Cara Merawat Burung Tledekan Mabung Agar Cepat Selesai

Moulting atau mabung pada burung tledekan menjadi suatu hal yang pasti akan terjadi, dan untuk mendapatkan mabung yang baik, maka membutuhkan perawatan yang khusus, dimana perawatan tersebut dapat membuat burung dapat menikmati proses mabung tersebut dan bebas dari hal yang membuat burung menjadi stress karena adanya gangguan dari luar dan gangguan dari perawatan yang tidak tepat.

Ketika menjalani mabung , maka sensitifitas dari burung tledekan itu sendiri akan meningkat, terutama suasa hati dari burung itu sendiri yang menjadi perhatian khusus ketika melakukan perawatannya.

Saat mabung, burung seakan kehilangan “harga diri”nya, yang membuat, dan cenderung akan menyukai untuk berdiam diri, tidak mau berkicau dan menyukai tempat yang sepi dan nyaman untuk mengehemat energy dan merontokan bulu dan menumbuhkan bulu barunya.

Fisik dari burung tledekan itu sendiri pastinya akan mengalami perubahan, dimana bulu yang terdapat pada tubuhnya untuk melindungi dari hawa dingin dan panas tidak dimiliki, sehingga menjaga suhu tubuh agar tetap stabil membutuhkan krodong kandangnya atau hal lain yang akan kita jelaskan di bawah ini.

Ada berapa Istilah yang mungkin belum anda ketahui tentang proses mabung ini, seperti :

Ngurak merupakan proses awal, dimana burung akan mengalami rontok bulu dengan terlihat dimana bulu burungnya tidak rapih dan tidak terlihat beraturan dari sebelumnya dan di barengi dengan rontoknya bulu-bulu halus di bagian tubuhnya

  • Ambrol

Ambrol isitilah dimana bulu burung yang halus dan bulu kasar sudah mulai rontok berjatuhan

  • Mabung

Mabung merupakan proses dimana bulu burung yang sudah ambrol mulai tumbuh kembali, dimana bulu jarum mulai tumbuh di sekitar tubuhnya, namun belum sepenuhnya mabung.

  • Nyulam

Proses nylam tidak jauh berbeda ketika bulu burung ambrol, namun istilah nyulam di lihat dari rontoknya bulu burung, namun masih belum selesai. Namun , bulu baru sudah mulai tumbuh, meskipun belum banyak.

Dari proses pergantian bulu lama dan bulu baru pada burung tledekan, proses nyulam merupakan proses yang paling lama untuk bisa tumbuh kembali bulu barunya. Maka dari itu penting sekali mengatur perawatan terlebih pemberian pakan yang berkualitas, agar dengan pemberian pakan tersebut dapat mensuplai kebutuhan Gizi untuk pertumbuhan bulunya dengan maksimal.

Lihat Juga : Download Suara Burung Tledekan Mp3 Untuk Masteran & cara merawat burung tledekan macet bunyi

Cara Merawat Burung Tledekan Mabung

Setelah membaca isitilah mabung pada burung atau juga kondisi bulu dari istilah tersebut, maka untuk melakukannya membutuhkan perawatan khusus mabung, sehingga burung bisa menikmatinya dengan baik tanpa adanya gangguan mental dan juga fisik yang membuatnya menjadi stress dan mabung menjadi tidak lama.

  1. Kenyamanan Burung Tledekan

Dalam kondisi tidak mabung, burung tledekan membutuhkan kenyamanan, dan terlebih ketika mabung, tentunya harus di dapatkan. Karena burung tledekan saat mabung lebih memilih berdiam diri di tempat yang sepi dan nyaman dan jauh dari hal yang mengganggunya, seperti suara burung lain, lingkungan terlalu ramai, jauh dari hewan predator yang mengganggunya.

  1. Full Krodong

Full krodong memiliki manfaat yang dapat membuat suhu tubuh menjadi stabil, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Namun , jika udara di lingkungan anda terlalu panas suhunya, maka dengan membuka sedikit krodongnya sambil menyemprotkan air ke kain krodong kandangnya. Namun , jika cuacanya dingin, maka jangan buka krodongnya, karena bisa membuatnya menjadi kedinginan, dan jika terlalu dingin, gunakan krodong yang tebal.

  1. Jangan dimandikan

Sebaiknya jangan dimandikan ketika burung dalam keadaan mabung, karena di khawatirkan membuat burung menjadi kedinginan, namun jika ingin memandikannya cukup dilakukan 1 minggu sekali pada saat ngurak, ambrul dan bulunya sudah mulai tumbuh kembali.

  1. Esktrafooding

Ketika proses ngurak atau ambrol bulu, maka untuk membantu dalam pertumbuhan bulunya dengan baik, maka berikan pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi yang di berikan dalam bentuk pakan dari Ekstrafooding.

Pakan esktrafooding yang bisa diberikan pada burung tledekan saat ngurak atau ambrol bulu antara lainnya dengan menambahkan porsinya. Seperti memberikan pakan dari jangkrik sebanyak 10 ekor setiap hari, 1 sendok makan setiap pagi, ulat hongkong setiap pagi dan cacing 2 ekor cacing selama 3 kali dalam seminggu.

  1. Suplementasi

Agar kebutuhan Gizi pada saat burung keadaan ngurak atau ambrol, maka membutuhkan asupan Gizi yang cukup untuk membantu pertumbuhan bulu barunya. Jika dari pemberian pakan masih belum bisa mencukupi kebutuhan gizinya, maka bisa memberikan pakan dari suplementasi khusus untuk burung saat ngurak atau ambrol.

  1. Memaster Burung Tledekan

Untuk meningkatkan kemampuan berkicaunya dan juga sambil menunggu proses mabung selesai, maka lakukan pemasteran. Karena meskipun burung dalam keadaan banyak berdiam diri, akan tetapi tubuhnya dalam keadaan sehat dan kondisi tersebut burung bisa dengan focus dalam mendengarkan suara masterannya, sehingga suara masterannya bisa masuk dan nantinya bisa untuk menirukannya.

Leave a Comment