Cara Merawat Burung Kenari Mabung Agar Cepat Selesai

Pergantian bulu lama dengan bulu baru menjadi suatu hal yang akan terjadi pada burung kenari, dan tentunya untuk merawatnya perlu untuk di ubah sesuai dengan kondisi tersebut, dimana perawatanyang dilakukan khusus untuk pengananan burung mabung.

Berbeda halnya burung ketika ingin digacorkan agar membuatnya menjadi rajin berkicau, salah satu focus utama dalam perawatannya adalah untuk membuatnya menjadi rajin berkicau setiap hari.

Namun , untuk merawat burung yang sedang mabung, burung butuh perawatan yang membuat burung menjadi focus pada mabungnya dengan membuatnya menjadi banyak berdiam diri untuk menghemat energy dalam focus merontokan dan pertumbuhan bulunya.

Hal yang menjadi ciri-ciri burung sedang mabung adalah, dimana burung akan menjadi pendiam seribu bahasa dan tidak banyak melakukan aktifitas. Dan kondisi tersebut merupakan kondisi yang benar-benar terbaik, sehingga burung focus pada proses mabungnya.

Adapun aktifitas lainnya, seperti rajin untuk berkicau dan aktif bergerak sebaiknya di hindari sebaiknya jangan dimiliki oleh kenari yang sedang mabung, jadi pastikan burung dalam benar-benar keadaan drop.

Cara Merawat Burung Kenari Mabung

Ada beberapa hal yang menjadi hal yang harus di perhatikan sebelum merubah perawatan yang tadinya untuk di gacorkan dan merubahnya ke pola perawatan saat mabung, salah satunya dengan melihat beberapa ciri-ciri kenari mabung, seperti :

  • Bulu sayap dan bulu ekor terlihat kusam dari biasanya
  • Intensitas kicauan burung kenari berkurang
  • Bulu halus kenari sudah mulai banyak yang berjatuhan

Setelah terlihat tanda-tanda burung sudah memasuki fase mabung, maka bisa dengan merubah perawatannya yang sebentar lagi akan di ketahui pada penjelasan di bawah ini dan bisanya kenari mabung akan memakan waktu selama 1 sampai 3 bulan untuk menjalani pergantian bulu lama ke bulu barunya tumbuh kembali.

Lihat Juga :

  1. Isolasi

Isolasi kenari yang sedang mabung bertujuan agar burung bisa dengan beristirahat dengan total dan jauh dari berbagai macam aktifitas sebelumnya, dan pastikan tempat untuk menyimpan burung kenari mabung tersebut di lingkungan yang nyaman dan tenang, dan juga jauh gangguan gangguan hewan predator atau tempat yang terlalu ramai.

  1. Full Krodong

Untuk melengkapi burung mendapatkan kenyamanan ketika disampan di tempat yang nyaman ,dan juga guna untuk membuat suhu sangkar menjadi stabil,  sehingga burung tidak kepanasan dan kedinginan yang disebabkan factor lingkungan.

  1. Jangan di jemur dan dimandikan

Aktifitas memandikan dan menjemur burung sedang mabung bisa menghambat perontokan bulu lama dan menghambat  pertumbuhan bulu. Dan jika ingin memandikan dan menjemurnya, lakukan ketika pertumbuhan bulu jarumnya sudah terlihat lebat untuk membersihkan ketombe, membersihkan dan juga menyegarkan tubuhnya.

  1. Pakan

Pakan tetap di berikan seperti pada biasa yang dikonsumsi kenari anda miliki. Berikan pakn dari salada, oyong, sawi hijau dan sawi putih,pir, apel merah dan berikan pakan lainnya seperti telur puyuh rebus sebanyak 3 butir selama 3 hari dari setiap perminggunya dan 1 minggu sekali berikan 1 sendok makan kroto.

  1. Masteran

Ketika burung sedang nyulam dengan pertumbuhan bulu jarum yang sudah terlihat, maka lakukan masteran untuk meningkatkan kemampuan berkicau dengan menggunakan burung langsung atau dengan menggunakan media audio Mp3.

Leave a Comment