Burung Pleci Anakan: Cara Memilih, Perawatan dan Harganya

Memilih anakan burung pleci menjadi suatu hal yang cukup banyak di pilih dari kalangan plecimania, karena dengan memilih anakan pleci untuk dipelihara biasanya burung tersebut mudah untuk di rawat dan mudah untuk di jinakan.

Selain itu, burung pleci yang masih anakan tersebut memiliki harga yang murah, dibandingkan dengan pleci yang sudah dewasa, namun memang untuk pleci anakan butuh waktu untuk membuatnya menjadi gacor.

Cara Memilih Burung Pleci Anakan

Agar tidak salah memilih pleci anakan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang ciri-ciri pleci anakan yang berkualitas.

Lihat Juga : Burung Pleci Bali: Suara, Harga, Karakter dan Ciri-cirinya

Karena, pleci yang ada di pasaran, tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus, untuk itu memilih anakan pleci merupakan hal yang dasar untuk dilakukan, agar nantinya ketika dipelihara, pleci tersebut memiliki suara kicauan yang seperti yang di inginkan.

Biasanya, untuk memelihara pleci karena kicauannya, sebaiknya memiliki burung pleci jantan, dan untuk mengetahui perbedaan pleci jantan dan betina anakan, antaralain :

  • Jika pleci anakan sudah memiliki kacamata, biasanya kacamata jantan lebih tebal
  • Ringga mulut jantan memiliki warna lebih merah
  • Pilih anakan pleci yang bewarna terang
  • Bentuk kepala panjang dan datar
  • Sorot matanya terlihat galak atau melotot
  • Pangkal lidah jantan memiliki garis hiram di bagian kanan dan kiri
  • Jantan pleci Membuka mulutnya dengan lebar, terutama ketika meminta makanan
  • Jantan pleci akan bersuara keras ketika minta di loloh ( jika membeli masih lolohan )
  • Ukuran tubuh jantan pleci lebih besar
  • Lebih agresif dari pleci lainnya
  • Bulu di sekitar kepalanya sering berdiri atau ngejambul
  • Paruh bagian bawah memiliki warna gelap

Lihat Juga : Burung Pleci Auriventer: Ciri-ciri, Harga, Suara, Habitat dan Karakter

Selain memilih burung pleci anakan yang bagus pada penjelasan di atas, kalian juga bisa mengetahui tentang ciri-ciri burung pleci anakan sebagai referensi untuk mengetahui perbedaan pleci anakan jantan dan betina.

Cara Meloloh Pleci Anakan/Lolohan

cara memilih burung pleci anakan

Jika burung pleci yang kalian pilih masih lolohan, maka untuk merawat burung pleci lolohan sebenarnya cukup mudah, hanya memberikan berkualitas dan memberikan pakan secara teratur, setiap 2 jam sekali.

Agar pertumbuhan burung tumbuh dengan maksimal, maka sebaiknya memberikan pakan dengan vareasi makanan yang cukup, seperti pakan dari buah-buahan, ekstrafooding, voer dan lain sebagainya.

  • Pakan voer di campurkan dengan air, hingga voer tersebut menjadi lembuh dan mudah di cerna oleh burung
  • Tambahkan pakan lainnya seperti jeroan jangkrik yang di haluskan, dan di aduk pada voer tersebut
  • Berikan selalu air minum, meskipun dalam pakan voer tersebut memiliki kandungan air, untuk membantu memperlancar pencernaan burung, dengan cara memberikan airminumnya secara langsung

Lihat Juga : Cara Memilih Burung Pleci Ombyokan

Untuk mendapatkan vareasi makanan, voer tersebut sebaiknya di ganti-ganti setiap hari, misalkan pada hari sening, voer sama jangkrik, selasa voer sama kroto dan hari rabu voer sama buah-buahan.

Penyimpanan Pleci Trotolan/Anakan

Untuk penyimpanan burung pleci yang masih trotolan atau masih anakan, tentunya bisa di bedakan dengan perkembangan burung masing-masing, seperti :

  • Untuk penyimpanan piyik burung pleci yang belum bisa berdiri, sebaiknya pleci tersebut disimpan di besek atau wadah yang di alasi dengan kertas tisu
  • Jika pleci anakan sudah bisa beridiri dan memiliki bulu sayap namun belum bisa terbang, maka simpan pleci di sangkar yang kecil dan bawahnya di lapisi dengan koran dan berikan tangkringan agak rendah, supaya ketika burung ingin belajar nagkring, tidak kesulitan

Selain itu, untuk membuat penerangan dan membuat suhu di sekitar sangkarnya hangat, maka bisa memasang lampu.

Cara Merawat Burung Pleci Anakan/Trotolan

gambar burung pleci anakan jinak
gambar burung pleci anakan jinak

Untuk merawat pleci yang masih trotolan tentunya cukup fokus ke pemberian pakan secara rutin, maka hal lain yang perlu untuk dilakukan, antara lain :

  • Master burung Pleci dengan mendekatkan burung pleci yang sudah gacor atau bisa memutar suara masteran pleci Mp3 , Lihat Juga : Suara Pleci Masteran Mp3 .
  • Jangan dulu untuk menjemur pleci anakan, karena bulunya belum kuat atau belu anti air, karena di khawatirkan burung menjadi sakit, karena burung kedinginan
  • Jangan dulu di jemur, tapi cukup disimpan di tempat yang hangat saja dan meskipun mau di jemur, lakukan pada saat pagi sekali,pada saat matahari pertama muncul dan lakukan cukup 10 – 30 menit saja

Lakukan cara di atas secara rutin, hingga proses mabung pertamanya selesai dan lambat laun , burung pleci mampu mengeluarkan kicauan ngalas dan ngerol

Harga Burung Pleci Anakan

Hal yang membuat banyak plecimania memilih pleci anakan adalah karena memiliki harga yang murah, hanya dengan mengeluarkan  buget sebesar 30.000 – 40.000 saja, anda sudah bisa mendapatkannya.

video burung pleci anakan

Leave a Comment

error: Content is protected !!