Cara Terapi Bambu Setan agar Lovebird Ngekek Panjang 

Terapi bambu setan atau disebut juga bambu gila kini sedang viral di kalangan pecinta burung lovebird. Terapi dengan memanfaatkan log bambu yang diletakkan dalam sangkarnya diyakini dapat menambah durasi ngekek lovebird jadi makin panjang.

Cara membuat bambu setan untuk lovebird

Penyebutan bambu gila atau bambu setan pertama kalinya digunakan oleh Om Ali  yang bergabung dalam komunitas lovebird di jejaring sosial facebook. Metode terapi yang dilakukannya adalah dengan memanfaatkan potongan bambu untuk dijadikan log atau glodok

Namun berbeda dengan glodok yang umum digunakan dalam ternak lovebird, bentuk glodok yang digunakan dalam terapi ini sangat sederhana. Fungsinya pun bukan untuk tempat menaruh telur maupun tempat sarang, tapi tak lebih sebagia tempat burung untuk bersantai / beristirahat.

Terapi bambu setan yang dilakukan dengan rutin diyakini cukup ampuh untuk menambah durasi ngekek lovebird. Selain itu, penggunaan bambu setan ini juga dianggap bisa mengatasi berbagai problema burung lovebird seperti stres, macet bunyi, dan bisa mengurangi perilaku burung yang gemar cabut bulu.

Cara membuat bambu setan:

  • Siapkan bilah bambu dengan diameter batang disesuaikan ukuran tubuh lovebird.

    Potong batang bambu tersebut seukuran sekitar 15 – 20 cm.

  • Siapkan potongan papan triplek, lalu tutupi salah satu ujung bambu dengan triplek tersebut, lalu tempelkan dengan lem kayu atau dipaku.
  • Setelah dipotong sesuai ukuran bambu, bagian atas tripel dilubangi yang berfungsi sebagai lubang angin / ventilasi.
  • Bambu sudah siap digunakan, dan bisa langsung disimpan di dalam sangkarnya dengan cara ditempelkan di sela-sela jeruji sangkar.

Langkah pembuatan bambu setan untuk terapi lovebird

Manfaat terapi bambu setan untuk lovebird 

Terapi dengan bambu ini ternyata juga sangat disukai oleh lovebird. Burung yang berada di dalamnya pun akan merasa sangat nyaman sehingga bisa menjadi tempat bersantai / beristirahat yang aman dan nyaman bagi burung. Kondisi nyaman inilah yang nantinya dapat mempengaruhi sifat dan perilakunya.

Terapi ini tak hanya efektif untuk menjadikan suara ngekek lovebird jadi lebih panjang, tapi juga memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang menimpa burung lovebird seperti stres, selalu cabut bulu, macet bunyi, dan membantu pemulihan burung sakit.

Cara Terapi Bambu Setan agar Lovebird Ngekek Panjang 

  • Masukkan lovebird ke dalam sangkar yang sudah dilengkapi dengan bambu setan.
  • Setiap malam, lovebird diberikan terapi mandi malam yang dilakukan sekitar pukul 19:00 – 22:00, atau bisa juga dilakukan di antara pukul 00:00-03:00 pagi.
  • Setelah mandi malam, burung cukup diberikan air putih saja setelah itu dibiarkan beristirahat.
  • Pada pagi harinya, burung kembali dikeluarkan dari dalam ruangan /rumah untuk diembunkan.

Perlu diperhatikan, mandi malam dan pengembunan adalah perawatan yang wajib dilakukan selama terapi bambu setan ini.

  • Selama masa terapi, untuk sementara lovebird tidak diberikan penjemurannya.
  • Pemberian pakan pun cukup berupa milet putih. Untuk mendukung terapi dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka berikan hanya milet yang berkualitas saja.
  • Terapi dengan bambu setan umumnya dilakukan selama kurang lebih satu bulan atau disesuaikan kebutuhan.
  • Setiap beberapa minggu sekali, Anda bisa mengamati perkembangannya dengan cara melatihnya dengan lovebird lain dalam sebuah latihan bersama / latberan.

Untuk membantu melengkapi kebutuhannya akan multivitamin, lovebird tersebut bisa diberikan suplemen / multivitamin tambahan yang memiliki banyak manfaat untuk burung.

Demikian cara membuat dan terapi bambu setan agar lovebird ngekek panjang.

Semoga bermanfaat

Leave a Comment