fbpx

Lovebird Macet Produksi ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebagian dari pembaca mungkin pernah mendengar atau bahkan mengalami sendiri istilah macet produksi ?

Macet produksi merupakan istilah yang dimana awalnya lovebird produksi telur ketika di ternakan, namun untuk proses beternak selanjutnya, burung tidak mau bertelur kembali.

Pada umumnya, ketika anakan lovebird yang baru menetas di pisahkan dengan indukannya, maka selang beberapa hari, 3 – 5 hari, lovebird akan bertelur kembali.

Ketika indukan lovebird merawat anakannya menetas, biasanya akan melakukan kawin, dan ketika anakannya sudah di pisahkan, 3 – 5 hari akan bertelur lagi.

Namun, untuk beberapa masalah yang di alami peternak lovebird, dimana sudah beberapa minggu, bahkan lebih 1 bulan, indukan lovebird masih belum bertelur.

Penyebab Lovebird Macet Produksi

  1. Indukan Lovebird Nglemak

Ketika indukan lovebird nglemak,  ada 2 kemungkinan terjadi, lovebird tidak bertelur dan lovebird bertelur tapi telurnya tidak isi atau tidak akan menetas.

Baca Juga : Alasan Lovebird Jantan Keluar Masuk Glodok

Nglemak permasalahan yang terjadi pada lovebird yang di ternakan, karena indukan lovebird jarang terkena sinar matahari, jarang gerak tapi banyak makan hal tersebut merupakan penyebab lovebird indukan nglemak yang bisa dilihat dari cirri-cirinya pada tubuh bagian bawah atau dekat bagian anusnya yang membesar.

  1. Indukan Lovebird Stres

Ketika indukan lovebird stress, bisa membuatnya menjadi malas gerak, malas bunyi, malas makan dan tentunya malas untuk kawin, sehingga hanya banyak diam saja di kandangnya.

  1. Glodok ada hewan lain dan kotor

Adanya hewan lain seperti semut atau serangga bisa membuat burung macet produksi atau glodoknya kotor, bekas bersarang sebelumnya.

Dan biasanya, ketika lovebird bertelur dan anakannya menetas tentunya banyak kotoran yang menempel pada glodok.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird TIdur Terus

Untuk itu, bersihkan terlebih dahulu ketika anakannya sudah di pishkan.

  1. Indukan Lovebird Jarang Terkena Sinar Matahari

Burung di jemur di bawah sinar matahari, terutama matahari pagi dapat berdampak pada kesehatan burung, dan salah satu penyebab burung tidak produksi lagi di sebabkan oleh burung jarang terkena sinar matahari yang membuat tubuhnya nglemak.

  1. Asupan Pakan Kurang

Ketika lovebird kawin atau sebelum kawin, tubuh burung membutuhkan asupan gizi yang lengkap, agar organ reproduksi burung sempurna, dan begitu kawin lovebird akan cepat bertelur.

Namun, jika asupan pakan asal-asalan, maka kualitas sperma dan organ reproduksi burung tidak bisa menghasilkan telur untuk di produksi.

Cara Mengatasi Lovebird Macet Produksi

Banyak cara yang bisa dilakukan agar burung mau produksi kembali, tinggal cari penyebabnya dan lakukan penanganan segera, agar kebutuhan lovebird memproduksi telur tercukupi.

  1. Pindahkan Indukan Lovebird Ke sangkar kapsul

Untuk sementara, lovebird dipindahkan terlebih dahulu dari kandang kotak ke sangkar kapsul, guna untuk memudahkan ketika ingin di mandikan dan dijemur.

Baca Juga : Berapa Hari Sekali Lovebird Bertelur ? Inilah Penjelasannya

  1. Mandikan dan Jemur

Pada proses ini, burung jantan dan betina di mandikan setiap harinya pada pagi hari sekitar jam 07.00 dan menjemur setelahnya di bawah jam 10.00 selama 1 – 2 jam.

Dengan memandikan bertujuan untuk mengembalikan kesehatan burung agar menjadi bugar kembali dan membuat lemak yang ada pada burung dapat berkurang secara bertahap.

  1. Berikan Pakan yang Lengkap

Berikan pakan yang lengkap, seperti  milet putih, canary seed, kwaci, milet merah, tulang sotong dan juga kangkung dan jagung setiap 2 – 3 kali dalam seminggu.

Atau anda juga bisa memberikan suplemen untuk breeding, yang bisa di beli di toko online dan kios burung.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Buang Makanan

  1. Tunggu Lovebird Kawin Lagi

Jika pakan terpenuhi dan burung tidak nglemak dan juga aktif kembali, maka lihat pemkembangan selanjutnya adalah kawin.

Jika lovebird sudah kawin maka tinggal pindahkan ke dalam kandang ternak yang dilengkap dengan glodok dan tempat untuk bersarang, dan pastikan semuanya bersih.

Leave a Comment