Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Pleci Macet Bunyi Agar Gacor kembali

Dalam memelihara burung pleci, terdapat perbedaan dalam melakukannya, karena dari berbagai kondisi tertentu, burung membutuhkan perhatian khusus atau melakukan perawatan yang di butuhkan, sesuai dengan kebutuhan burung itu sendiri, termasuk kebutuhannya dalam mengembalikan burung mau berkicau kembali.

Memang benar, terkadang bagi para pemilik burung, akan menjadi jengkel, ketika burung yang sudah gacor tersebut mendadak banyak berdiam diri tiba-tiba, padahal untuk membuatnya gacor tidak sedikit waktu yang dibutuhkan dalam merawatnya.

Salah satu hal yang menjadikan burung memiliki kesehatan fisik dan mentalnya adalah dengan memberikan pakan yang nilai Gizi cukup untuk kebutuhan burung.

Burung pleci merupakan jenis burung yang aktif bergerak. Ketika di alam liar, burung akan mengkonsumsi banyak makanan yang disukainya, dan untuk menambah energy, sebagai asupan tambahan, burung pleci sering mengkonsumsi nekstar, untuk membuatnya memiliki energy yang cukup untuk membuatnya tetap aktif bergerak dan berkicau.

Namun , jika di pelihara di penangkara, tentunya kebutuhan nutirsinya tergantung dari pemiliki burung, jadi ketika anda memiliki burung pleci, maka sebaiknya penting sekali memberikan asupan makanan yang cukup yang di sediakan setiap harinya.

Penyebab Burung Pleci macet Bunyi

Selain pakan, yang memiliki peranan membuat burung menjadi rajin gacor, adapula beberapa kondisi, dimana kondisi tersebut dapat membuat burung menjadi malas berkicau, seperti :

  • Burung dalam keadaan mabung, dimana proses perontokan dan pertumbuhan bulu membutuhkan energy yang cukup, sehingga burung akan banyak menghabiskan waktunya untuk berdiam diri agar pertumbuhan bulunya tidak terganggu
  • Burung terkena penyakit, seperti di sebabkan oleh kandang yang kotor sehingga burung terserang bakteri atau kuman dan juga pemberian pakan yang tidak baik, seperti pakan yang kotor atau pakan yang sudah basi
  • Burung trauma sehingga menyebabkannya stress, karena sangkar jauh, atau burung pleci ketakuatan dengan adanya hewan predator yang membuatnya tidak nyaman
  • Burung pleci tidak memiliki teman, atau di pelihara hanya 1 ekor saja

Cara Mengatasi Burung Pleci Macet Bunyi

Untuk mengatasi pleci macet bunyi, adalah dengan mengembalikannya ke kondisi terbaiknya, seperti membuat kesehatan fisik dan mentalnya lebih baik, seperti semula.

  1. Pengembunan Pleci Macet bunyi

Ketika pagi hari, sebelum mathari terbit, burung pleci di keluarkan dan di gantang di luar rumah untuk di embunkan. Dengan pengembuanan secara rutin, dapat mengembalikan kesehetan mentalnya yang stress/drop.

Sambil pengembunan, burung pleci di berikan pakan kroto sebanyak 1 sendok teh, agar membuat burung mau terpancing untuk bunyi.

  1. Memandikan Pleci macet Bunyi

Ketika matahari sudah muncul, maka mandikan burung dengan air bersih. Akan tetapi air yang digunakannya tersebut merupakan air yang lebih dingin dari sebelumnya yang di ambil dari kulkas.

Setelah dimandikan, burung di keringkan dengan acara di angin-anginkan hingga bulunya kembali kering samba memberikan pakan jangkrik atau ulat hongkong putih.

Ketika sore hari, burung pleci dimandikan kembali dengan menggunakan air dingin dari kulkas, dan berikan pakan jangkrik dan ulat hongkong putih ketika sedang di angin-anginkan.

  1. Menjemur Pleci

Ketika bulunya sudah kering, maka burung pleci tersebut di jemur di bawah sinar matahari pagi selama 2 jam, atau jika anda memiliki lebih dari satu ekor burung pleci, maka bisa menjemurnya secara bersamaan.

  1. Pakan Bergizi

Berikan pakan yang bergisi untuk burung pleci, seperti pakan dari Voer, pisang, buah jeruk dan juga memberikan nekstar, air gula atau juga memberikan madu.

  1. Mancing bunyi

Agar burung mau berkicau kembali, maka bisa dengan memancingnya dengan mendekatkakn pleci lainnya yang sudah gacor, atau bisa juga dengan menggunakan Mp3 . jika belum memiliki suara burung pleci, maka bisa dengan mendownloadnya di halaman ini : Kumpulan Suara Terapi Burung pleci .

Gambar : omkicau.net

Leave a Comment