Cara Melatih Mental Burung Kacer Bakalan Agar Bermental Jawara dan Fighter

Burung kacer memiliki karakter yang agresif, karena burung ini memiliki sifat territorial, dimana sifat tersebut merupakan bentuk pertahanan dan serangan untuk mempertahankan daerah kekuasaannya, dan tidak heran, burung tersebut ketika masih bakalan cukup sulit untuk dijinakan, terutama di dapatkan hasil tangkapan hutan dan maih bakalan.

Meskipun memiliki sifat teritorial dan agresif akan tetapi burung kacer cukup mudah drop jika melakukan perawatan yang tidak tepat. Selain itu tidak semua pemilik burung mampu merawatnya hingga burung kacer bakalan benar-benar mampu memiliki mental yang baik.

Ada beberapa hal yang perlu di persiapkan untuk burung kacer bakalan memiliki mental jawara ketika merawatnya, seperti :

  • Siapkan sangkar yang tepat, sangkar khusus untuk burung kacer, agar tidak terlalu luas dan sempit
  • Untuk mempermudah pada saat merawatnya, maka cukup gunakan 1 tangkingan saja terlebih dahulu
  • Latih terlebih dahulu untuk mau mengkonsumsi makanan Voer, dan pilih voer yang memiliki kandungan gizi yang lengkap
  • Alas sangkar gunakan karpet untuk menghindari burung terluka karena ketakutan saat melatihnya

Cara Melatih Mental Burung Kacer Bakalan 

Sebenarnya burung kacer memang sudah memiliki prosfek yang baik agar memiliki mental jawara, karena sifat dan karakter teritorial dan keagresipannya tersebut. Namun , hal yang perlu di perhatikan adalah dengan memaksimalkan bakatnya tersebut, sehingga bukan hanya di alam liar saja burung bisa memiliki mental yang baik, akan tetapi di pelihara di dalam sangkar juga burung bisa memiliki mental jawara tanpa harus ketakutan dengan lingkungan yang banyak manusia dan takut sama pemiliknya.

  1. Perawatan Pagi Hari

Perawatan burung kacer bakalan dimulai pada pagi hari sebelum matahari terbit, sambil pengembuanan berikan pakan kroto sebanyak 1 sendok teh kroto, dan jauhkan dengan burung kacer lainnya.

Ketika matahari mulai timbul, maka pindahkan burung di ke keramba dan tunggu hingga burung mau mandi sendiri, dan jika burung tidak mau mandi sendiri, maka semprot saja menggunakan sprei hingga bulunya basah.

Sambil mengawasi burung mandi di keramba, berikan beberapa ekor jangkrik dan setelah burung puas mandi di keramba, maka pindahkan kembali ke kandang harian untuk di angin-anginkan.

Setelah di mandikan dan di angin-anginkan, burung kacer bakalan di pindahkan kembali ke kandang umbaran untuk di jemur. Dan sebaiknya kandang umbaran tersebut terkena matahari langsung dan terdapat pasir, agar nantinya burung mau mandi pasir/kipu sambil berjemur.

Menjemur di kandang umbaran sambil memasukan pasir kedalam kandang umbaran tersebut dapat membuat burung melatih mentalnya menjadi lebih baik.

  1. Perawatan siang dan sore hari

Setelah dimandikan dan menjemur burung di kandang umbran, maka berikan pakan kroto sebanyak 1 sendok teh dan jangkrik sebanyak 3 sampai 5 ekor dan selanjutnya pindahkan kembali burung kacer anakan tersebut di kandang hariannya sambil, dan menyimpannya di tempat teduh.

Sekitar 2 sampai 3 jam kemudian berikan kembali pakan jangkrik sebanyak 2 sampai 3 ekor dan ulat hongkong sebanyak 1 sampai 2 ekor.

Setelah itu burung di krodong sambil memutar suara masterannya, bisa menggunakan Mp3 yang anda pilih sesuai dengan keinginan.

Ketika sore hari buka krodong burung sambil memberikan beberapa pakan tambahan hingga menjelang malam, dan ketika malam tiba maka gunakan krodong kembali agar burung bisa istirahat dengan cukup.

Lakukan cara di atas secara rutin hingga mental burung benar-benar muncul dan tunggu hingga burung sudah siap di ikut lombakan jika anda ingin mengikuti lomba kicuan.

Leave a Comment