Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Mabung Agar Cepat Selesai

 

Mabung pada burung cucak jenggot menjadi suatu hal yang akan terjadi, seiring dalam menjalani proses mabung tersebut dapat mendatangkan hal-hal yang tidak terduga, entah tu hal positif , maupun hal negative.

Memiliki rasa yang lebih sensitive dari burung cucak jenggot mabung seharusnya menjadi perhatianpenting  ketika perawatan yang dilakukan, rasa sensitive perasaan burung cucak jenggot tersebut di aplikasikan lewat burung menjadi banyak berdiam diri dan jarang untuk berkicau, dan cenderung malas untuk melakukan apapun.

Menjadi banyak berdiam diri pada cucak jenggot mabung merupakan memang hal yang harus terjadi seperti itu, karena dengan berdiam diri lebih banyak, maka akan membantu proses mabung menjadi lancar dan energy yang dimiliki oleh burung bisa focus untuk merontokan dan menumbuhkan bulu barunya tersebut.

Jadi, aktifitas harian dari perawatan untuk membuatnya gacor sebaiknya di hentikan pada saat mabung terjadi, karena ketika perawatannya sama seperti perawatan membuatnya gacor, maka selain mabung bisa memakan waktu lebih banyak, kualitas pertumbuhan bulu baru tidak sempurna, bahkan hal yang paling di takutkan oleh pemilik burung, burung yang tadinya gacor, malah menjadi macet bunyi setelah mabung.

Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Mabung

Dari pada hal negative timbul pada cucak jenggot yang sedang mabung, seperti membuatnya jad macet bunyi. Maka lakukan perawatan burung mabung pada tips di bawah ini yang akan kita bahas kali ini.

Perawatan Selama Mabung

Pada kesempatan kali ini dalam perawatan burung mabung di lakukan dengan beberapa kondisi, seperti pada saat selama mabung dan juga pada saat mabung akan berakhir, karena memiliki kondisi yang berbeda, sehingga butuh penyesuaian untuk burung tetap nyaman dan kesehatannya terjaga.

  1. Full Krodong

Ketika mabung burung akan cenderung tidak mau di ganggu oleh suara atau juga di dekati jenis burung lainnya juga tidak mau dan memilih tinggal di tempat sepi dan nyaman. Dengan menggunakan krodong, cucak jenggot akan merasa nyaman, karena tercukupi kebutuhan kenyamanannya tersebut dari menggunakan krodong pada kandangnya.

Selain itu dalam penggunaan krodong tersebut memiliki manfaat untuk menjaga suhu tubuh cucak jenggot stabil, tidak terlalu panas dan juga suhu dingin karena bulu yang melindunginya sedang rontok.

Krodong dibuka ketika burung akan di berikan pakan dan membersihkan kandang. Namun jangan sampai kandang menjadi kotor karena kotoran yang menumpuk dan sisa pakan yang jatuh, karena bisa menimbulkan gas ammonia yang dapat membuat burung menjadi keracunan karena full krodong.

Baca Juga :

  1. Kurangi Mandi

Memandikan burung yang sedang mabung, masih bisa dilakukan, namun itupun hanya di lakukan 3 hari sekali dan tidak boleh di jemur, hanya cukup di angin-anginkan saja untuk mengeringkan bulu basahnya.

  1. Berikan Pakan Seperti Biasa

Pada saat mabung berikan pakan seperti biasa, guna untuk memenuhi kebutuhan Gizi pada saat mabung dalam memberikan energy untuk merontokan bulunya dan untuk pertumbuhan bulu baru.

Namun, tetap di perhatikan untuk pemberian pakan tersebut, terlebih dari Ekstrafooding, untuk menghindari terjadinya Over birahi yang membuatnya menjadi rajin berkicau dan aktif. Jika hal tersebut terjadi, maka kurangi pakan Ekstrafooding tersebut hingga burung benar-benar banyak diam kembali. Karena burung butuh Fokus agar proses mabung cepat selesai.

  1. Multivitamin

Karena proses mabung bisa menguras energy burung, maka berikan asupan Multivitamin agar burung tetap merasa benergy karena kebutuhan vitaminnya tercukupi.

Perawatan Menjelang Mabung selesai

Ciri-ciri mabung akan selesai pada cucak jenggot bisa di tandai ketika bulu burung sudah mulai tumbuh, yang di tandai bulu jarum mulai banyak di sekujur tubuh burung itu sendiri. Dan untuk perawatannya antara lain :

Mengkrodong kandang cucak jengoot mabung tetap dilakukan sambil membersihkan kandang secara rutin. Namun , untuk memandikannya bisa di tingkatkan lebih sering pada saat mabung, seperti memandikannya sebanyak 1 kali sehari dan tetap jangan di jemur dulu karena bisa merusak pertumbuhan bulu barunya, cukup di angin-anginkan saja hingga bulunya kering kembali.

Pakan dari Ekstrafooding juga di berikan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya untuk mensuplai kebutuhan protein dan keratin dalam menumbuhkan sel-sel baru untuk bulunya tumbuh lebat kembali dengan sempurna.

Leave a Comment