Cara Merawat Burung Blackthroat Agar Cepat Gacor Dengan Tepat

 

Burung blackthroat merupakan jenis burung import yang di datangkan dari daerah panas, yaitu Afrika. Namun , untuk peredaran di Indonesia itu sendiri cukup tersedia karena adanya budidaya dari peternak, sehingga ketersediaan burung blackthroat ini dapat di beli dengan harga yang relative terjangkau di bandingkan pada waktu dulu saat peternak blackthroat belum banyak yang membudidayakannya, karena harus Import dan membutuhkan biaya yang cukup mahal, entah itu ongkos kirim, dan harga burung itu sendiri.

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh burung itu sendiri, tentunya orang rela mau membeli Import. Salah satu hal yang menjadikan burung blackthroat ini di sukai dari kalangan kicaumania adalah mudah untuk menyesuaikan diri dari lingkugan baru sekalipun, selain itu burung ini juga memiliki kicauan yang khas, dimana bisa mengeluarkan kicauan naik turun secara cepat dan juga memiliki suara ngerol yang khas yang mampu di keluarkannya.

Namun, bagaimanapun untuk mendapatkan kualitas suara dari blackthroat membutuhkan perawatan yang tepat, karena jika tidak di pelihara dengan cara yang tepat, alih-alih bukan membuat burung menjadi gacor, malah justru membuatnya menjadi jarang berkicau.

Cara Merawat Burung Blackthroat

Dalam perawatannya memang burung ini tidak terlalu rumit, salah satunya di pengaruhi oleh karakter burung itu sendiri yang mampu menyesuaikan diri dengan segala lingkugan.

  1. Aksesoris sangkar Burung Blackthroat

Agar burung bisa nyaman dan tenang ketika di dalam sangkar, maka membutuhkan tempat sebesar 30×30 dengan memiliki kerapatan jeruji sebesar 5mm yang dilengkapi dengan tangkringan yang memiliki diameter 1cm yang memiliki serat yang kasar dan tidak licin sehingga burung bisa nyaman untuk berkicau sambil berdiam diri dari tangkringan.

Tempat pakan juga bisa diberikan 2 buah, yang 1 untuk makanan dan 1 lagi untuk minuman dan simpan dengan jarak yang berjauhan agar air minumnya tidak mudah kotor yang kejatuhan dari makanan yang dikonsumsinya.

  1. Jenis Kelamin

Untuk merawat burung Blackthroat, terlebih dipelihara untuk lomba kicauan, maka pilihlah burung yang memiliki jenis kelamin jantan. Karena kicauan dari pejantan Blackthroat lebih kencang dan juga lebih banyak vareasi dibandingkan dari betina.

Untuk membedakan kelamin jantan dan betina dari Blackthroat, maka bisa dengan melihat trotol hitam atau corak dibagian leher dalam burung itu sendiri.

  1. Pakan Burung Blackthroat

Burung Blackthroat merupakan yang biasa mengkonsumsi makanan berupa biji-bijian, sayuran hingga buah-buahan. Untuk komposisi pakan yang bisa diberikan sebaiknya bervareasi saja, karena untuk mencukupi kebutuhan Gizi dari burung itu sendiri.

Sebagai referensi,.anda bisa memberikan pada dengan racikan, seperti :

  • Millet
  • Biji sawi
  • Canary Seed
  • Niger seed
  • Jewawut
  • Biji lobak

Selain dari pakan tersebut maka bisa memberikan pakan lainnya, seperti sayur-sayuran buah-buahan yang segar yang sudah di potong-potong, agar burung bisa dengan mudah untuk mengkonsumsinya.

  1. Pengembunan,Memandikan dan Menjemur

Pengembunan dilakukan pada pagi hari sebelum matahari mulai terbit dan simpan di lokasi yang akan dijadikan burung tersebut dimandikan dan juga di jemur. Dengan melakukan pengembunan untuk burung menyesuaikan diri dari suhu lingkungan sebelum dimandikan, agar tidak berubah dengan cepat suhu tubuhnya.

Mandikan burung dengan cara menyemprotnya atau dengan cara lainnya, dan setelah itu jemur burung Blackthroat selama 1,5 jam dan angin-anginkan burung di tempat teduh. Pada saat di angin-anginkan, burung bisa di berikan pakan berupa telur puyuh rebus yang di simpan di tempat pakan.

Baca Juga : Harga Burung Blackthroat

  1. Masteran Blackthroat dan Full Krodong

Untuk memaster burung Blackthroat, maka bisa dilakukan ketika burung sedang beristirahat pada siang hari setelah dimandikan. Namun , pastikan terlebih dahulu burung tersebut dalam keadaan santai, karena jika dalam keadaan aktif, burung tidak bisa mendengarkannya dengan focus.

Melakukan masteran pada burung Blackthroat, bisa menggunakan Audio Mp3 yang bisa di download atau bisa mendownloadnya disini, Lihat : Download Suara Burung Blackthroat Mp3 .

Ketika sore hari, burung Blackthroat bisa dijemur kembali selama 1 jam dan ketika malam hari menjelang, maka bisa dengan menggunakan Full krodong pada sangkarnya, agar burung bisa beristirahat dengan nyaman dan terhindar dari gangguan nyamuk.

Leave a Comment