Makanan Burung Gereja dan Cara Menjinakannya dengan Mudah

Burung gereja, mungkin sebagian besar sudah mengetahui jenis burung yang satu ini, ya karena burung jenis ini merupakan burung yang cukup mampu beradaptasi dengan lingkungan manusia.

Burung gereja merupakan burung pemakan biji-bijian, akan tetapi burung ini juga suka menyukai makan dari serangga kecil.

Jadi, jika pembaca sekalian ingin memelihara burung ini cukup mudah untuk memberikan makanan, karena dapat dengan mudah untuk memberikannya yang bisa di beli di kios burung atau tempat yang menjual pakan burung.

Bicara tentang memelihara burung gereja memang tidak luput dalam hal menjinakan, karena jika ingin memeliharanya maka hal tersebut penting untuk dilakukan, entah itu burung yang di dapatkan dari tangakapan di alam liar atau membelinya di kios burung.

Cara Menjinakan Burung Gereja

Jika kamu yang ingin memelihara burung gereja sebagai hiasan rumah atau hanya menyukai untuk dipelihara, maka hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah dengan cara menjinakannya terlebih dahulu.

Jadi, sebelum mengetahui pakan apa yang akan diberikan, maka ketahui terlebih dahulu tentang cara menjinakannya, namun bagi yang ingin langsung mengetahui pakan apa saja yang disukai oleh burung gereja, bisa melihatnya langsung pada penjelasan di bawah.

  1. Berikan Sangkar Kecil

Karena burung masih belum jinak dan cenderung akan lari dan tidak nyaman ketika di dekati oleh manusia, maka sebelum jinak, burung gereja di berikan sangkar yang kecil.

Menggunakan sangkar yang kecil pada burung gereja yang belum jinak guna untuk meredam burung ketika menghindari manusia, agar tidak terlalu banyak bergerak ketika merasa takut.

Namun, ketika burung sudah jinak, dengan ciri-ciri burung diam ketika di dekati oleh manusia, maka gunakan kandang yang lebih besar, atau kamu bisa membeli kandang khusus untuk burung gereja yang bisa dibeli di kios burung.

  1. Simpan di tempat yang ramai

Menyimpan burung di tempat yang cukup ramai dalam proses penjinakan merupakan hal yang harus dilakukan, karena jika di tempat ramai akan membuat burung nantinya terbiasa di dekat oleh manusia.

Untuk beberapa minggu mungkin burung akan sering menabrak-nabrak sangkarnya, karena takut dan tidak nyaman ketika banyak orang lalu lalang di dekat sangkarnya, namun hal tersebut lambat laun burung akan capek sendiri dan nantinya akan terbiasa dan akhirnya menjadi jinak.

  1. Sering di pegang

Sering-seringlah di pegang burung gereja yang belum jinak, agar burung terbiasa di pegang oleh manusia, meskipun awalnya burung akan ketakutan dan bahkan menggigitnya.

Awalnya mungkin burung akan tidak nyaman dan takut ketika di pegang manusia, karena burung menganggap manusia merupakan ancaman baginya, namun jika burung sering di pegang dan di elus-elus, maka bisa membuat burung memiliki anggapan manusia bukanlah ancaman yang harus ditakuti.

  1. Jauhkan dari hewan predator

Ketika menyimpan burung jauhkan dari hewan predator seperti kucing, tikus, anjing karena ketika burung sering di takuti dan merasa terancam oleh hewan predator tersebut akan membuat semakin giras , dan bahkan burung yang sudah jinakpun jika sering terancam oleh hewan predator tersebut bisa menjadi giras kembali.

Jenis Makanan Burung Gereja

Nah, setelah mengetahui tentang cara menjinakan burung gereja, maka agar kebutuhan gizi burung tercukupi, maka berikut adalah daftar makanan yang bisa di berikan pada burung gereja yang bisa di berikan satu persatu atau mencampurkannya.

  1. Padi

Kalau orang yang hidup di desa mungkin sudah sering lihat, kalau burung ini sering mengkonsumsi makanan padi di sawah.

Liha Juga : Download Suara Burung Gereja

Padi memiliki kandungan protein dan karbohidarat yang cukup tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan burung tersebut.

  1. Serangga

Pakan serangga seperti jangkrik, kroto belalang merupakan pakan yang tinggi akan protein, jadi ketika burung gereja yang anda pelihara ingin berkicau dengan rajin, maka berikan pakan jenis ini.

Karena pakan dari serangga memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat membuat birahi burung menjadi tinggi, sehingga merangsang burung menjadi lebih rajin berkicau.

  1. Jagung

Jagung kaya akan gizi yang bisa diberikan pada burung gereja, namun dalam memberikan jagung untuk burung gereja sebaiknya di berikan dalam bentuk kecil, karena ukuran jagung terlalu besar untuk bisa masuk ke mulut burung.

Atau jika tidak mau ribet, tinggal beli saja jagung khusus untuk pakan burung yang bisa diberikan juga untuk burung gereja.

  1. Beras Merah

Selain padi, beras merah juga merupakan pakan yang disukai oleh burung gereja, namun untuk memberikannya sebaiknya di tumbuh dulu hingga halus, agar burung bisa dengan mudah untuk mengkonsumsinya.

Nah, demikianlah jenis makanan burung gereja yang bisa diberikan, namun dalam pemberian pakannya, sebaiknya di lakukan dengan mencampurnya antara, jagung, beras merah, padi dan juga seangga, untuk memenuhi kebutuhanya gizibyan setiap hari.

Leave a Comment