Ciri-ciri Poksay Hongkong Jantan dan Betina yang Akurat

Duniakicau.net – Pada tahun 1990an, burung poksay hongkong sangat populer dari kalangan pecinta burung indonesia, namun untuk saat ini, setelah adanya larangan import burung, maka keberadaan burung ini akan sangat sulit di temukan.

Pada saat ini, cukup mulai banyak penjual burung yang menjual poksay hongkong bakalan atau bahan, namun untuk harga poksay hongkong ini harganya setara dengan burung kicau kelas atas, seperti burung wambi dan burung murai batu.

Ciri-ciri Poksay Hongkong Jantan dan Betina

Burung poksay hongkong jantan dan betina memiliki kualitas yang berbeda, terutama untuk kemampuan berkicaunya, dimana suara poksay hongkong jantan suaranya gacor dan banyak variasi kicauan, sedangkan untuk poksay betina jarang bunyi dan sekalinya bunyi, suara kicauannya monoton.

Lihat Juga : Suara Poksay Hongkong Mp3

Untuk mengetahui perbedaan poksay hongkong jantan dan betina memang cukup sulit, karena penampilan fisiknya hampir serupa.

Namun, jika di lihat dengan seksama, ada beberapa perbedaan yang bisa di lihat untuk mengetahui perbedaan poksay hongkong betina dan jantan.

  1. Postur Tubuh Poksay Hongkong

Secara umum, ukuran tubuh jantan lebih besar dari betina, dengan ciri postur tubuh yang tegak dan kepalanya tegak keatas.

Sedangkan untuk poksay betina memiliki ukuran tubuh lebih kecil, postur tubuh bungkuk, serta kepalanya sejajar dengan punggungnya.

Lihat Juga : Poksay Jambul Putih: Ciri-ciri, Habitat, Karakter, Suara dan Perawatannya

  1. Kepala Poksay Hongkong

Penampilan tubuh bagian leher, paruh, kepala dan mata poksay hongkong terlihat garang dan gagah, dengan ciri-ciri matanya melolot, kepalanya berukuran besar, bulu pada bagian pangkal paruh tebal dan lehernya ukurannya panjang.

  1. Warna Bulu Poksay Hongkong

Warna bulu poksay hongkong jantan dan betina hampir keseluruhan bewarna abu-abu yang kecoklatan, untuk bagian bulu sekitar mata bewarna hitam, leher depan bagian depan warna hitam, memiliki warna putih di bagian pipinya yang sering mengembang, serta memiliki warna leher bagian belakang yang ke abu-abuan hingga batas punggungnya.

Tapi dari ciri-ciri yang di sebutkan di atas, ada beberapa bulu yang hanya terdapat dari jantan burung poksay saja, seperti bulu pada sekitar bagian anusnya bewarna kemerahan, dan betina poksay tidak memiliki warna bulu tersebut.

Baca Juga : Cara Menjinakan Burung Poksay

  1. Karakter

Dilihat dari sisi karakter poksay hongkong jantan dan betina, jantan poksay hongkong memiliki karakter yang mudah untuk jinak.

  1. Menggunakan Cermin

Cara mengetahui poksay hongkong jantan dan betina bisa menggunakan cermin, dimana cermin besar di dekatkan dengan sangkar burung, hingga bayangan burung terlihat burung poksay tersebut.

Perhatikan reaksi poksay tersebut, Jika  poksay hongkong bereaksi dengan mengeluarkan gaya membuka sayap, berdiri tegak dan mengeluarkan suara mengerang keras dan sambil nyiul, kemungkinan besar jenis kelaminnya jantan.

  1. Memancing dengan Suara

Pancing burung dengan menggunakan suara poksay betina, jika poksay tersebut mengeluarkan suara mengerang keras dan suara siulan, maka poksay hongkong  tersebut jantan, dan jika hanya menyahuti dengan suara kicauan yang pelan, maka kemungkinannya betina.

Nah demikianlah tips yang bisa admin berikan seputar ciri-ciri poksay hongkong jantan dan betina dengan melihat ciri fisik, karakter dan cara mengetahuinya.

Leave a Comment