fbpx

Perbedaan Burung Tledekan Gunung Jantan dan Betina Dewasa dan Trotolan

Burung tledekan gunung merupakan salah satu burung yang memiliki kicauan yang memiliki peminat sendiri dari kalangan penghobi burung.

Untuk kemampuan berkicau yang bagus dari burung tledekan gunung/sulingan gunung hanya di miliki oleh jantan.

Suara kicauan jantan tledekan gunung tajam dengan volume yang keras, sedangkan kicauan betina tledekan gunung kecil volumenya dan monoton.

Untuk itu, bagi anda yang ingin membeli tledekan gunung, maka bisa mengetahui terlebih dahulu perbedaan jenis kelaminnya.

Perbedaan Tledekan Gunung Jantan dan Betina Dewasa

 untuk cara mengetahui perbedaan tledekan gunung betina dan jantan yang sudah dewasa lebih mudah dibandingkan dengan membedakan tledekan gunung yang masih anakan atau trotolan.

Lihat Juga : Suara Burung Tledekan Gunung Jantan dan Betina

Dan pada kesempatan kali ini, kami beritahukan pebedaannya yang sebentar lagi anda ketahui dengan membacanya di bawah ini.

Ciri-ciri Tledekan Gunung Jantan :

  • Pada bagian pangkal paruh hingga bagian anus, memiliki warna bulu merah jingga
  • Memiliki warna biru langit pada bagian kepala, punggung sampai ujung ekornya

Ciri-ciri Sulingan Gunung Betina :

  • Untuk warna dominan, mulai dari kepala bagian atas hingga ujung ekornya bewarna coklat kusam
  • Memiliki warna merah jingga pada bagian bulu anis hingga pangkal paruhnya

Baca Juga : Cara Merawat Burung Tledekan

Ya, perbedaan tledekan gunung jantan dan betina terletak pada bulu dominannya, dimana jantan bewarna biru laangit, sedangkan betina bulu dominannya coklat kusam

tledekan gunung trotolan atau anakan
Gambar tledekan gunung trotolan atau anakan

Cara Membedakan Tledekan Gunung Trotolan/Anakan Jantan dan Betina

Untuk membedakan jenis kelamin tledekan gunung trotolan atau yang masih anakan, lebih sulit di bandingkan dengan yang sudah dewasa. Namun, jika dilihat lebih detail lagi, bisa kita ketahui perbedannnya.

Lihat Juga : Harga Burung Tledekan

  • Mata Tledekan Gunung : Mata jantan besar, melotot, dengan tatapan yang tejam, sedangkan betina matanya tidak melotot dan terlihat sayu
  • Warna Bulu : untuk pangkal bulu atau bulu bagian dalam jantan lebih ke warna gelap yang kebiruan, sedangkan betina warna bulunya lebih cerah. Untuk warna bulu pada bagian luarnya, jantan sulingan gunung bewarna kebiruan dan trotol orange pada bagian dan betina memiliki wrana bulu coklat kusam dengan trotol orange yang pudar
  • Perilaku Tledekan Gunung Anakan : jantan sering mengeluarkan suara crecetan dan sering ngeriwik, sedangkan betina jarang mengeluarkan suara crecetan dan janrang ngeriwik

Demikian penjelasan kali ini tentang Ciri-ciri dan perbedaan tledekan gunung jantan dan betina mulai dari anakan/trotolan hingga yang sudah dewasa.

Leave a Comment