fbpx

Cara Merawat Burung Tledekan Laut Agar Bersuara Ngeplong dan Gacor

Burung tledekan laut memiliki suara kicauan yang lumayan merdu, meskipun suaranya terdengar monoton, namun suara kicauannya terdengar jernih atau kristal dengan irama kicauan yang harmonis.

Dalam perawatannya, jarang sekali menemukan burung tledekan yang di pelihara di dalam kandang memiliki suara yang ngeplong, dan kebanyakan hanya mengeluarkan suara yang ngeriwik saja, akan tetapi jika di rawat dengan cara yang tepat, maka meskipun di pelihara di dalam kandang, burung tledekan laut juga bisa memiliki suara yang gacor dan juga ngeplong.

Cara Merawat Tledekan Laut

Untuk perawatan tledekan laut memiliki suara ngeplong dan gacor tentunya burung harus di rawat meliputi pengembunan, pemberian pakan, penjemuran dan juga memandikannya.

Lihat Juga : Ciri-ciri Tledekan Gunung Jantan dan Betina Dewasa dan Trotolan

  1. Pengembunan Tledekan Laut

Keluarkan burung pada pagi hari untuk di embunkan sekitar jam 05.00, karena di waktu tersebut burung akan terpancing bunyi dan bisa mengeluarkan suara yang lantang ( ngeplong ).

  1. Memandikan Tledekan Laut

Sekitar jam 07.00 pagi tledekan laut di mandikan dengan cara menggunakan sprei atau memasukan cepuk yang besar yang sudah di isi air bersih agar burung mandi sendiri.

Lihat Juga : Suara Tledekan Gacor Mp3

Setelah dimandikan,ambil cepuk tempatnya mandi dan kandang tledekan laut di bersihkan agar burung menjadi nyaman dan betah berada di sangkarnya.

Berikan 5 ekor jangkrik setelah itu dan biarkan burung didis hingga bulu basahnya menjadi kering kembali.

  1. Menjemur Tledekan Laut

Untuk penjemuran tledekan laut cukup dilakukan selama 1 jam, dan setelah itu berikan kroto 1 sendok teh dan simpan burung di tempat yang teduh dan nyaman.

Lihat Juga : Harga Tledekan Laut

Untuk penyimpanannya alangkah baiknya dekat dengan gemericik suara air, suara air mengalir, karena di tempat itu burung akan terpancing bunyi.

Berikan kembali jangkrik sebanyak 5 ekor ketika sore hari dan malam hari sangkarnya di krodong hingga pagi hari.

  1. Ekstra Fooding dan Makanan Tledekan Laut

Pakan voer di berikan sebagai pakan harian, dan voer tersebut di ganti setiap 3 hari sekali, dan hindari voer yang sudah berjamur atau berbau, karena bisa mengancam kesehatan burung, begitu juga dengan air minumnya, pastikan selalu dalam keadaan bersih.

Untuk makanan dari Ekstrafooding, jangkrik di berikan 5 ekor pagi, 5 ekor sore hari, kroto di berikan 2 -3 kali dalam seminggu, sedangkan untuk ulat hongkong hanya di berikan ketika saat musim hujan karena bisa membantu menghangatkan badan burung dan ketika pada saat burung sedang mabung, karena dapat membantu proses perontokan bulu tua.

Lihat Juga : Cara Merawat Tledekan Mabung

Di alam bebas, burung tledekan laut juga suka mengkonsumsi hewan-hewan laut seperti ikan guppy, kecebong ( anak katak ), ikan udang dan ikan lainnya dan dari pakan tersebut juga bisa membuat burung menjadi cepat ngeplong.

Memberikan pakan ekstrafooding dan makanan yang di berikan secara cukup dan rutin, di tambah dengan suara gemericik air dapat membuat burung menjadi rajin untuk bunyi dengan suara ngeplong.

Selain itu juga untuk membuatnya memiliki suara ngeplong, mental tledekan laut untuk stabil dan bagus dan juga tidak takut dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Sekian, penjelasan kali ini yang Duniakicau.net bagikan untuk cara merawat tledekan laut agar rajin bunyi ngeplong dan gacor yang bisa di terapkan pada tledekan peliharaan anda.

Leave a Comment