Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Ngeplong dan Teler

cara merawat burung anis merah

Kicau mania Indonesia tentunya sudah banyak yang mengetahui jenis burung anis ini, karena ciri khas dari kicauan sambil  teler dan juga ngeplong menjadi daya tarik tersendiri.

Namun , untuk mendapatkan kualitas terbaik dari kicauan dan mental dari burung anis merah itu sendiri membutuhkan perawatan yang rutin, sehingga burung tersebut memiliki kondisi terbaik setiap harianya untuk membuatnya memiliki suara ngeplong dan juga teler.

Burung anis memang tidak sepopuler jenis burung lainnya di gantangan untuk lomba kicauan, akan tetapi bagi para pecinta anis merah mania tidak sedikit yang menyukainya meskipun banyak para kicauamania untuk membuat burung anis merah ini rajin berkicau cukup sulit, salah satunya di pengaruhi oleh mental anis merah yang selalu berubah-ubah dan rentan stress, misalkan kandang anis merah jatuh saja bisa membuatnya menjadi macet bunyi dan lain sebagainya.

Maka dari itu dalam melakukan perawatannya membutuhkan perhatian khusus setiap harinya dan sebisa mungkin hindari hal-hal yang membuat mental burung anis tersebut menjadi terganggu kenyamanannya.

Cara Merawat Burung Anis Merah

Banyak fakot yang harus diperhatikan  dalam melakukan perawatannya, sehingga kondisi terbaik dari burung anis tersebut menjadi rajin berkicau ngeplong dan juga teler. Karena beberapa hari burung anis merah terkena stress saja dapat membuat kemampunnya berturun dan jika hal tersebut terjadi yang ada malah burung sangat lambat dalam perkembangannya.

Ada beberapa hal yang dapat membuat burung anis merah menjadi teler sambil berkicau, seperti yang di pengaruhi jenis kelamin dan juga usia dari burung itu sendiri.

Pilihlah jenis kelamin jantan anis merah, karena anis merah jantan memiliki kualitas kicauan yang lebih baik dari betina. Maka dari pastikan terlebih dahulu, anis merah yang dimiliki merupakan jenis penjan.

Selain itu, berkicau sambil teler dari anis merah merupakan salah satu cara anis merah jantan memiliki ketertarikan pada lawan jenisnya. Dan biasanya untuk membuatnya menjadi teler tersebut di pengaruhi oleh umur juga, karena ketika burung anis merah sudah mencapai 8 sudah mulai birahi dan memiliki ketertarikan besar terhadap betina. Jadi jika ingin melihat anis merah anda menjadi teler, tunggu hingga berumur 8 bulan.

  1. Pakan Anis Merah

Banyak pakan yang bisa di berikan pada anis merah, misalkan buah harendong yang sempat ramai di kalangan kicau mania Indonesia, dimana buah harendong tersebut dipercaya banyak para kicaumania dapat membuat anis merah menjadi cepat ngeplong.

Jadi,bagi kalian bisa yang penasaran untuk mencobanya untuk di berikan para anis merah kesayangannya.

Pakan Ektrafooding  menjadi salah satu pakan yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang dapat membuat stamina burung menjadi meningkat dan juga sering di berikan oleh para kicauamania untuk membuatnya menjadi rajin untuk berkicau.

Namun , dalam pemberian pakan dari Ektrafooding ini di sesuaikan saja, misalkan burung terlihat kurang berenergy dan juga terlihat malas aktif dan malas untuk berkicau, maka bisa memberikannya dalam jumlah cukup banyak, dan jika burung sudah kembali normal staminanya, maka pemberian dari Ektrafooding di kurangi saja, karena di khawatirkan membuat menjadi overbirahi yang dapat membuat kualitas kicauannya menjadi terganggu.

Pakan Ektrafooding yang bsia di berikan pada anis merah anta lain, cacing tanah, jangkrik, kroto dan juga ulat hongkong. Anda bisa memilih beberapa jenis Ektrafooding yang bisa di berikan setiap harinya, atau bisa juga dengan ngemix Ektrafooding dari beberapa. Misalkan untuk pemberian 1 minggu pertama di berikan kroto yang di campur dengan jangkrik setiap harinya.

  1. Pengembuan,Memandikan dan Menjemur Anis merah

 Pengembuanan terhadap anis merah dapat merangsang anis merah itu sendiri menjadi rajin untuk berkicau, dan cocok dilakukan untuk memancing bunyi anis merah yang berkicau hanya ngeriwik saja dan membuatnya menjadi lantang dan keras dalam berkicau.

Namun, ketika melakukan pengembunan, di sesuaikan saja dengan lingkungan sekitar dan melakukannya pada pagi hari, sekitar jam 06.00 .

Setelah di embunkan, maka selanjutnya adalah dengan memandikannya dengan cara menyemprotkannya pada tubuh anis merah itu sendiri dengan halus dan selanjutnya jemur hingga bulunya menjadi kering kembali, sekitar 1 jam kurang lebih.

  1. Musik Terapi

Anis merah memiliki karakter yang menyukai terapi music untuk di dengarkan, dengan hal tersebut tentunya bisa di manfaatkan untuk membuatnya menjadi nyaman setiap harinya. Music yang bisa di putar bisa berupa music klasik, suara suling,suara gelombang kosong radio/televisi, suara kecapi dan berbagai macam suara terapi lainnya. Untuk mendapatkannya, bisa dengan melihat dihalaman ini, Lihat : Download suara burung anis merah & Cara merawat anis merah mabung

  1. Kebersihan kandang

Menjaga kebersihan kandang anis merah dapat menghindari berbagai macam penyakit pada burung itu sendiri, karena mgeningingat kandang yang kotor, dapat membuat burung menjadi rawan sakit. Selain iut, dengan membuat kandang anis merah menjadi bersih, maka burung akan menjadi aktif, dan membuat kualitas kicauan menjadi kencang.

Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Ngeplong dan Teler | duniakicau | 4.5