Cara Merawat Burung Cililin Agar Rajin Berkicau Gacor

cara merawat burung cililin

Burung cililin sering dijadikan burung masteran untuk jenis burung lainnya, karena kicauan yang bisa di keluarkan oleh burung tersebut memiliki nilai lebih dan memiliki khas tersendiri.

Meskipun burung cililin memiliki memiliki prosfek yang baik yang dapat mengeluarkan kicauannya, akan tetapi burung cililin memiliki kekurangan tersendiri, dimana burung cililin memiliki kerumitan tersendiri dimana yang sering dialami para kicaumania burung cililin rentan terhadap stress dan sulit dalam perawatannya.

Masalah yang sering di alami burung cililin

Sebelum menjelaskan tentang cara merawat burung cililin tentunya biasanya akan muncul beberapa problem, dimana problem tersebut tentunya menjadi hal yang harus di perhatikan, agar nantinya ketika melakukan perawatan, burung mampu di rawat dan membuatnya menjadi gacor.

  1. Burung Macet Bunyi

Burung cililin macet bunyi bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti burung terkena penyakit saluran pernafasan dan juga bisa di sebabkan oleh burung stress. Jika burung tidak terlihat tanda-tanda sedang sakit, maka bisa di pastikan burung dalam keadaan stress.

Baca Juga : Tips Agar Burung Cililin Tidak Stress

  1. Burung kepanasan

Jangan samakan semua jenis burung dengan menjemurnya dengan durasi lama penjemurannya yang sama, karena burung cililin jenis burung yang menyukai hidup di tempat yang rindah dan teduh dan tidak terlalu menyukai tempat yang terlalu panas, karena burung cililin tidak bisa tahan dan bisa membuatnya menjadi mati karenanya.

  1. Burung Tidak Mau makan Voer

 Pakan dari Voer merupakan jenis pakan yang simple untuk di berikan pada burung cililin yang dilengkapi dengan nilai gizi cukup kumplit dan memiliki kandaungan protein yang cukup banyak, tergantung jenisnya.

Namun , terkadang burung cililin yang tadinya biasa dalam mengkonsumsi Voer, tiba-tiba tidak mau mengkonsumsinya. Dan tantunya jika di biarkan, hal tersebut tidaklah baik, maka di butuhkan perawatan agar mau mengkonsumsinya kembali.

  • Burung yang tidak mau makan voer, bisa disebabkan burung stress yang di sebabkan oleh beberapa hal, seperti stress karena perjalanan jauh. Untuk mengatasinya, maka simpan burung di tempat yang sejuk dan nyaman dan juga sambil memberikan multivitamin agar cepat pulih kembali,dan burung sudah bisa menyesuaikan dengan lingkungan baru.
  • voer memang memiliki beberapa jenis,dan ketika burung yang baru di beli lalu diberikan pakan voer jenis lainnya, maka bisa kemungkinan burung tidak mau memakannya. Jika burung baru beli di tempat lain, maka tanyakan terlebih dahulu jenisnya.
  • Burung tidak nyaman menjadi persoalan tersendiri bagi burung cililin terhadap lingkungan tertentu. Maka dari itu pindahkan sangkar burung cililin setiap 2 jam sekali pindahkan dari tempat yang berbeda, jika burung sudah mau mengkonsumsi makanan, maka bisa di perkirakan burung sudah merasa nyaman di tempat tertentu.

Cara Merawat Burung Cililin Agar Rajin Berkicau

Setelah mengetahui hal-hal yang membuat perawatan burung cililin terganggu seperti yang telah di sampaikan di atas. Maka untuk selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan burung cililin sendiri. Karena dengan melakukan mengetahui kendala dan cara perawatan yang rutin, maka bagi para pemilik tidak terlalu kesulitan dalam melakukan perawatannya.

  1. Kebersihan kandang

Untuk menghindari berbagai macam penyakit datang yang di sebabkan oleh kandang yang kotor dan membuat burung menjadi sakit, maka sebaiknya bersihkan kandang secara rutin, agar lebih maksimal dalam membersihkan kandang cililin bisa dengan menggunakan cairan antibakteri yang bisa di beli di kios burung atau di toko online.

  1. Memandikan , angin-anginkan dan penjemuran

Mandikan burung dengan meyemprotnya, lalu burung di angin-anginkan terlebih dulu sambil memberikan pakan kroto sebanyak 1 cepuk. Setelah burung mengkonsumi pakan dari kroto tersebut, maka bisa dengan menjemurnya pada pagi hari pada jam 06.30 – 07.00 selama 20 menit – 30 menit dan jangan terlalu lama, karena burung tidak terlalu menyukainya.

Setelah dimandikan, maka angin-anginkan kembali sambil memberikan pakan jangkrik sebanyak 5 sampai 8 ekor perhatinya.

Cara Merawat Burung Cililin Agar Rajin Berkicau Gacor | duniakicau | 4.5