Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina Anakan dan Dewasa

Mengetahui jenis kelamin burung kenari tentunya harus dimiliki oleh para kenarimania, dimana nantinya akan mempermudah pemiliknya untuk merawat hingga untuk kebutuhan beternak.

Dalam hal memilih burung kenari untuk di ikut lombakan, tentunya harus memiliki kenari yang berjenis kelamin jantan, karena kemampuan berkicaunnya lebih baik daripada betina, selain itu ketika ingin beternak juga mengharuskan pengetahuan yang tepat untuk mengetahui jenis kelamin kenari agar burung bisa berjodoh dan bertelur hingga burung bisa berkembang biak.

Dalam pembahasan kali ini tentunya kita akan mengulas tentang cara mengetahui jenis kelamin burung kenari yang masih anakan dan juga yang sudah dewasa, karena mengingat setiap orang yang ingin membeli burung kenari, ada yang ingin memelihara yang masih anakan dan juga yang sudah dewasa, tergantung kebutuhan dan tujuan masing-masing.

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina Dewasa

Untuk mengetahui burung kenari jantan dan betina yang sudah dewasa pada penjelasan ini tentunya sudah dewasa, sekitar berumur 7 bulan keatas, karena ketika burung kenari sudah dewasa memiliki karakter yang berbeda antara jantan dan betina dengan melihat ciri fisik dan perilaku.

Selain kualitas kicauan yang berbeda antara jantan dan betina, dalam hal kematangan birahinyapun akan berbeda pula antara jantan dan betina. Misalkan ketika betina kenari sedang birahi maka akan memiliki perilaku dimana ketika mendengar suara kenari jantan akan membuat kenari betina menggetar-getarkan sayapnya sambil mengangkat ekor dan kepalanya ( seperti terlihat nungging ).

Dan untuk mengetahui perbedaan kenari jantan dan betina lainnya bisa dilihat ciri-cirinya, seperti :

  • Bulu jantan lebih cerah dan tegas di bandingkan betina
  • Kloaka burung kenari betina terlihat merah dan membesar ketika sedang siap kawin
  • Burung kenari jantan akan lebih agresif ketika siap kawin, sedangkan untuk kenari betina akan sibuk menyusun sarang dan mengumpulkan bahan untuk membuat sarangnnya
  • Tubuh kenari jantan lebih tegak, ramping dan atletis
  • Tubuh kenari betina memiliki bentuk kepala dan tubuh yang kecil serta tubuhnya yang terlihat bulat
  • Kenari jantan akan sering meloloh kenari betina
  • Kualitas suara kicauan jantan lebih vareatif dan Panjang
  • suara betina hanya memiliki suara calling atau suara panggilan pada umumnya, dan meskipun memiliki suara betina mirip suara jantan, tidak sepanjang dan bervareatif kicauan jantan, dan itu juga biasanya terjadi pada burung kenari betina yang sudah dewasa

Cara Mengetahui Burung Kenari Jantan dan Betina Anakan

Mungkin sebagian dari kenarimania akan mudah mengetahui kenari jantan dan betina yang sudah dewasa, namun masih banyak yang kesulitan untuk membedakan kenari jantan dan betina yang masih anakan, karena perbedaannya masih belum terlalu kontras, seperti warna bulu dan kemampuan berkicau.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Burung kenari Stres

  • Untuk cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin kenari anakan adalah dengan menekan sarangnya menggunakan telunjuk anda, jika burung tersebut di tekan sarangnya, kepala anakan kenari mengangkat dan ekor maka jenis kelamin kenari tersebut jantan, sedangkan untuk burung diam saja dan hanya melihat anda, maka kemungkinan kenari tersebut berjenis kelamin betina. Namun, dengan catatan untuk mengecek kelamin burung kenari dengan cara ini, pastikan terlebih dahulu burung tersebut sudah memiliki bulu pertamananya
  • Pindahkan anakan burung kenari tempat yang memiliki dasar handuk atau bahan lainnnya yang tidak licin. Jika, burung kenari anakan tersebut meloncat langsung ketika di pindahkan ke alas handuk tersebut, maka kemungkinan besar kenari tersebut berjenis kelamin jantan,akan tetapi jika kenari anakan tersebut malah diam saja, maka kemungkinannya berjenis kelamin betina
  • Perhatikan jari kaki dan pusat kaki kenari anakan, karena jari kaki jantan lebih Panjang dibandingkan dengan betina

Nah, demikianlah penjelasan kali ini untuk mengetahui kenari betina dan jantan yang masih anakan hingga kenari dewasa.

Leave a Comment