Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Nyilet / Kurus

Bobot ideal lovebird adalah sekitar 45 s/d 55 gram. Jika berat tubuhnya kurang dari kisaran angka tersebut maka burung akan dianggap kurus. Dalam banyak kasus, lovebird yang kurus akan cenderung memiliki tulang dada yang tampak menonjol dan sering disebut sebagai “nyilet”. Simak penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurus berikut ini. 

Tidak semua lovebird yang bertubuh kurus / nyilet disebabkan oleh malnutrisi atau kurang gizi, karena bisa juga diakibatkan oleh gangguan penyakit. Burung yang mengalaminya tentu harus segera mendapatkan penanganan yang tepat sebelum terlambat. Selain akan mengurangi penampilannya, lovebird yang nyilet tidak bisa berproduksi dengan baik jika ditangkarkan.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab lovebird bertubuh kurus atau nyilet. Selain karena kekurangan gizi, kondisi ini juga bisa terjadi karena infeksi penyakit dan faktor lingkungan.

Berikut beberapa penyebab lovebird nyilet / kurus:

  • Kualitas pakan yang kurang baik.
  • Burung terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur.
  • Infeksi parasit pada organ pencernaan burung.
  • Lovebird terinfeksi penyakit paruh dan kuku.
  • Burung yang keracunan logam berat.
  • Lovebird alami kekurangan iodium yang menyebabkan penyakit gondok.
  • Burung yang terlalu stres sehingga membuatnya jadi malas makan.

Lihat Juga : Cara Menggemukan Lovebird

Untuk mengatasinya maka dibutuhkan perawatan yang sangat teratur, terutama dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui pakan yang berkualitas. Pemberian pakan yang tepat dapat membantu memulihkan kondisi burung, sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam proses pemulihannya, sangat dianjurkan memberikan pakan berupa milet racikan khusus dengan kandungan nutrisi yang lebih baik.

Untuk mempercepat pemulihan kondisinya,berikan dalam bentuk pakan racikan atau egg food dengan cara sebagai berikut:

  1. Mencampurkan milet dengan potongan telur rebus, irisan wortel atau sayuran lain, tepung kalsium, dan multivitamin.
  2. Semua bahan kemudian diaduk hingga bercampur merata, setelah itu langsung diberikan pada lovebird yang nyilet/kurus.

Agar hasilnya lebih maksimal, maka pemberian pakan tambahannya seperti jagung manis, buah dan sayuran harus selalu diperhatikan setiap harinya.

Selain pemberian pakan yang berkualitas, mengatasi lovebird nyilet harus pula disertai dengan menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Sangkar yang kotor bisa memberikan risiko penyebaran dan infeksi penyakit yang dapat memperparah kondisinya. Oleh karena itu, bersihkan sangkar beserta perlengkapannya secara rutin setiap hari.

Demikian penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurus.

Semoga bermanfaat

Leave a Comment