Cara Menjinakan Burung Lovebird Anakan dan Dewasa Yang Giras

Burung lovebird tergolong mudah untuk dijinakan, karena karakter burung yang satu ini mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Namun, meskipun mudah untuk dijinakan dan perawatannya tentunya ada proses yang tepat untuk dilakukan, agar membuat burung menjadi cepat jinak.

Lovebird yang giras memang beragam, entah itu burung memang belum pernah jinak atau bahkan yang pernah jinak sekalipun akan membuatnya menjadi mendadak giras.

Ada 2 tipe jinak pada lovebird, seperti jinak bisa di lepas di luar sangkar dan di terbangkan, ada juga jinak yang hanya membuatnya kalem ketika di dalam sangar meskipun disimpan di tempat banyak lalu lalang manusia.

Cara Menjinakan Burung Lovebird

Bagi anda yang ingin menjinakan lovebird agar bisa di lepas di sangkarnya, tentunya harus dilakukan pada saat burung masih di bantu loloh atau pada saat burung masih anakan, karena ketika burung saat di loloh pada saat masih anakan, akan mudah jinak hingga dewasa dan bahkan bisa di lepas diluar sangkarnya untuk di terbang-terbangkan.

Berbeda halnya dengan menjinakan lovebird dewasa yang yang hanya untuk tenang ketika di dalam sangkarnya, untuk membantu memudahkan dalam perawatan dan membuatnya rajin berkicau, namun jangan harap bisa di lepas di luar sangkar, karena burung akan kabur.

Namun, yang namanya burung kicauan, biasanya banyak para lovebirdmania, menjinakan lovebird guna untuk membuatnya tenang ketika di dalam sangkar hingga burung menjadi rajin berkicau.

Untuk itu, maka berikut adalah tips untuk menjinakan burung lovebird yang terlalu giras, yang bisa di baca pada penjelasan di bawah ini.

  1. Mandikan Hingga Basah Kuyup

Agar burung terbiasa dekat dengan pemiliknya, maka setiap hari burung dimandikan hingga basah kuyup, dimana dalam kondisi bulunya basah tersebut, burung tidak bisa terbang karena basah dan kedinginan.

Ketika bulunya basah, simpan burung di atas sangkarnya, namun jika burung tersebut takut terbang, maka bisa dilakukan didalam ruangan.

Baca Juga : Cara Jebol Birahi Lovebird Agar Ngekek Konslet

Ketika bulunya basah, sebaiknya pemilik burung berdiam diri di dekat lovebird, untuk membiasakan lovebird dengan pemiliknya.

Ketika dalam kondisi bulunya basah dan burung kedinginan, burung tidak akan menjauh dari pemiliknya ketika di dekati, dan hal itu sekaligus dapat membangun persepsi burung, bahwa manusia bukanlah ancaman baginya yang harus ditakuti, dan lambat laun menjadi terbiasa ketika di dekati pemiliknya tersebut.

Agar burung semakin terbiasa dekat dengan pemiliknya, maka ketika menandikannya, burung di pegang dan membasuh bulu lovebird dengan menggunakan air mengalir atau dengan membasuhnya dengan cara diguyur.

Namun, perhatikan juga, ketika memandikan lovebird, jangan sampai mengenai lubang hidung dan mulutnya, karena di kahwatirkan masuk dan membuat burung menjadi tersendak.

  1. Lingkungan Penyimpanan

Simpan lovebird dimana cukup ramai, dengan posisi sangkarnya setinggi orang dewasa. Untuk beberapa minggu, karena lovebird masih giras, biasanya burung akan sering tidak nyaman dan lari kesana-kemari dan terkadang menabrak-nabrak sangkarnya.

Namun, hal tersebut akan terjadi beberapa hari dan beberapa minggu saja, karena lambat laun burung akan terbiasa dan santai ketika di tempat yang ramai tersebut, karena burung akan cepat beradaptasi, asalkan sering di simpan ditempat yang ramai setiap harinya.

Namun, sebaiknya hindari penyimpanan lovebird yang masih giras di tempat yang sepi, karena bisa membuat burung semakin giras atau sulit untuk di jinakan.

Leave a Comment