Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Galak Pada Pasangannya

lovebird galak pada pasangannya

Burung Lakbet menjadi agresif merupakan hal yang menjadi persoalan tersendiri, dimana yang tadinya burung tidak menyerang pasangannya, mendadak menjadi galak dan cenderung menyerang pasangannya. Bukan hanya terjadi pada burung yang sudah berjodoh, burung yang masih sendiri pun bisa mengalaminya.

Dalam hal ini, tentunya akan mengalami kesulitan ketika burung lovebird tersebut akan di jodohkan atau burung tiba-tiba galak pada pasangnnya, dan tentunya ketika ingin di ternakan, maka akan mengalami kesulitan tersendiri.

Berbicara tentang menjodohkan burung, tentunya di pangaruhi oleh berbagai factor, seperti factor usia yang sudah tua, terlebih burung tersebut sudah lama sendiri, akan mudah untuk di jodohkan dan kadar hormone yang dimiliki oleh lovebird itu sendiri, sehingga sudah siap kawin, dibandingkan menjodohkan lovebird yang masih muda yang cenderung sulit untuk di jodohkan.

Apapun kondisi lovebird yang dimiliki,entah itu masih muda atau sudah dewasa, proses perkenalan merupakan hal penting untuk di lakukan, agar satu sama lain, burung mau berjodoh secara alami.

Dari beberapa penyebab membuat burung menjadi sulit berjodoh dan beberapa di antaranya salah satu lovebird menyerang calon pasangannya, bisa di sebabkan oleh beberapa hal.

Misalkan, ingin menjodohkan lovebird jantan dan betina, di kandang yang biasa di tempati oleh pejantan, maka lovebird jantan akan berusaha menguasai kandangnya. Dengan melihat kondisi tersebut, biasanya lovebird jantan akan terlalu cepat membangun ikatan terhadap betinanya dan cenderung akan agresif terhadap calon pasangan betinanya.

Begitu juga sebaiknya, jika kandang penjodohan tersebut menggunakan kandang yang di gunakan oleh betina sebelumnya, biasanya lovebird betina akan menguasai kandangnya dan lebih agresif.

Burung Lovebird mengalami kebosanan

Ketika hidup di alam liar, biasa lovebird jantan dan betina ketika ingin berjodoh, jarang di temukan burung yang menjadi agresif ketika ingin berjodoh dengan calon pasangannya, karena ketika kadar hormone testosterone jantan dan hormone estrogen pada betina tersinkronisasi secara alami, dan akan lebih mudah untuk berjodoh dengan sendirinya.

Lovebird merupakan burung yang memiliki paruh bengkok, dimana seperti jenis burung paruh bengkok lainnya, memiliki kecerdasan lebih tinggi dibandingkan dengan burung lainnya, sehingga burung tersebut membutuhkan intereaksi dengan burung lainnya, memiliki aktifitas lainnya, seperti mencari makan dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara mengetahui Lovebird jantan dan betina

Namun , ketika lovebird di pelihara di dalam pengkaran, maka aktifitas burung tersebut terbatas, dimana setiap harinya lovebird “dipaksa” untuk hanya bertemu dengan kondisi itu-itu saja, dengan kondisi tersebut, burung akan mengalalmi kebosanan dan membuatnya menjadi agresif, termasuk pada pasangannya.

Untuk mengatasi lovebird mengalami kebosanan, hal yang biasa di lakukan oleh pemilik burung adalah dengan memberikan mainan untuk lovebird, atau bisa dengan menyimpan lovebird di kandang yang lebih luas untuk membuatnya bermain bebas, seperti terbang atau memberikan kesibukan lainnya.

Namun , jika masih kurang untuk membuatnya menjadi pulih kembali, maka bisa melakukan perawatan seperti penjelasan ini :

Cara Mengatasi Lovebird Galak Pada Pasangannya

Bukan hanya lovebird yang sedang agresif saja yang menjadikan kondisinya tidak baik, akan tetapi burung yang di dekatnya juga akan menjadi terganggu, seperti tidak mendapatkan makanan yang cukup, karena di ganggu si penyerang, terlihat lesu, terlihat gugup, burung mejadi stress karena di serang terus oleh pasangannya dan bisa membuat system kekebalan tubuhnya menjadi menurun.

  1. Pisahkan Lovebird

Pisahkan burung yang sedang agresif tersebut dari pasangannya, agar pasangannya tidak terus-terusan di serang yang dapat merusak fisik dan mentalnya.

Namun , burung yang tidak agresif tersebut jangan di pindahkan dari kandangnya, untuk membangun mentalnya, sebagai penguasa baru kandang tersebut, cukup pindahkan yang sedang agresif ke tempat lain.

  1. Perjodohan Ulang

Jika salah satu lovebird agresif, maka pindahkan salah satu burung ke kandang baru, dan melakukan penjodohan ulang , dengan mendekatkan pasagannya yang di tempel dari kandang yang berbeda yang di dekatkan.

  1. Berikan mainan

Agar burung memiliki aktifitas, maka seperti yang telah di sampaikan di atas, burung di berikan mainan, seperti bola atau menyimpan ke kandang yang lebih luas agar burung bebas terbang dan melakukan aktifitas yang bisa dilakukannya ketika di kandang umbaran tersebut.

Sambil menyimpannya di kandang umbaran, maka sediakan rerumputan yang banyak di kandang umbaran tersebut dan menghabiskan waktu dalam kesendiriannya tersebut tanpa pasangannya.

Dengan melihat penjelasan tersebut, mudah-mudahan membantu para pecinta lovebird, agar burung kesayangannya tersebut memiliki kondisi terbaiknya, dan burung yang agresif tersebut dapat kembali normal, dan ketika ingin di jodohkan bisa dengan lancar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Galak Pada Pasangannya | duniakicau | 4.5