Cica Matahari: Suara,Ciri-ciri, Makanan, Habitat, Perawatan, Dll

spotted crocias(Crocias albonotatus ) atau biasa di sebut dengan nama burung cicak matahari memiliki nama lain seperti pentet matahari, cendet matahari atau cendet kembang.

Antara cica matahari dan burung cendet/pentet sebenarnya merupakan jenis burung yang berbeda dan tidak ada hubungan keluarga.

Cica matahari merupakan bagian dalam keluarga  Timaliidae, sedangkan untuk burung cendet/pentet merupakan dalam keluarga Lanidae .

 Alasan cica matahari sering di sebut juga dengan pentet matahari, cendet kembang atau cendet matahari karena memiliki penampilan fisik yang hampir serupa.

Pada kesempatan kali ini, Duniakicau.net akan membahas informasi seputar cica matahari, mulai dari makanan, habitat, suara, perawatan dan lain sebagainya.

Habitat Cica Matahari

Cica matahari merupakan burung edemik Indonesia, seperti yang data yang terdapat di Bird Life International , burung cica matahari ini merupakan burung yang memiliki persebaran di sekitar jawa barat, dan saat ini, cica matahari dapat di temukan di sekitar Taman National gunung gede pangrango.

Pada habitat cica matahari, taman nasional gunung halimun yang merupakan habitatnya, burung ini sudah sangat langka di temukan.

Meskipun begitu, cica matahari juga terdapat di sekitar pegunungan sumatera dan jawa.

Karena populasinya yang sudah langka,  cica matahari termasuk burung yang sudah di lindungi.

perbedaan cica matahari dan cendet
perbedaan cica matahari dan cendet

Makanan Cica Matahari

Makanan yang biasa di konsumsi oleh cica matahari seperti buah dan serangga kecil, namun untuk pakan utamanya adalah buah-buahan seperti buah pepaya dan buah pisang, dan untuk makanan lainnya, diantaranya :

  • Ikan berukuran kecil
  • Katak yang berukuran kecil
  • Kupu-kupu
  • Jangkrik
  • Pepaya
  • Pisang
  • Kroto
  • Ulat hongkong
  • Dll

Ciri-ciri Cica Matahari Jantan dan Betina

  • Bentuk kepala betina bulat
  • paruh betina tebal
  • paruh jantan tipis, lancip dan ujung paruhnya ada bengkok kebawah
  • bentuk badan betina bulat
  • fostur tubuh jantan panjang dan tegak
  • warna bintik pada bagian punggung jantan lebih kemerahan
  • warna hitam pada sayap dan garis pada jantan lebih rapih dari betina
  • suara kicauan jantan lebih panjang, dan betina pendek, Namun Memiliki suara monoton yang sama
  • warna bulu dada jantan bersih, dan betina bulunya kusut

Suara Cica Matahari/Pentet Matahari

Suara kicauan cica matahari memang tidak terlalu bagus, suara khas dari cica matahari terdengar monoton atau cenderung mengulang-ngulang suara kicauannya.

Namun, meskipun begitu, ada juga yang memanfaatkan suara pentet matahari/cica matahari ini untuk memaster burung lainnya. Dan berikut adalah suara cica matahari yang bisa anda putar untuk suara pancingan dan suara masteran.

Suara Cica Matahari Variasi 1 | [Download not found]

Suara Cica Matahari Variasi 2 | [Download not found]

Perawatan Cica Matahari

Untuk merawat cica matahari sama saja dengan perawatan burung lain, seperti mengatur makanan, penjemuran, memandikan, Pengembunan, menjaga kebersihan sangkar dan lain sebagainya.

  1. Pengembunan Cica Matahari

Pengembunan pagi merupakan kondisi lingkungan di mana matahari belum terbit, dan lingkungan yang segar pada pagi hari merupakan kondisi yang disukai oleh burung, dan menjadikan burung menjadi rajin berkicau dan aktif.

Begitu juga dengan cica matahari, dengan pengembunan pagi hari tersebut berharap cica matahari peliharaan anda menjadi rajin bunyi.

  1. Memandikan Cica Matahari

Seperti burung lainnya, cica matahari perlu untuk dimandikan untuk menjaga kebersihan tubuhnya, bersih dari kuman, bakteri, maupun virus.

Untuk itu mandikan cica matahari setiap hari, lalu di angin-anginkan setelahnya sambil berikan jangkrik 3 – 5 ekor.

Selain itu, manfaat lain ketika memandikan burung bisa membuatnya menjadi cepat jinak.

  1. Menjemur Cica Matahari

Sebelum di jemur atau setelah cica matahari di angin-anginkan, burung di simpan di tempat yang sejuk hingga bulunya yang basah kering terlebih dahulu, dan biarkan burung merapihkan bulu-bulunya yang basah.

Setelah kering bulunya, lalu di jemur selama 1 – 2 jam lamanya.

  1. Pakan Cica Matahari

Untuk mengatur pakan apa yang bisa di berikan, anda bisa memberikan buah dan pakan hewani dan juga bisa dilatih untuk mau makan voer.

Sedangkan untuk pakan utamanya berikan buah-buahan setiap hari dan untuk ektrafooding bisa di berikan kroto, ulat hongkong dan jangkrik sebagai asupan protein.

  1. Penyimpanan Cica Matahari

Jika burung cica matahari anda belum jinak, sebaiknya latih dengan menyimpannya di tempat yang ramai, sehingga ketika burung sudah terbiasa di tempat yang ramai oleh lalu-lalang manusia, burung mau berkicau dan tidak ketakutan lagi.

  1. Jaga Kebersihan

Agar burung selalu sehat dan merasa nyaman tinggal di kandangnya, bersihkan kandangnya secara rutin dari kotoran, sisa pakan yang jatuh, makanan dan minuman yang kotor.

Demikianlah, informasi yang kami sampaikan tentang burung cica matahari di atas.

Semoga Membantu.

Leave a Comment