Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina Dewasa dan Anakan

 

Dalam mengetahui jenis kelamin tertentu pada burung kacer, tentunya harus di miliki oleh para pecinta kacermania , karena dalam melakukan perawatan dan beternak burung kacer , tentunya membutuhkan kejelian dan keahlian dalam mengetahuinya,karena bagi yang ingin menernakannya membutuhkan sepasang burung kacer jantan dan betina untuk dipelihara, jika salah memilih tentunya burung kacer yang akan diternak tidak sepasang.

Bukan hanya soal kebutuhan beternak, dalam merawat kacer untuk di ikut lombakan atau untuk dilatih kemampuan berkicaunya harus bisa membedakan kelamin burung kacer, antara jantan dan betina, karena burung kacer jantan memiliki kemampaun berkicau yang baik, dibandingkan betinanya, namun , memang dalam merawat kacer jantan terkadang membutuhkan untulan atau betina dari burung kacer tersebut, karena mengingat burung kacer yang sudah gacor dapat terjadi macet bunyi dan membutuhkan untulan untuk membantu mengembalikan kemampuan berkicau burung jantan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina Dewasa

Sebenarnya untuk membedakan burung kacer jantan dan betina yang sudah dewasa tentunya tidak terlalu sulit, karena dari warna bulunya saja kalian bisa mengatahuinya, dimana warna bulu hitam yang dimiliki jantan terlihat mengkilap dan gelap, sedangkan untuk warna hitam pada burung kacer betina terlihat seperti abu-abu.

Berikut adalah ciri-ciri lainnya :

  • Untuk mengetahui burung kacer jantan dan betina bisa dilihat dari dubur atau kloakanya, Dimana dubur dari jantan berbentuk panjang dan kecil, sedangkan kloakan betina kacer terlihat lebih lebar
  • Yang yang paling menonjol untuk membedakan burung kacer betina dan jantan adalah dari suara kicauannya, dimana kicauan dari burung jantan sering berkicau dan terlihat Fighter/petarung, sedangkan kacer betina hampir jarang berkicau

Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina Anakan/Trotolan

Mungkin sebagian dari kacermania yang masih pemula sekalipun sudah bisa membedakan jenis kelamin burung kacer dewasa, akan tetapi bagaimana cara mengatahui kacer yang masih anakan atau trotolan, karena mengingat kacer trotolan dari warna bulunya tidak terlalu jauh berbeda.

  1. Kepala Kacer Trotolan

Perbedaan pada kacer trotol jantan betina, bisa dilihat dari bentuk kepalanya kepala jantan trotolan terlihat persegi dan ceper dibandingkan dengan bentuk kepala betina.

  1. Paruh Kacer Trotolan

Bentuk paruh sering dijadikan patokan dari kalangan kacermania untuk menentukan jenis kelamin tertentu, dimana bentuk paruh jantan kacer trotolan lebih pendek dan paruh bagian yang berbentuk hurup “Λ “ memiliki warna hitam.

  1. Bulu Punggung kacer

Burung kacer betina dan jantan memiliki warna yang berbeda di bagian punggungnya, dimana warna punggung jantan lebih hitam , sedangkan warna punggung kacer betina bewarna hitam yang bercampur abu-abu.

  1. Bentuk Tubuh Kacer Trotolan

Burung kacer trotolan jantan memiliki bentuk tubuh yang ramping, tapi ketika berdiri dadanya terlihat bidang, sedangkan untuk kacer trotolan betina memiliki bentuk tubuh yang bulat pada umumnya.

Namun , hal ini tidak selalu jadi patokan, karena ada beberapa para pecinta kacermania yang mengamati, ketika kacer berumur 3 minggu berat badannya tidak terlalu berbeda dan gemuk.

Demilikianlah , ciri-ciri burung kacer betina dan jantan dewasa dan trotolan sebagai refensi untuk mengetahui jenis kelamin tertentu.

Leave a Comment