Perbedaan Burung Kolibri Ninja Dada Merah dan Dada Coklat

Sebagian pembaca mungkin pernah mendengar istilah kolibri ninja dada merah ( damer ) dan kolibri ninja dada coklat ( dacok ).

Istilah dacok dan damer tersebut suara ciri yang menandakan burung kolibri ninja tertentu memiliki bulu yang dada yang bewarna coklat dan merah.

Bicara tentang jenis, apakan kolibri ninja dada merah dan dada coklat itu sama atau tidak, jawabannya adalah sama

Karena yang membedakan istilah dacok ( dada coklat ) dan damer ( dada merah ) , adalah suatu hal kualitas burung itu sendiri.

Dimana yang seharusnya burung kolibri ninja memiliki warna bulu dada merah berubah menjadi warna bulu coklat, karena burung kekurangan nutrisi tertentu, sehingga menyebabkan perubahan warna pada bulu bagian dadanya.

Lihat Juga : Cara Membuat Nektar Burung Kolibri

Perbedaan Kolibri Ninja Dada Merah dan Dada Coklat

kolibri dada coklat
Gambar kolibri dada coklat

Burung kolibiri ninja ( konin ) dewasa yang warnanya sudah full metalik hasil tangkapan hutan, dengan artian burung tersebut hidup dari alam sejak masih kecil, maka bulu yang terdapat pada bagian dadanya akan bewarna merah, entah itu kolibri ninja yang berasal dari jawa maupun yang berasal dari sumatera.

Perubahan warna bulu dada merah ke warna coklat hal tersebut di sebabkan oleh, dimana burung sudah lama di pelihara di kandang dalam waktu lama, paling tidak sudah mengalami proses mabung 2 kali, di samping itu dalam perawatan di dalam kandang tersebut burung kekurangan nutrisi tertentu, sehingga terjadilah perubahan warna bulu dadanya.

Lihat Juga : Download Suara Kolibri Ninja Gacor

Berbeda halnya dengan kolibri ninja yang masih anakan/torolan/ijoan sudah di pelihara di kandang, dan ketika sudah dewasa, warna bulu dadanya akan langsung bewarna coklat karena pada saat perawatannya burung kekurangan nutrisi sebagai pembentuk pigmen warna pada bulunya.

kolibri ninja dada merah
Gambar kolibri ninja dada merah

Lebih bagus mana , Kolibri dada Merah atau dada Coklat ?

Dengan melihat beberapa hal yang telah kami sampaikan di atas, tentunya bisa di simpulkan, dimana kolibri dada coklat sudah lama terbiasa hidup di kandang dan sudah terbiasa dengan perawatan yang dilakukan oleh manusia/pemiliknya.

Menurut beberapa informasi dari beberapa kicaumania, bahwa kolibri dada coklat lebih bagus dari kolibri ninja dada merah ada kemungkinan benar, karena  kolibri yang biasa hidup di dalam kandang dan di pelihara oleh manusia akan memiliki warna bulu dada coklat, dan untuk kolibri  ( konin ) dada merah merupakan jenis kolibri hasil tangkapan liar dan perlu di rawat untuk membuat kualitas suaranya lebih bagus lagi.

Leave a Comment