fbpx

Tips Perawatan Burung SRDC ( Sikatan Rimba Dada Coklat ) Agar Gacor

Burung sikatan rimba dada coklat atau biasa yang di singkat dengan mana burung SRDC, memiliki suara kicauan yang indah dan memiliki banyak variasi kicauan, sehingga burung ini memiliki cukup banyak peminat tersendiri.

Sekilas kehidupan di alam burung SRDC ini bisa ditemukan hidup dalam berkelompok kecil ketika sedang mencari makanan, namun lebih sering ditemukan hidup sendirian karena memiliki karakter fighter dan teritorial.

Ketika mencari makanan di alam liar, burung SRDC biasa mencarinya di permukaan tanah, semak-semak dan pepohonan pendek. Burung SRDC biasa bersarang di sekitar semak-semak dan pohon kecil.

Makanan Burung SRDC

Ketika dipelihara di dalam sangkar, burung SRDC sebaiknya di berikan pakan berupa voer, namun meskipun begitu burung harus di berikan pakan hewani agar burung sehat dan rajin untuk berkicau.

Lihat Juga : kekungan Kandang Koloni Burung

Pakan burung SRDC :

  • Voer
  • Cacing
  • Laba-laba
  • Ulat
  • Jangkrik
  • Belalang
  • Dll

Perbedaan Burung Sikatan Rimba Dada Coklat ( SRDC ) Jantan dan Betina

Untuk yang ingin berencana untuk memelihara burung SRDC, sebaiknya pilih yang berjenis kelamin jantan, karena memiliki suara yang nyaring, bervariasi dan lebih bagus dari betina.

Lihat Juga : Download Masteran Burung MP3

Ciri-ciri Sikatan Rimba Dada Coklat Jantan dan Betina :

  • Warna bulu jantan lebih pekat, sedangkan warna bulu betina pudar
  • Bentuk kepala jantan cepak dan bentuk kepala betina bulat
  • Warna patuh jantan hitam pekat, dan warna paruh betina agak pudar
  • Bulu ekor jantan ketika sedang betengker akan rapat, sedangkan betina akan mengembang ( ngipas )
  • Ketika sedang berdiri kaki jantan burung SRDC terlihat jenjang

Cara Merawat Burung Sikatan Rimba Dada Coklat ( SRDC )

Untuk perawatan harian burung SRDC, sama seperti merawat burung pemakan serangga lainnya, seperti memberikan makanan, menjemur, memandikan dan lain sebagainya, dan berikut adalah perawatannya.

Lihat Juga : Jenis Burung Lomba Populer

  1. Pengembunan Burung SRDC

Pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit merupakan suasana yang di sukai burung, dimana burung sering bersautan di waktu tersebut, selain itu di waktu tersebut memiliki udara yang segar yang bagus untuk paru-paru burung.

Selain itu, dengan pengembunan memiliki manfaat, dimana akan membuat suara burung keluar dengan maksimal, seperti burung bisa mengeluarkan suara yang lantang ( ngeplong ).

  1. Memandikan Burung SRDC

Setiap pagi setelah di embunkan, burung di mandikan, bisa dengan menyemprotnya atau bisa juga dengan cara menyimpannya di keramba agar burung mandi sendiri.

Setelah di mandikan berikan 5 ekor jangkrik kecil hingga bulu yang basahnya menjadi kering kembali.

Lihat Juga : Cara Memaster Burung

  1. Jemur Burung SRDC

Untuk penjemuran burung SRDC tergantung cuaca, jika cuacanya terlalu panas cukup di jemur 1 jam lamanya, dan jika cuacanya tidak terlalu panas bisa menjemurnya selama 2 jam.

Setelah di jemur burung di angin-anginkan di tempat yang nyaman dan sejuk, sambil memberikan pakan kroto sebanyak 1 sendok teh dan setelah itu di master dengan Mp3 atau burung gacor.

Ketika sore hari, berikan kembali 5 ekor jangkrik kecil, lalu pada malam hari burung di krodong sangkarnya, dan biarkan berisitirahat hingga esok pagi.

Baca Juga : Cara Menjinakan Burung

  1. Pakan dan Extrafooding

Untuk pakan harian dari voer di berikan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan gizi buaung SRDC, dan pastikan voer tersebut dalam keadaan kualitas yang baik, dan ganti ketika voernya sudah kotor.

Selain itu, air minumnya di ganti terus, akan lebih baik setiap hari sekali ganti.

Setiap pagi dan sore hari, burung di berikan jangkrik kecil sebanyak 10 ekor, dan untuk pakan kroto dan ulat kandang di berikan cukup 2 – 3 kali dalam seminggu.

Ketika musim dingin, berikan pakan tambahan berupa ulat hongkong, agar suhu tubuhnya menjadi hangat, karena ulat hongkong memiliki efek yang dapat menghangatkan tubuh burung.

Lakukan tips perawatan burung sikatan rimba dada coklat ( SRDC )  agar menjadi rajin berkicau setiap harinya dengan rutin.

Leave a Comment