Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Agar cepat Gacor Hingga Siap Lomba

cara merawat burung cucak jenggot

Burung cucak jenggot merupakan jenis burung kicauan yang dapat di pelihara dengan mudah, selain itu suara kicauan besetan dan gacornya memiliki daya tarik tersendiri seseorang untuk memeliharanya dan biasanya burung cucak jenggot itu sendiri sering di jadikan suara masteran burung untuk jenis burung lainnya.

Untuk melihat kumpulan suara burung , bisa melihatnya di halaman suara masteran Mp3 yang bisa di download, Lihat  : Kumpulan Suara Burung Masteran Mp3 .

Namun , meskipun burung cucak jenggot memiliki prosfek di jadikan sebagai burung masteran, maka membutuhkan perawatan harian yang tepat agar burung cucak jenggot mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Dari sekian banyaknya pecinta cucak jenggot terkandang banyak yang memilih burung yang masih anakan sekitar berumur 30 hari . selain di umur tersebut cucak jenggot tidak di bantu loloh lagi, dari umur sekian tentunya memiliki keunggulan, dimana nantinya bisa di arahkan untuk bisa berkicau dengan baik seperti yang di inginkan oleh pemilik burung itu sendiri, karena memiliki daya tangkap suara kicauan dan kecerdasan yang baik.

Dalam perawatan cucak jenggot terkandang muncul permasalahan, dimana burung cucak jenggot tersebut tidak mau mengeluarkan suara besetannya yang menjadi ciri khas kicauan yang bisa di keluarkan oleh burung itu sendiri.

Penyebab Cucak Jenggot Tidak Mau Ngebeset

Sebelum menjelaskan tentang cara merawat burung cucak jenggot yang dilakukan setiap hari, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu dimana suara rapat tajam atau biasa di sebut suara ngebeset tidak bisa dikeluarkan oleh burung tersebut. Karena suara khas tersebut merupakan daya tarik yang besar untuk di dapatkan.

  1. Stamina Burung Menurun

Salah satu penyebab burung cucak jenggot tidak mau mengeluarkan suara besetannya adalah dimana burung tersebut tidak memiliki stamina yang baik, sehingga burung tidak mampu mengocek dan cenderung lebih memilih untuk bermalas-malasan di dalam kandang.

Hal yang pertama yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan memberikan pakan kaya akan nutrisi yang diberikan berupa buah-buahan atau juga dengan memberikan multivitamin.

Berikan buah-buahan yang biasa diberikan pada burung tersebut dan sebelumnya di olesi dengan madu.

  1. Over Birahi

Apapun jenis burungnya, ketika burung mengalami over birahi dapat menurunkan kualitas kicauannya, termasuk burung cucak jenggot.

Ketika cucak jenggot ketika over birahi, maka akan membuatnya menjadi lebih memilih banyak berdiam diri dan malas untuk berkicau.

Hal yang biasa terjadi pada cucak jenggot menjadi over birahi tersebut disebabkan oleh pemberian pakan dari Ekstrafooding yang berlebihan.

Untuk mengatasi, maka bisa dengan mengurangi porsi dari Ekstrafooding dan memandikannya lebih sering dari biasanya untuk menurunkan birahinya dan memberikan pakan dari buah-buahan lebih banyak.

  1. Kurang Birahi

Sama seperti over birahi, kekurangan birahi dari cucak jenggot bisa membuat burung menjadi tidak mengeluarkan suara besetannya. Namun , dalam mengatasinya lebih mudah kekurangan birahi.

Kekurangan birahi biasanya terjadi pada burung cucak jenggot yang masih muda, dimana birahi yang mendorong burung tersebut menjadi gacor masih belum cukup. Hal yang pertama untuk dilakukan adalah dengan menambah porsi pakan dari Ekstrafooding dari sebelumnya,  hingga burung tersebut rajin untuk berkicau kembali.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Mabung

  1. Stress dan macet bunyi

Ketika burung cucak jenggot mengalami stress, maka biasanya burung akan menjadi macet bunyi atau jarang sekali dan tidak mau berbunyi dan memilih untuk berdiam diri.

Banyak factor yang dapat mempengaruhi burung cucak jenggot stress, seperti burung takut dan tidak nyaman yang disebabkan oleh factor lingkungan, hewan predator yang mengancamnya, kandang jatuh dan membuat burung menjadi kaget, kukurangan persediakan pakan dan air dalam kandang dan lain sebagainya.

Cara Merawat Burung Cucak Jenggot

Ketika sudah mengetahui burung cucak jenggot tidak mengeluarkan kicauan ngebeset yang menjadi ciri khasnya, maka sebisa mungkin untuk menghindarinya dan selanjutnya melakukan perawatan harian, agar burung mampu berkicau dengan sangat baik.

  1. Pemberian pakan

Hal yang pertama dalam perawatannya, maka bisa dengan memberikan pakan dengan takaran tertentu, seperti memberikan pakan dari yang di basahi dengan air hangat yang sudah di camput dengan potongan jangkrik atau dengan mencampurnya dengan sejumput kroto yang di berikan setiap harinya.dan ketika pakan tersebut tidak habis dan tercium aroma yang tidak sedap atau sudah mulai busuk bisa langsung menggantinya setelah pakan di sajikan selama 6 jam.

Berikan pakan dari jangkrik sebanyak sebanyak 2 sampai 3 ekor yang diberikan pada pagi, siang dan juga sore hari. Dan ketika sore hari bisa memberikan ulat hongkong putih sebanyak 1 sampai 2 ekor.

Untuk memenuhi gizi lainnya, maka kalian bisa menambahkan pakan dari buah-buahan, seperti pisang kapok putih, Apel merah dan juga papaya.

Madu bisa diberikan untuk burung cucak jenggot, terutama di berikan pada cucak jenggot yang masih anakan untuk membantu pertumbuhannya lebih baik, seperti kecerdasannya menirukan suara masteran, lebih aktif, lebih rajin berkicau dan hal lainnya.

Biasanya pakan tambahan dari madu bisa diberikan pada pakan yang biasa diberikan dengan cara mengoleskannya pada pakan hariannya.

  1. Memandikan dan Menjemuran

Ketika burung cucak jenggot trotolal, maka biasakan untuk dimandikan, entah itu dengan menggunakan sprei atau juga menggunakan keramba.

Penjemuran pada cucak jenggot dilakukan hanya selama 20 menit, dan ketika menjemurnya bisa sambil mendekatkan burung cucak jenggot dewasa yang sudah gacor.

Penjemuran itu sendiri terkait dengan kesehatan burung itu sendiri, karna kulit dan bulunya menjadi bersih.

  1. Pemasteran

Pemasteran burung cucak jenggot bisa dilakukan ketika burung berumur 30 hari. Dengan memutar suara masterannya dengan suara besetan yang tajam atau juga dengan menggunakan suara burung lovebird untuk pemasterannya atau burung cucak jenggot yang sudah gacor.

Untuk melakukan masteran burung cucak jenggot menggunakan Mp3, maka bisa melakukannya di ruangan yang tertutup agar burung bisa focus mendengarkan suara masterannya.

Untuk mendownload suara burung untuk masteran cucak jenggot , maka bsia dengan mendownloadnya, disini :

Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Agar cepat Gacor Hingga Siap Lomba | duniakicau | 4.5