fbpx

Burung Jalak Putih: Ciri-ciri, Habitat, Suara, Makanan, Harga dan Perawatannya

Burung jalak putih merupakan salah satu jenis burung yang di lindungi di Indonesia itu sendiri, namun jika ingin menangkar atau membudidayakan jalak putih black-winged starling (Acridotheres melanopterus) ini harus dengan ijin Daya Alam (BKSDA) Provinsi dan balai Konservasi.

Cukup banyak burung jalak putih yang berada di pasar burung resmi yang bisa anda dapatkan dan sudah memiliki ring sebagai tanda.

Namun, jika jalak putih yang berada di pasaran tersebut tidak memiliki ring, biasanya burung jalak tersebut hasil dari tangkapan liar.

Dengan memiliki jalak putih dari penagkar resmi yang bersertifikat, tentunya anda sudah membantu program pemerintah dalam pelestarian populasi jalak putih.

Ciri-ciri Jalak Putih

Untuk mengetahui ciri-ciri jalak putih, bisa dilihat pada tubuhnya, seperti :

  • Ukuran tubuh 23 cm
  • Warna dominasi bulunya bewarna putih
  • Terdapat warna bulu hitam sedikit pada bagian sayapnya
  • Jalak putih ukuran tubuhnya sedikit lebih kecil dari jalak bali
  • Kulit di area di bagian matanya bewarna biru

Makanan Jalak Putih

Jalak putih menyukai makan dari buah dan serangga, dan untuk daftar makanan yang bisa di berikan pada jalak putih antara lain:

  • Kroto
  • Jangkrik
  • Ulat daun
  • Buah-buahan

Selain pakan di atas, jalak putih juga bisa di latih untuk mau mengkonsumsi pakn dari voer, dengan cara mencapurkan beberapa butir voer ke pakan kroto atau pakan lainnya agar burung terbiasa dengan aroma voer dan voer termakan tidak sengaja karena tercampur dengan kroto dan nantinya burung mau makan voer secara langsung.

Perawatan Harian Jalak Putih

Jalak putih mudah untuk di rawat, dan untuk merawatnya memang harus di lakukan setiap hari dan rutin.

Setiap pagi burung di keluarkan dalam rumah, ketika matahari sudah terbiat sekitar jam 07.00, burung di mandikan dan di jemur selama 1 – 2 jam dan berikan pakan kesukaan yang seperti telah kami sampaikan di atas.

Download Suara Burung jalak Putih

Suara jalak Putih Versi 1 | Download

Suara jalak Putih Versi 2 | Download

Suara jalak Putih Versi 3 | Download

Suara jalak Putih Versi 4 | Download

Cara Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina

Selain dari jenis burung jarak yang membuat harganya berbeda, jenis kelamin jalak putih juga memiliki perbedaan harga.

Nah, jika kalian yang berniat untuk membeli jalak putih jantan atau betina sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang cara membedakannya, agar ketika memilih nantinya tidak salah beli.

  • Tubuh jantan dan betina jalak putih berbeda, dimana anakan jantan burung jalak putih sekitar 1 sampai 3 bulan, bentuk tubuhnya lebih besar di bandingkan betina, karena pertumbuhan tubuh jantan lebih cepat di bandingkan dengan betina
  • Kepala burung jalak putih jantan memiliki bentuk yang lebih besar dari betina
  • Bentuk tubuh jantan jalak putih memiliki fostur tubuh yang tegak dan panjang, sedangkan betina memiliki bentuk tubuh yang pendek dan tidak terlalu tegak ketika berdiri
  • Perhatikan bagian matanya, karena mata jantan jalak putih memiliki warna kuning pekat

Harga Burung Jalak Putih

Burung jalak merupakan salah satu jenis burung yang terkenal dari kalangan pecinta burung, termasuk burung jalak putih ini.

Harga burung jalak memiliki perbedaan masing-masing tergantung jenisnya, seperti harga jalak putih yang memiliki harga yang lebih mahal di bandingkan dengan jenis jalak lainnya, karena jalak putih tergolong langka, sehingga harga jual jalak putih tergolong tinggi.

Untuk penyebaran burung jalak putih di Indonesia, jalak putih biasa di temukan di sumatra, pulau jawa, kalintan dan lombok.

Jenis Jalak PutihHarga Jalak Putih
Jalak Putih Anakan umur 2 – 3 bulanRp = 1.500.000
Jalak Putih BahanRp = 1.500.000 – 1.700.000
Jalak Putih Gacor umur 1 tahunRp = 3.500.000
Jalak Putih Anakan JantanRp = 1.600.000
Jalak Kebo Mata PutihRp = 2.500.000

Nah, demikianlan ulasan kali ini sampaikan tentang daftar harga burung jalak putih yang bisa kalian gunakan referensi jual beli jalak putih.

Namun, harga di atas, bukan patokan utama, karena ada hal lain lagi yang membuat harganya berbeda-beda dari setiap daerah, musim, keturuanan ( trah )  dan lain sebagainya.

Cara Memaster Jalak Putih

Mastering burung jalak putih dengan menggunakan Mp3 memiliki daya tarik tersendiri, dimana si pemilik burung bisa memilih jenis suara yang sesuai dengan minat , selain itu, dengan menggunakan Mp3 juga memiliki keunggulan lainnya, dimana bisa memutar jenis suara yang sama secara berulang-ulang.

Mengulang jenis suara yang sama setiap harinnya hingga beberapa minggu ketika melakukan mastering, memiliki manfaat untuk membuat burung mudah menghafal irama suara masteran yang di putar melalui Mp3 tersebut.

Sebelum mendownload suara masteran jalak putih yang telah kami sediakan di bawah ini, sebaiknya ketika melakukan mastering berlangsung dilakukan dengan cara yang tepat, sehingga burung mau mendengarkannya dan bisa focus pada mp3 yang sedang di putar.

Secara umum, memaster burung memang sama saja, tidak terlalu berbeda. Yang terpenting adalah, ketika memasternya burung mau mendengarkan dan focus pada suara yang di putar melalui mp3 yang telah di sediakan.

Putar suara masteran dengan Volume yang cukup, yang penting burung bisa mendengarkannya dengan baik, dan jangan terlalu keras, karena burung bisa kaget dan juga ketakutan. Selain itu jangan terlalu kecil juga dalam memutar volume suara masteran, dan menyimpannya di tempat yang dekat dengan burung, sehingga setiap kicauan dari mp3 cukup terdengar jelas.

Nah, dalam hal waktu memaster, bisa memilih waktu dimana burung benar-benar sedang bersantai/ beristirahat di sangkar, sehingga burung bisa focus untuk mendengarkan suara masteran dari Mp3 yang di putar dan tidak membalas kicauan dan tidak aktif bergerak.

Berbeda halnya, ketika burung jalak putih di master pada saat sedang aktif-aktifnya, yang ada malah burung tidak mau diam dan akan membalas kicauan. Padahal, agar suara masteran masuk pada burung yang sedang di master, burung harus focus pada pendengarannya, dan menikmati setiap irama kicauan masterannya tersebut.

Lihat Semua : Kumpulan Suara Burung Kicauan

Ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan untuk melakukan mastering burung jalak putih, seperti :

  • Saat fajar hari
  • Siang hari
  • Sore hari
  • Malam hari sekitar jam 18.00 – 20.00
  • Saat mabung

Leave a Comment