Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi

 

Ciri khas kicauan yang dapat di keluarkan burung anis kembang ngerol atau biasa disebut juga dengan rock and roll menjadi salah satu hal yang menjadikan pemiliknya senang, terlebih burung anis kembang merupakan jenis burung yang rajin untuk berkicua setiap harinya dengan rajin.

Dalam mencapai kemampuan terbaik dari anis kembang membutuhkan proses yang tidak sebentar, terlebih burung tersebut akan di ikut konteskan lomba kicauan, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mencapainya, terlebih lagi anis kembang tersebut dipelihara dalam waktu anis kembang tersebut masih anakan.

Namun , meskipun membutuhkan waktu yang lama, ketika burung memiliki suara gacor maksimal, harga jualnya akan lebih mahal di bandingkakn yang masih bakalan atau masih anakan, karena memang selain membutuhkan waktu yang lama, dalam perawatannya tidak semudah dilakukan seperti yang di kira, perlu perawatan yang tepat dalam setiap kondisi.

Alangkah membuat pemilik burung merasa kecewa , anis kembang yang gacornya tesebut mampu gacor dengan rajin , malah tiba-tiba menjadi macet bunyi atau drop. Rasanya merasa sia-sia dalam merawatnya.

Penyebab anis kembang macet bunyi

Maceet bunyi atau drop pada anis kembang bisanya di sebabkan oleh beberapa hal, seperti burung dalam keadaan stress atau dalam kondisi fisiknya tidak sedang Fit. Dari setiap penyebab yang ada tentunya penanganannya perlu di sesuaikan, jika di sebabkan oleh sakit, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengobatinya hingga sembuh, karena ketika sudah sehat kembali, burung sudah mau gacor kembali.

  1. Kandang jatuh

Kandang yang jatuh bisa membuat burung menjadi kaget dan menimbulkan stress, dan akhirnya burung manjadi macet bunyi setelahnya.

  1. Pakan yang tidak Berkualitas

Pakan yang tidak berkualitas seperti pakan yang sudah berjamur, sudah basi dapat merusak kesehatan burung itu sendiri dan menyebabkan burung menjadi macet bunyi dan ngedrop.

  1. Mabung

Anis kembang yang sedang mabung akan membuatnya menjadi drop atau macet bunyi, namun tenang, karena kondisi terbaik ketika mabung adalah jarangnya berkicau untuk menghemat energy untuk perontokan bulu dan pertumbuhan bulu barunya. Jadi tunggu hingga proses mabung selesai, toh ketika sudah selesai mabungnya, akan membuat anis kembang mau berkicau kembali.

Baca Juga :

  1. Kurang Fit

Kurang Fit pada burung anis kembang dapat membuat burung menjadi malas, karena burung tidak memiliki energy yang cukup untuk membuatnya menjadi rajin gacor. Berikan Multivitamin jika burung tersebut kekurangan Vitamin atau suplemen untuk mengembalikan energynya yang kurang.

  1. Adanya gangguan Pernafasan

Burung yang menjadi ngerdop juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pernafasan atau infeksi . adapun yang bisa membuat burung menjadi macet bunyi di sebabkan oleh polusi udara seperti asap kendaraan, tungau, di sebabkan oleh pakan yang sudah berjamur dan lain sebagainya.

Cara Menagatasi Anis kembang Macet Bunyi

Ketika burung sudah macet bunyi, maka untuk perawatannya di ubah dari perawatan sebelumya ketika untuk di gacorkan, karena dalam hal ini perawatannya dilakukan untuk mengembalikan mental dan fisiknya untuk sembuh kembali pasca terjadinya trauma pada burung.

  • Pakan Ekstrafooding

Agar burung memiliki stamina yang cukup agar memiliki energy yang cukup pula untuk menjalani proses penyembuhan macet bunyi, maka berikan dari ekstrafooding berupa jangkrik sebanyak 3 ekor pada pagi dan sore hari, kroto 1 sendok teh pada pagi hari dan juga berikan cacing tanah sebanyak 2 ekor beberapa hari sekali.

  • Mandi malam, pengembunan dan penjemuran

Pada malam hari anis kembang di madikan untuk beberap hari sekali, yang di sesuaikan dengan kondisi lingkugan dan burung itu sendiri.

Lakukan pengembuanan pada anis kembang yang sedang macet bunyi pada pagi hari sebelum matahari terbit sambil memberikan pakan kroto sebanyak 1 sendok teh.

Ketika sudah matari terbit, burung mandikan dengan cara memindahkan ke kandang umbaran agar mau mandi sendiri atau dan menyediakan tempat untuk mandinya.

  • Simpan di Tempat Sejuk

Untuk menjalani terapi agar mengembalikan anis kembang mau untuk berkicau, maka bisa menyimpan sangkar burung di tempat yang sunyi dan nyaman untuk burung itu sendiri yang bebas dari berbagai macam gangguan suara atau hewan predator yang menakutinya.

Agar burung semakin nyaman, maka di usahan , burung di simpan di tempat yang terdapat air mengalir,air mancur agar membuatnya semakin nyaman.

  • Pancing Anis Kembang

Ketika sedang masa terapi dilakukan, maka sesekali pancing burung dengan memutar suara anis kembang betina agar burung mau untuk berkicau.

Leave a Comment