Cara Jebol Birahi Lovebird Jantan Agar Ngekek Konslet

Lovebird konslet merupakan salah satu jenis karakter yang cukup banyak di gemari dari kalangan lovebird mania, dan biasanya lovebird konslet cenderung cuek ketika mendengar kicauan lovebird lainnya, dan fokus pada suara ngekeknya tersebut.

Membuat lovebird menjadi memiliki karakter konslet memang beragam caranya, salah satunya adalah dengan cara jebol birahi lovebird jantan, dimana bukan hanya menggesek-gesekan kloaka ke tangkringannya, akan tetapi lovebird jantan yang jebol birahinya tersebut sambil ngekek ketika menggesekan kelaminnya / Gestang atau sambil manggut-manggut.

Cara Jebol Birahi Lovebird Jantan

Over biarahi, biasanya dihindari terjadi pada lovebird, karena sulit untuk di rawat, namun sebenarnya terjadinya over birahi atau gestang pada lovebird jantan bisa di manfaatkan, agar burung tersebut memiliki karakter konslet dan ngekek panjang.

Lihat Juga : Daftar Harga Lovebird Terbaru

Untuk itu, jika rekan-rekan lovebirdmania ingin membuat lovebirdnya jebol birahi atau ingin membuat lovebird yang sedang over birahi, maka berikut tahapan untuk membuatnya menjadi ngekek konslet dengan tips jebol birahi.

  1. Kangkung dan Jagung

Kangkung dan jagung merupakan pakan yang baik untuk membuat burung lovebird cepat naik birahi, namun untuk jagung jangan terlalu banyak, secukupnya saja, karena jika terlalu banyak dapat membuatnya menjadi mencret.

Pakan dari kangkung, setiap hari di berikan, karena kangkung akan membuat burunglovebird naik birahinya dengan cepat.

  1. Campuran Pakan Biji-bijian

Dalam masa meningkatkan birahi lovebird, pakan dari biji-bijianpun di berikan setiap harinya, seperti canary, milet merah dan putih, kwaci dan pakan biji-bijian lainnya.

  1. Vitamin Breeder

Karena dalam rangka meningkatkan birahi lovebird hingga jebol birahi, maka untuk mempercepat birahi lovebird naik, maka burung diberikan Vitamin khusus untuk breeder.meskipun burung tersebut tidak untuk diternakan, maka burung sebaiknya berikan multivitamin tersebut.

  1. Perawatan Harian

Untuk perawatan harian perlu di ubah, seperti memandikan cukup di semprot saja hingga didis bulunya dan jangan di mandikan malam., karena akan sulit naik birahinya.

Untuk pengembunan cukup dilakukan seminggu 2 kali, sedangkan untuk penjemuran bisa dilakukan selama 1 sampai 3 jam lamanya, tergantung kebiasaan atau bisa di tingkatkan penjemurannya dari durasi sebelumnya.

  1. Lingkungan Pendukung

Untuk mendukung lovebird menjadi cepat naik birahinya, maka jika memungkinkan simpan burung di dekat kandang ternak, yang banyak lovebird kawin. Untuk memancing burung semakin naik birahinya tersebut.

Namun, jika tidak memiliki lovebird lain yang di ternakan, maka bisa menjauhkan lovebird jantan dan betina rekan-rekan, karena hal tersebut dapat membuat lovebird dapat naik birahinya.

Note : ketika melakukan perawatan di atas, sebaiknya jangan melakukan pakan dan Suplemen atau vitamin yang aneh-aneh, karena di khawatirkan dapat membuat bulu burung menjadi rusak dan rontok.

Ciri-ciri Lovebird Jantan Jebol Birahi

Dengan melakukan perawatan yang disebbutkan di atas, tentunya lambat laun burung akan jebol birahi juga nantinya.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird

Lalu untuk melihat ciri-ciri lovebird yang sudah jebol birahinya, di antaranya :

  • Lovebird yang sudah jebol birahinya, biasanya akan menjadi lebih gacor dan aktif untuk ngekek. Meskipun setelah jebol birahinya, durasi ngekeknya turun, maka lambat laun akan pulih kembali setelah di setting ulang perawatannya
  • Lovebird akan ngekek dengan durasi yang panjang dengan jeda ngekek yang rapat dan gacor, sehingga memiliki peluang yang besar untuk menjuarai lomba kicauan
  • Lovebird suka melet-melet sendiri dalam waktu yang cukup lama
  • Lovebird akan ngekek sambil manggut-manggut atau gestang

Cara Membuat Lovebird Konslet Jebol Birahi

Agar birahi burung lovebird ngunci setelah jebol birahi dan mudah dalam perawatan dan stabil saat di arena lomba, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan menjodohkan lovebird jantan dan betina, namun jika sudah memiliki pasangan, lovebirdnya maka bisa lanjut ke tahap selanjutnya, diantaranya  dengan Masukan burung ke kandang ternak yang dilengkapi dengan glodok.

Untuk proses penjodohan lovebird yang sedang jebol birahi memang sulit untuk di lakukan dibanding dalam keadaan normal, dan jika ingin melakukan menjodohkannya, bisa membaca penjelasan di halaman ini, baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Lovebird .

Ketika burung sudah di masukan di kandang ternak yang di lengkapi dengan glodok, maka pantau terus keadaannya, dan jangan sampai lovebird tersebut kawin, tapi jika sudah terlanjur kawin juga tidak apa-apa, namun di usahakan jangan wampai kawin, di khawatirkan birahinya turun kembali.

Leave a Comment