Cara Merawat Anis Kembang Mabung Agar Cepat Selesai

Merawat burung mabung dengan burung yang akan di gacorkan atau untuk persiapan lomba tentunya berbeda sekali, karena untuk merawat burung anis kembang yang sedang mabung tidak membutuhkan perawatan harian untuk membuatnya gacor, karena jika hal tersebut tetap dilakukan, yang ada malah burung terganggu proses mabungnnya tersebut.

Biasanya burung anis kembang akan menghabiskan waktu selama 2 sampai 3 bulan, namun jika terjadi halangan atau hambatan, maka proses mabungnya tersebut akan memakan waktu lebih lama.

Bukan hanya bisa memakan waktu lebih lama, ada beberapa hal yang menjadi hal yang harus diperhatikan, ketika merawat anis kembang mabung yang tidak tepat akan mendatangkan hal buruk lainnya seperti :

  • Pertumbuhan bulu barunya yang tidak normal dengan ciri-ciri bulu yang kering
  • Bulu keriting
  • Bulu terlihat kusut
  • Mudah patah

Selain hal-hal yang membuat proses mabung  yang terganggu seperti yang telah di sampaikan di atas beserta penyebab yang akan timbul, terkadang menjadi suatu hal yang paling di hindari oleh pemilik burung adalah dimana burung menjadi macet bunyi pasca mabung terjadi karena adanya kesalahan perawatan dari pemiliknya, entah itu di sengaja atau tidak.

Ciri-ciri Anis Kembang Mabung

Sebelum merawat burung anis kembang , maka ada beberapa hal yang harus di lihat pada burung anis kembang yang anda miliki, apakah burung tersebut sudah masuk proses mabung atau belum, seperti :

  • Burung terlihat malas untuk berkicau dan menurunnya intersitas burung untuk berkicau
  • Bulu burung terlihat kusam , kering dan terlihat beberapa bulu ada yang lepas atau rontok
  • Bulu halus burung anis kembang sudah mulai banyak yang rontok

Cara Merawat Anis Kembang Mabung

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk merawat anis kembang yang sedang mabung,hanya saja butuh poenyesuaian saja perawatannya, seperti :

  1. Isolasi dan Krodong

Mengisolasi burung anis kembang yang sedang mabung, merupakan suatu kebutuhan burung itu sendiri seperti menempatkan burung di tempat yang nyaman dan tenang sehingga anis kembang dapat beristirahat dengan tenang.

Agar bisa istirahat dengan baik, maka bisa menggunakan krodong secara full agar bebas dari gangguan dari luar dan juga menjaga dari suhu yang dingin dan panas.

Baca Juga :

  1. Buat Drop

Sebisa mungkin, buat kondisi burung dalam keadaan benar-benar diam dan tidak melakukan banyak aktifitas seperti berkicau dan aktif bergerak, karena bisa menghambat proses mabung tidak lancar.

  1. Pakan Ekstrafooding

Pemberian pakan, sebaiknya di sesuaikan saja, dengan kondisi burung dalam ngurak atau rontok bulu dan juga pada saat nyulam.

Ketika burung anis kembang mabung pada proses ngurak pakan dari Ekstrafooding sebaiknya di hentikan pemberiannya, dan meskipun ingin memberikan Ekstrafooding, berikan jumlah yang sedikit saja dan full Voer untuk pakannya. Ketika proses nyulam berlangsung dan proses ngurak selesai yang di tandai dengan tumbuhnya bulu baru, maka berikan kembali pakan Ekstrafooding seperti biasa untuk membantu proses pertumbuhan bulunya, karena membutuhkan asupan protein dari Ekstrafooding.

  1. Pakan Voer

Sebagian para kicaumania sering menganti pakan dari Voer ayam dan voer lele yang memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga membantu dalam perontokan bulunya tersebut pada proses ngurak.

  1. Jangan di Mandikan

Ketika memasuki fase ngurak dan juga nyulam sebaiknya hindari terlebih dahulu, namun mandikan burung ketika bulunya mulai banyak yang tumbuh bulu jarumnya dan sudah terlihat lebat kembali dibadannya.

  1. Bersihkan Kandang

Agar burung tidak terserang penyakit selama mabung yang bisa merusak pertumbuhan bulu dan kesehatannya karena burung rentan terserang penyakit dari kuman atau tungau yang menyerang pertumbuhan bulu barunya, maka bersihkan kandang secara rutin seminggu 2 sampai 3kali dalam seminggu.

  1. Jangan Di Jemur

Anis kembang yang mabung, jangan dimandikan, karena bisa membuatnya menjadi Birahi, karena birahi bukan kondisi yang baik ketika burung sedang mabung , ciri-ciri anis kembang birahi bisa dilihat dari seringnya burung tersebut berkicau.

  1. Suplementasi

Jika tidak mau repot atau khawatir burung tidak bisa merontokan bulu dan pertumbuhan bulunya dengan baik, maka suplementasi khusus mabung bisa digunakan untuk memperlancar proses mabung tersebut, karena nilai gizi dari produk untuk ngurak dan nyulam sudah di sesuaikan defngan kondisi tersebut yang bisa di beli di kios burung.

Leave a Comment