fbpx

Burung Jalak Kebo: Suara, Harga, Ciri, Karakter, Habitat dan Cara Merawatnya

Burung yang memiliki rambut klimis pada bagian pangkal paruh ini memiliki warna dominan tubuhnya bewarna hitam.

Jalak kerbau merupakan julukan dari jenis burung jalak yang satu ini, karena ketika di alam liar, burung ini kerap kari hidup berdampingan dengan kerbau (Acridotheres javanicus) , orang jawa sering menyebutnya jalak kebo, sedangkan orang bule sering menyebut jalak kerbau white-vented myna.

Pada kesempatan kali ini, duniakicau.net akan membahas tentang burung jalak kerbau, mulai dari suara, harga, karakter, habitat, jenis, perbedaan jenis kelamin jantan dan betina, makanan dan cara perawatannya.

Kebiasaan dan Karakter Jalak Kebo

Jalak kebo biasa tinggal atau di temukan di pematang sawah, hutan primer, hutan sekunder dan sekitar perkebunan.

Kebiasaan berada di atas tubuh hewan kerbau memiliki tujuan untuk mencari makanan, seperti serangga, kutu, lalat dan juga untuk tempat berlindung dari hewan penggangu bagi jalak kebo seperti alap-alap kawah.

Gaya berkicau jalak kerbau cukup unik, dimana burung sering anggup-anggukan kepala dan mengankat jambul yang berada di kepalanya.

Habitat Jalak Kerbau

Perbaran jalak kebo di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, di bali, jawa dan sumatera.

Di beberapa Negara, jalak kebo sering di anggap hama, karena jumlahnya banyak, karena mudah berkembang biak.

Untuk di Negara lainnya sering di gunakan obat dan untuk di Jawa sendiri, jalak kebo sering di jual belikan karena memiliki harga yang cukup lumayan.

Jenis jalak Kebo

Jalak kebo memiliki dua jenis, seperti jalak kebo iris mata putih dan iris mata kuning dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Jalak Kebo Mata Putih

Kelebihan jalak kebo mata putih mampu menirukan suara manusia, sekata dua kata, namun tidak sebagus burung beo dan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jalak kebo yang memiliki iris mata kuning.

Kekurangan jalak kerbau mata putih jarang berkicau.

Kelebihan dan Kekurangan  jalak kebo Mata Kuning

Ukuran tubuh jalak jebo iris mata kuning rajin berkicau dan pandai menirukan suara kicauan burung lainnya, dan memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari jalak kebo iris mata putih.

Cara Menjinakan Jalak Kerbau

harga jalak kebo

Jalak kebo memiliki karakter yang cukup mudah untuk di jinakan, hanya perlu membiasakan dengan kehidupan manusia.

Untuk cara menjinakannya, cukup dimandikan setiap hari hingga basah kuyup tubuhnya dan alangkah baiknya di mandikan dengan cara di pegang, namun anda juga bisa memandikannya dengan cara memasukan ke keramba untuk mandi sendiri dan mandi semprot.

Perbedaan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Ciri Jalak Kebo Jantan :

  • Pada saat berkicau, sering mengangguk-anggukan kepala dan membuka jambulnya
  • Warna bulunya lebih tegas dan cerah
  • Pangkal paruh jantan terdapat jambul
  • Ukurang jari kaki panjang
  • Terdapat bulu rapi pada bagian kening
  • Jambul rambul mengkilap
  • Warna putih pada garis sayap lebih cerah

Ciri jalak Kebo Betina :

  • Ukuran tubuhnya terlihat kecil dari jantan
  • Jarang mengangkar jambul dan jarang mengangguk-ngangukan kepalanya ketika berkicau
  • Kepala betina lebih kecil di bandingkan jantan
  • Tidak memiliki jambul pada pangkal paruhnya
  • Warna bulu hitamnya tidak setegas jantan dan cenderung pudar
  • Jari kaki pendek
  • Kicauannya kurang bervareatif dan monoton
  • Bulu keningnya kurang rapih
  • Warna bulu putih pada bagian sayapnya tidak terlalu bersih

Cara Merawat Burung Jalak Kebo

Untuk membuat jalak kebo rajin bunyi bisa mengatur asupan makanan dan perawatan lainnya, seperti :

  • Pagi hari burung di keluarkan dari dalam rumah dan gantang di luar untuk mendapatkan udara segar dan sinar matahari
  • Beberapa menit setelah itu, burung di mandikan sekalian pakan dan air minumnya di ganti, lalu berikan buah pepaya atau pisang
  • Di angin-anginkan beberapa menit setelah di mandikan sambil memberikan 1 -2 ekor ulat hongkong dan jangkrik 5 ekor , lalu di jamur selama 1 – 2 jam
  • Pada jam 10.00 – 15.00 burung di istirahatkan dengan menyimpannya di tempat yang teduh
  • Sore hari, jalak kebo di mandikan, di angin-anginkan dan di jemur kembali sambil memberikan 5 ekor jangkrik

Cara Memilih Burung Jalak Kebo

Memilih jalak kebo, tentunya tidak memiliki cacat fisik merupakan hal yang penting untuk dilakukan, selain itu biasanya ciri burung yang berkualitas juga mempengaruhi bentuk tubuh, sehingga tubuhnya tumbuh dengan sempurna, mulai dari kaki hingga kepala.

  • Bentuk kepala yang bagus untuk anakan jalak kebo yang bisa kalian pilih, maka pilihlah jalak kebo yang memiliki bentuk kepala yang besar dan terlihat kotak,karena biasanya menandakan burung tersebut berjenis kelamin jantan dan dapat mengeluarkan kemampuan berkicau yang lantang, keras dan kuat
  • Pilihlah bentuk tubuh burung jalak kebo yang terlihat membusung dadanya atu tegak, karena menandakan burung memiliki mental yang baik,terutama memilih burung jalak kebo dari obyokan
  • Selain itu, pilihlah burung yang terlihat lebih aktif dari jalak kebo lainnya, dan sering mengeluarkan kicauan
  • Burung jalak kebo yang baik, memiliki bentuk tubuh yang proforsional, mulai dari ekor, leher, sayap dan badannya seimbang
  • Burung jalak kebo yang sehat, memiliki cengkraman kaki yang kuat, maka perhatikan terlebih dahulu cengkaram kaki burung ketika ingin membelinya
  • Pilih Burung lebih galak di bandingakan dengan jalak kebo lainnya, jika di beli dari obyokan. Karena menandakan burung tersebut memiliki mental yang lebih baik dari burung jalak lainnya

Itulah beberapa ciri-ciri yang bisa dijadikan referensi untuk memilih jalak kebo sebelum membelinya, agar ketika di pelihar dapat prosfek untuk mengeluarkan kicauan terbaik seperti yang di inginkan.

Daftar Harga Burung Jalak Kebo

Burung jalak kebo memiliki cukup banyak peminatnya, karena untuk jenis kalak kebo tertentu memiliki kemampuan untuk menirukan suara manusia.

Bicara tentang jenis burung jalak kebo, ada 2 jenis yang terkenal dari kalangan kicaumania, yaitu jalak kebo yang memiliki iris mata kuning dan jalak kebo yang memiliki iris mata bewarna putih.

Namun, apapun jenis jalak kebo, entah itu yang memiliki iris mata kuning atau iris mata putih, kemampuan berkicau menjadi salah satu hal yang membuat harganya menjadi tinggi, semakin bagus suaranya, maka akan semakin tinggi nilai jualnya.

Dan biasanya ada beberapa kicaumania yang memilik bakalan atau anakan jalak kebo untuk di pilih, selain memiliki harga yang murah, anakan jalak kebo lebih mudah untuk dirawat meskipun kemampuan dalam hal berkicaunnya perlu untuk di latih yang bisa membutuhkan waktu yang relatif lama.

Jenis Jalak KeboHarga Jalak Kebo
Jalak Kebo mata kuningRp = 150.000 – 300.000
Jalak Kebo gacorRp = 250.000 – 450.000
Jalak Kebo bahan/bakalanRp = 75.000
Jalak Kebo jantanRp = 100.000
Jalak Kebo mata putihRp = 100.000
Jalak Kebo sudah gacorRp = 150.000
Jalak Kebo sudah bisa bicaraRp = 500.000

Kumpulan Suara Burung jalak kebo Mp3

Dalam memelihara burung kicauan untuk mendapatkan kualitas suara yang baik, tentunya bagi para pemilik burung membutuhkan perawatan harian yang rutin untuk dilakukan, termasuk melakukan masteran itu sendiri. 

Dibawah ini merupakan kumpulan suara burung jalak kebo yang bisa di download untuk membantu meningkatkan kemampuan burung jalak kebo dalam berkicau, yang bisa di pilih untuk di perdengarkan pada burung kesayangan anda.

Suara Masteran Jalak Kebo Versi 1 | Download

Suara Masteran Jalak Kebo Versi 2 | Download

Suara Masteran Jalak Kebo Versi 3 | Download

Suara Masteran Jalak Kebo Versi 4 | Download

Nah, di atas merupakan contoh suara jalak kebo yang bisa di pilih untuk dgunakan dalam melakukan masteran burung jalak kebo kasayangan anda.

Namun , dalam melakukan masteran, bukan hanya tentang memutar suara jalak kebo pada burung kesayangan anda saja, akan tetapi membutuhkan tips yang harus dilakukan, agar nantinya burung mampu berkicau seperti yang di inginkan.

Sebelum memutar suara burung jalak kebo, maka sebelumnya bisa dengan memperhatikan situasi dan kondisi itu sendiri,dan untuk kondisi burung itu sendiri dalam memilih waktu yang tepat dalam melakukan masteran, maka membutuhkan waktu dimana burung dalam keadaan santai atau istirahat, karena pada momen seperti itu, burung akan bisa focus mendengarkan suara kicuan masterannya dan menikmati irama kicauan masterannya.

Hindarilah untuk memaster burung jalak kebo dalam keadaan aktif, karena pada saat tersebut justru burung tidak bisa mendengarkan suara masterannya untuk di tirukan, akan tetapi burung akan cenderung membalas kicauan dari suara masterannya dan terlihat ogah untuk mendengarkannya, dan memilih untuk membalas kicauan khas yang dimilikinya.

Setelah burung terlihat istirahat pada kandangnya, maka pemilik burung bisa langsung melakukan masteran, dan pastikan lingkungan yang dilakukan masteran, bebas dari gangguan yang dapat membuat burung merasa tidak nyaman dan takut, seperti adanya gangguan dari hewan predator, dan suara berisik. Dan lain sebagainya.

Namun , perhatikan kembali, apakah burung tersebut diam dalam keadaan sehat atau sakit, karena ketika burung sakit maka hindari untuk memasternya, sebaiknya sembuhkan terlebih dahulu hingga burung jalak kebo benar-benar sehat.

Leave a Comment