stabil atau seimbang untuk menjaga performa saat lomba dan ketika di rumah
  1. Perawatan Lovebird Konslet

Untuk merawat lovebird konslet, sebaiknya dilakukan secara konsisten dan jangan merubah-rubah perawatannya, karena dapat membuat lovebird menjadi bingung.

  • Mandikan lovebird pada jam 06.00 pagi, lalu di angin-anginkan beberapa menit dan biarkan lovebird merapihkan bulunya terlebih dahulu
  • Jemur lovebird selama 1 – 2 jam di bawah jam 11.00 siang hingga bulunya kering kembali ( untuk lovebird paud cukup di jemur 30 menit saja, karena memiliki birahi yang tinggi )
  • Pada siang hari jam 11.00, lovebird di gantang di tempat yang sejuk hingga sore hari
  • Dan ketika sore hari, burung bisa dimandikan kembali sebagai optional
  • Lalu setelah itu lovebird di master hingga malam hari

Baca Juga : Cara Jebol Birahi Lovebird Agar Ngekek Konslet

  1. Pakan Racikan Lovebird Konslet

Menjaga birahi lovebird agar stabil dari pakan yang di berikan penting untuk dilakukan, karena jika terlalu berlebihan birahinya atau kurang, maka performanya akan menurun.

Selain itu, rekan-rekan juga bisa membarikan racikan milet yang bisa di buat di rumah dengan menggunakan Milet putih dan bawang putih.

Cara membuatnya antara lain :

  • Siapkan beberapa bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Siapkan air panas dan masukan bawang putih yang di haluskan tersebut
  • Ketika sudah dingin, campurkan milet putih kedalam campuran air dan bawang putih tersebut
  • Tunggu beberapa jam, hingga air bawang putih tersebut meresap ke dalam biji milet

Sebelumnya, milet putih di jemur terlebih dahulu, agar kandungan airnya menurun, agar ketika di campurkan dengan air bawang putih, maka milet tersebut akan banyak menyerap air bawang putih tersebut ke dalam bijinya.

  1. Lovebird latah

Salah satu cara untuk membuat lovebird konslet adalah dengan cara membuatnya latah terlebih dahulu, ketika lovebird tersebut mendengar lovebird lain, maka akan terpancing untuk ngekek.

Untuk itu, perlu di latih lovebird tersebut yang akan di buat konslet jika lovebird peliharaan belum latah.

Lihat Juga : Kumpulan Suara Lovebird Untuk Pancingan

  1. Berikan Untulan

Merawat lovebird konslet membutuhkan pasangan atau untulan untuk mengatur birahinya tersebut, dan untuk perawatan lovebird konslet tergolong mudah, karena lovebird konslet lebih mandiri.

Untuk mempersiapkan lovebird konslet lomba, burung di jemur selama 15 menit bersama unutulannya dan di mandikan bersama untulannya.

Pada saat lomba, lovebird untulannya di pisahkan ke kandang yang berbeda, dan setelah lomba usai, lovebird konslet di satukan kembali dengan pasangan/untulannya tersebut.

Cara merawat lovebird konslet pada penjelasan di atas, bsia dilakukan untuk lovebird yang masih paud dan juga dewasa.

Leave a Comment

error: Content is protected !!