Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi Agar Gacor Kembali

Macet bunyi pada burung kicauan, merupakan hal yang mungkin saja akan terjadi, terutama terjadi pada burung kenari, dimana yang awalnya sering gacor, mendadak menjadi jarang berkicau dan tidak mengeluarkan kemampuan berkicau terbaiknya.

Dalam hal mendapatkan kemampuan berkicau burung kenari memang bukanlah hal mudah untuk di lakukan, ada beberapa hal penting untuk di lakukan dalam melakukan perawatannya, sehingga burung memiliki kualitas yang baik.

Namun, apa jadinya jika burung yang sudah di rawat tersebut mampu berkicau dengan baik, tiba-tiba kenari tersebut mendadak menjadi pendiam dan jarang berkicau seperti sebelumnya, yang ada tentunya pemilik burung bisa kesal karenanya.

 Penyebab Burung Kenari Macet Bunyi

Seperti pada kebanyakan burung, jika dirawat dengan cara yang tidak tepat entah itu di sengaja atau tidak tentunya akan membuat burung menjadi menurun kualitasnya.

Adapun, penyebab kenari menjadi macet bunyi antara lain :

  • Stress
  • Mabung
  • Sakit
  • Kegemukan/obesitas
  • Sangkarnya pernah jatuh
  • Pernah di serang hewan predator, seperti anjing, kucing, tikus dan hewan lainnya yang membuat burung kenari menjadi takut dan terancam ketika di dekatinya
  • Tidak cocok dengan sangkar baru, entah itu masih bau atau hal lainnya

Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi

Dalam merawat burung kenari harus melihat kondisinya, karena setiap kondisi memiliki pola perawatan yang berbeda-beda, termasuk ketika burung kenari sedang macet bunyi, perlu penanganan khusus untuk mengembalikan ke peforma terbaiknya.

  1. Simpan ditempat yang nyaman

Setiap burung kenari menjadi macet bunyi , memang memiliki penyebab yang berbeda-beda , jadi sebagai pemilik , rekan-rekan harus mengetahuinya terlebih dahulu penyebabnya. Agar burung bisa pulih kembali, maka jauhkan burung kenari dari burung lainnya, terutama burung yang memiliki suara yang keras, karena jika sering di dekatkan dengan burung lainnya, maka burung akan sulit untuk pulih kembali.

Biarkan burung di isolasi dan di simpan di tempat yang nyaman, dan jauhkan dari berbagai macam gangguan hingga burung terlihat pulih kembali.

Untuk melihat suara burung kenari bisa dilihat halaman ini : Download Suara Burung Kenari atau untuk list burung lainnya secara lengkap, bisa dilihat di sini : Downlaod Suara burung .

  1. Cukupi kebutuhan Gizi

Selama proses isolasi burung disimpan di tempat nyaman, berikan factor pendukung lain untuk memulihkan kondisinya, seperti memberikan pakan dari sayur, buah dan biji-bijian.

Buah apel merah bisa di berikan pada kenari yang sedang macet bunyi, karena kandungan yang terdapat dari buah apel dapat membantu memulihkan stamina burung kenari, dengan menyimpan buah apel merah yang sudah di potong-potong dan di simpan di tempat pakan atau di gantung.

Selain apel merah, rekan-rekan juga bisa memberikan pakan yang bergizi lainnya, seperti :

  • Berikan pakan dari jagung manis muda, karena jagung muda dapat meningkatkan birahi burung kenari, sehingga bisa membuat burung menjadi sering berkicau
  • Berikan pakan dari dedauanan, seperti gingseng, daun sawi, brokoli,krokot dan mengkudu secara bergantian setiap harinya

Dalam setiap pemberian pakan sayuran, ataupun pakan lainnya, sebaiknya bersihkan terlebh dahulu dengan cara mencucinya agar terbebas dari bakteri, kuman dan lainnya.

Untuk memenuhi gizi lainnya, maka berikan juga pakan tambahan dari serangga, seperti kroto,rayap,laron dan pakan sejensinya, karena memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa membantu proses pemulihannya.

Namun, jika burung tidak dibiasakan di berikan pakan dari serangga, maka rekan-rekan bisa memberikan putih telur sebagai asupan makanan yang tinggi akan protein.

  1. Perawatan harian

Lakukan perawatan harian, seperti memandikan, pengembunan dan penjemuran. Dimana rekan-rekan bisa memandikan burung kenari  1 kali dalam sehari dan menjemurnya selama 2 jam setiap harinya.

Akan tetapi, ada juga kicaumania yang menghindari untuk memandikan kenari yang sedang macet buyi, karena di anggap bisa menurunkan birahinya. Maka dari itu jika rekan-rekan yang memilih untuk tidak memandikannya, maka untuk sementara waktu jangan di mandikan saja, cukup di embunkan pada pagi hari dan menjemurkan.

  1. Vitamin dan Suplemen

Jika pola perawatan dan pemberian pakan masih belum cukup, atau untuk memaksimalkan dalam perawatan selama macet bunyi, maka bisa memberikan suplemen khusus untuk mengatasi burung burung yang sedang macet bunyi yang bisa di dapatkan di kios burung atau took online.

Leave a Comment