Cara Merawat Burung Anis kembang Agar Cepat Ngeplong dan Ngerol

cara merawat anis kembang

Ngeplong dan ngerol menjadi salah satu kicauan yang mampu di keluarkan kicauannya oleh burung anis kembang, dan tentunya untuk memaksimalkan kemampuan dari burung itu sendiri membutuhkan perawatan yang rutin dan tepat untuk membuat burung mendapatkan kualitas yang terbaik dari perawatan yang di lakukan oleh pemilik burung itu sendiri.

Banyak orang yang memiliki anis kembang untuk di pelihara dan beraharap burung tersebut mampu berkicau dengan sangat baik dan memang dalam prakteknya tidak semua orang mampu membuat burung kesayangannya tersebut berkicau seperti yang di inginkan pemiliknya dan ada beberapa orang yang berhasil membuatnya gacor.

Meskipun melakukan  perawatan anis kembang secara rutin, antara yang berhasil dan gagal dalam membuat burung menjadi gacor, tentunya di pengaruhi dari beberapa penyebab dan cara melakukan perawatan berbeda-beda yang mungkin itulah salah satu penyebab anis kembang kesayangan anda kurang rajin berkicau yang sebentar lagi akan kalian ketahui setelah membaca pembahasannya di bawah ini.

Cara Memilih Burung Anis Kembang

Sebelum melakukan perawatan anis kembang, maka sebelum memutuskan untuk memeliharanya memperhatikan poin-poin penting , karena mungkin saja dalam memilih anis kembang yang tidak tepat menjadi factor anis kembang anda jarang untuk berkicau.

  • Ciri-ciri anis kembang yang baik adalah di mana anis kembang tersebut memiliki bulu dan tubuh yang tidak cacat , memiliki nafsu makan yang besar, terlihat aktif .
  • Perhatikan mata dari anis kembang tersebut dengan memilih bentuk mata yang terlihat menonjol jika dilihat dari depan dan memiliki bentuk kepala yang ceper dan tidak bulat
  • Perhatikan bagian dada tengah dari anis kembang. Karena dada anis kembang jantan lebih menonjol dari dada bagian kanan dan kirinya. Sedangkan anis kemang betina terlihat sama rata antara dada bagian kanan , kiri dan tengah
  • Perhatikan fostur tubuh anis kembang. Pilihlah fostur tubuh anis kembang pejantan yang terlihat tegap atau membusung dadanya. Karena anis kembang betina memiliki fostur yang membungkuk dan juga dan tubuh bulat
  • Karena anis kembang pejantan terlihat membusungkan dada ketika berdiri, maka bulu kakinya akan terlihat jelas di bandingkan betina yang selalu membungkuk karena terhalang bulu dadanya. Hal tersebut bisa dijadikan patokan bahwa burung tersebut memiliki kelamin jantan
  • Lihat kondisi burung dalam ketika dalam keadaan ngeriwik keras yang terlihat paruhnya terbuka separuhnya, bahwa menandakan anis kembang tersebut berkelamin jantan

Cara Merawat Burung Anis kembang

Salah satu hal penting, terlebih burung anis kembang tersebut di pelihara untuk lomba kicauan agar mampu mengeluarkan kicauan khasnya dengan baik, maka untuk mengawalinya dengan memilih berjenis kelamin jantan karena memiliki suara kicaun jantan lebih baik dari betina.

Banyak hal yang dapat membuat Anis kembang menjadi ngerol, salah satunya selain dari kelamin pejantan, burung jantan yang sudah birahi menjadi salah satu yang dapat membuat burung menjadi rajin untuk berkicau ngerol.

Selain itu dengan mendekatkan burung anis kembang betina yang sudah birahi saja, maka anis kembang jantan yang sudah dewasa akan mendorongnya menjadi ngerol juga atau bisa dengan mendekatkan anis kembang jantan.

Namun , hal tersebut tidaklah cukup untuk membuat anis kembang berkicau dengan baik, maka membutuhkan perawatan harian, seperti :

  1. Ekstrafooding

 Ekstrafooding yang bisa di berikan pada burung anis kembang antara lain, seperti jangkrik, kroto,cacing dan lain sebagainya.

Kandungan protein yang tinggi dapat mendoongkrak stamina burung dan birahi burung menjadi meningkat, sehingga cocok di berikan bagi anis kembang yang terlihat jarang aktif dan rajin berkicau.

Selain itu guna pemberian pakan Ekstrafooding untuk meningkatkan birahi agar membuatnya rajin untuk berkicau, akan tetapi dalam pemberian Ekstrafoodingnya jangan berlebihan, karena bisa membuatnya menjadi over birahi.

Sebagai referensi, maka kalian bisa memberikan 3 ekor jangkrik setiap harinya dan berikan pakan dari cacing dan 1 sendok ktoro 3 kali dalam seminggu secara bergantian.

Baca juga : Cara merawat anis kembang mabung

  1. Pengembunan

pengembunan dilakukan pada pagi hari sekitar jam 07.00 sebelum burung tersebut dimandikan .

Sambil memandikan burung anis kembang, maka bisa dengan membersihkan kandangnya yang kotor untuk menghindari berbagai macam penyakit muncul karena kandang yang kotor.

  1. Memandikan dan Menjemurnya

Setelah pengembuanan selesai selama 30 menit, maka selanjutnya adalah dengan cara menjemurnya, yang bisa dilakukan mulai dari jam 07.30 hingga jam 11.00 siang. Menjemurnya bisa dilakukan selama 1 hingga 2 jam dan sambil menjemurnya bisa dengan memberikan 2 ekor  jangkrik.

  1. Mengangin-nganginkan

Setelah di jemur hingga bulunya menjadi kering, maka angin-anginkan burung dan memindahkannya ke tempat yang sejuk, lalu krodong kandang dan masukan anis kembang ke dalam kandang.

Pada saat mengkrodong burung anis kembang, maka bisa dengan melakukan pemasteran, karena pada saat tersebut, burung dalam keadaan istirahat, sehingga bisa dengan focus mendengarkan suara masterannya.

Untuk yang belum memiliki suara masteran burung anis kembang, maka bisa dengan mendownloadnya di halaman lainnya. Lihat : Download Suara burung Anis kembang Mp3 untuk mansteran.

  1. Mengangin-nganginkan dan membuka krodong

Ketika waktu menunjukan jam 15.00, maka bisa dengan membuka krodong dan menyimpannya di luar rumah untuk di angin-anginkan sambil memberikan pakan jangkrik sebanyak 1 ekor. Setelah jam 18.00, maka bisa memsukannya kembali kedalam rumah dan mengkrodong kandang hingga pagi hari agar bisa beristirahat total.

Cara Merawat Burung Anis kembang Agar Cepat Ngeplong dan Ngerol | duniakicau | 4.5