Cara Merawat Burung kenari Bakalan Agar Rajin Berbunyi Gacor

 

Burung kenari memiliki banyak peminat yang cukup banyak di Indonesia, karena memiliki keunikan yang dimilikinya, entah itu seseorang merawat burung kenari karena fostur tubuhnya, warna dari kenari dan juga di pelihara karena tertarik dengan suara nyanyian khasnya.

Para kicaumania dalam merawat burung itu sendiri ada yang memilih kenari yang sudah jadi dan juga yang lebih memilih memeliharanya yang masih bakalan atau anakan, karena memiliki harga yang murah, dan juga karena lebih suka seting burung kenari dari kecil dan ketika burung tersebut mendapatkan kicauan terbaik sesuai dengan keinginan, maka menjadi kepuasan tersendiri ketika sudah mencapainya.

Dalam memelihara burung kicauan, apapun jenisnya, untuk mendapatkan kuialitas terbaik dari burung peliharaan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar, perlu kesabaran dan keuletan dari pemilik burung itu sendiri, sehingga burung mampu berkicau dengan maksimal, terlebih burung tersebut di pelihara yang masih anakan.

Namun , yang pasti dalam pemeliharaannya tersebut , burung mampu mendapatkan kualitas terbaiknnya agar burung mampu mengeluarkan kicauan terbaik yang sesuai dengan tujuan perawatan burung itu sendiri.

Cara Merawat Burung kenari Bakalan Agar Rajin Berbunyi

Perawatan burung kenari, memang memiliki tujuan masing-masing, terlebih burung tersebut di pelihara untuk membuatnya menjadi rajin berkicau seperti kenari anakan yang anda miliki tersebut.

  1. Masteran Burung Kenari

Memaster burung menjadi hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan kualitas terbaik dari burung kicauan, seperti kenari anakan ini. Untuk melakukan masteran, bisa dengan menggunakan Mp3 atau juga menggunakan burung langsung.

Untuk mendapatkan suara burung kenari , maka bsia dengan melihat di halaman ini , Suara masteran burung kenari .

Untuk memaster burung kenari bisa dengan memutar suara masterannya tersebut pada saat burung dalam keadaan beristirahat, karena dengan memutar pada saat burung dalam keadaan istirahat, burung bisa focus mendengarkan suara masterannya tersebut, dibandingkan dengan ketika burung kenari dalam kondisi aktif yang cenderung burung tidak mau mendengarkan suara kicauan dan hanya membalas kicauannya dan juga bergerak aktif.

Dan bagi anda yang memungkinkan memaster dengan menggunakan burung langsung, maka bisa membeli atau meminjam pada teman yang memiliki kenari yang sudah gacor, atau membeli kenari anakan lagi agar membuatnya saling bersautan untuk berkicau.

  1. Seting pakan kenari

 Pakan yang di berikan dalam jumlah yang cukup untuk burung kicauan, tentunya harus diberikan berbagai macam jenis makanan yang diberikan pada burung itu sendiri, terlebih pakan tersebut diberikan untuk membuatnya menjadi rajin berkicau.

Ciri-ciri pakan yang cukup adalah bisa di lihat dengan burung yang memiliki berat badan yang ideal, tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus dan membuatnya menjadi aktif dan rajin untuk berkicau.

Burung kenari merupakan jenisb burung peliharaan pemakan biji-bijian, dan kalian bisa memberikan pakan tersebuit 1/3 cepuk dalam pemberian pakannya tersebut, dan pakan lainnya seperti yang di jelaskan di bawah ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya.

Baca juga : Cara merawat burung kenari mabung

  • Telur rebus

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi, dan ketika diberikan pada burung kenari dapat membuat stamina burung menjadi meningkat, membuatnya rajin berkicau  dan juga baik untuk perkembangan burung kenari, terlebih burung tersebut dalam masa pertumbuhan.

Berikan pakan dari telur rebus tersebut beberapa minggu sekali sebagai makanan tambahan untuk memberikan kebutuhan protein perminggunya yang tidak tercukupi dari pakan harian yang biasa diberikan.

  • Ekstra Fooding

Selain pakan dari biji-bijian, burung kenari juga menyukai makanan dari sayur dan buah-buahan yang bisa di berikan setiap hari yang disediakan pada kandang dan simpan dalam wadah yang berbeda dari pakan biji-bijian.

Cacah pakan dari Ekstrafooding tersebut hingga kecil dan simpan di kandang agar burung bisa memakannya dengan mudah.

Selain itu, berikan sayuran dan buah-buahan, burung kenari juga suka mengkonsumsi makanan dari dedaunan, namun tidak semua pakan bisa dikonsumsi oleh burung kenari, maka anda bisa memberikan berupa daun dewa, daun mengkudu dan juga darun krotot., daun tersebut selain disukai oleh burung kenari, akan tetapi memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas suara kicauan dari burung itu sendiri dan membuat suaranya menjadi terdengar jernih dan lebih lepas.

  1. Merawat burung kenari

Cara merawat burung kenari anakan, tentunya di pengaruhi oleh berbagai macam hal, seperti melakukan perawatan harian yang dilakukan, seperti memandikan kenari, menjemur, membersihkan dan memberihkan kandang.

Dengan memandikan dan menjemur kenari, tentunya memiliki banyak manfaat yang dapat membuat burung menjadi segar bugar dan juga memberishkan bulu yang kotor yang mungkin banyak kutu, bakteri, kuman dan hal-hal lainnya yang dapat membuat burung terganggu kesehatannya dan juga membersihkan kandang untuk menghindari penyakit yang bersarang pada kandang yang kotor.

  1. Suplemen Burung

Tidak semua burung kenari membutuhkan suplemen, namun bagi burung kenari yang memiliki kebutuhan gizi yang kurang, maka bisa dengan memberikan suplemen untuk burung, sehingga membuatnya menjadi gacor.

Mungkin dalam pemberian pakan yang biasa di berikan belum membuat burung menjadi gacor, sehingga membuatnya jarang untuk berbunyi, maka suplemen bisa diberikan untuk mendorong burung untuk gacor.

Demikianlah, cara merawat burung kenrai bakalan agar rajin gacor dengan perawatan yang telah di sampaikan di atas. Namun , penting untuk di ketahui, untuk melakukannya membutuhkan perhatian khusus setiap harinya dan perawatan yang tepat hingga burung mendapatkan kondisi terbaiknya dan burung bisa berkicau dengan baik pula.

Leave a Comment