Ciri-ciri Perbedaan Derkuku Jantan dan Betina Anakan dan Dewasa

Duniakicau.net – Suara burung derkuku atau burung tekukur memiliki suara anggungan yang merdu, sehingga cukup banyak di gemari oleh kalangan pecinta burung ini.

Burung derkuku biasa hidup di sekitar pesawahan, ladang, dan hutan terbuka untuk mencari makanan.

Derkuku memiliki karakter yang tidak menyukai hidup secara berkelompok, tapi lebih suka hidup bersama pasangan, dan ketika akan berkembangbiak, derkuku akan membuat sarang dengan menggunakan rumput kering dan ranting kecil yang di buat di atas tanah dan dedauan pohon.

Cara Membedakan Derkuku Jantan dan Betina

Dari sisi suara, derkuku jantan dan betina sama-sama bisa manggung, namun untuk kualitas suara jantan lebih merdu dan keras.

Lihat Juga : Racikan Jamu untuk Derkuku

Dari sisi penampilan fisik jantan dan betina derkuku hampir serupa, dan cukup sulit untuk di ketahui perbedaan jenis kelaminnya.

Akan tetapi, ada beberapa perbedaan yang bisa di ketahui perbedaan jenis kelamin jantan dan betina, meskipun perbedaannya tersebut tidak terlalu mencolok.

  1. Fostur Tubuh Derkuku

  • Anakan

Ketika masih anakan, derkuku jantan memiliki tubuh yang lebih besar dari betina, sedangkan untuk beitna lebih banyak tumbuh bulu yang bewarna kekuningan.

Dari sisi bobot tubuh jantan anakan burung derkuku lebih terasa berisi dan berat.

Lihat Juga : Suara Tekukur Mp3

  • Dewasa

Fostur tubuh derkuku jantan dewasa memiliki ukuran tubuh yang lebar, besar dan panjang, dan untuk betina fostur tubuhnya sempit dan kecil.

  1. Bulu Sayap Derkuku

Derkuku jantan memiliki bulu sayap yang sedikit dengan warna yang cerah, sedangkan untuk betina warna sayapnya tidak terlalu cerah dan bulu sayapnya banyak.

  1. Kepala Derkuku

Warna bulu kepala jantan lebih cerah dengan bentuk yang menonjol dan panjang, dan untuk betina derkuku, bentuk kepalanya bulat dan kecil.

  1. Mata Derkuku

Sorot mata jantan tajam dengan ukuran yang besar, sedangkan mata derkuku betina tatapan matanya sayu dan kecil ukurannya.

Lihat Juga : Cara Merawat Tekukur

  1. Leher Derkuku

Warna bulu leher jantan derkuku lebih cerah dengan pola bintik-bintik yang lebih banyak dan cerah dan ukuran lehernya besar.

Untuk betina derkuku bintik-bintik pada lehernya agak kusam dan sedikit bintik, serta memiliki leher yang kecil.

  1. Suara

Derkuku jantan memiliki suara yang nyaring, besar dan rajin manggung, dan ketika sedang birahi, derkuku jantan ketika berkicau akan mengeluarkan gaya yang mengangguk-anggukan kepalanya.

  1. Tulang Supit Derkuku

Tulang supit derkuku jantan keras dan sempit ketika di pegang dengan jari, dan untuk tulang supit derkuku betina lembek dan renggang.

  1. Kloaka/Dubur Dekukur

Bentuk kloakan jantan derkuku menonjol, dan untuk kloaka betina datar atau rata.

Demikianlah penjelasan tentang Ciri-ciri perbedaan derkuku jantan dan betina dari sisi fisik dan kualitas suaranya yang Duniakicau.net sampaikan.

Leave a Comment